10 Maret 2016

Ko bisa jadi Lisa?

"Au, sakit bapak," jeritku saat gulungan kertas ditimpukkan di pundakku. Beliau Pak Sigit, wali kelasku saat kelas 1-1 dan 2-4.
"Bocah cilik, jenenge sri, tapi ga gelem noleh nek diceluk sri. Noleh e nek diceluk lisa," gerutu beliau sambil duduk di sebelahku. Aku hanya terkekeh pelan mendengar gerutuan beliau. Sudah sering, jadi hafal setiap bertemu pasti ga terima dengan nama panggilanku.

"Lha mau gimana lagi pak, wong bapak sama ibu sudah bikin bubur merah, mosok mau diganti," jawabku tak mau kalah.
"Namaku tuh punya arti yang bagus, pak," masih tak mau kalah aku berargumen dengan beliau. Kembali tertawa khas beliau terdengar. Dua temanku hanya mendengarkan.

"Apa artinya?"
"Sri itu artinya Senyummu Ramah dan Indah. Tapi, berhubung sudah banyak nama sri, saya lebih ikhlas dipanggil lisa aja deh, pak," sambil menjawab aku segera meninggalkan Pak Sigit guruku, sebelum gulungan kertas itu mengenai pundakku lagi.

Iya ya, kenapa aku dinamakan Sri Lestari tapi dipanggil Lisa? Emang ga ada nyambung-nyambungnya pisan ya. Tapi itulah nama yang diberikan bapak dan ibuku. Harapan agar aku selalu lestari tak sakit-sakitan. Dan bersyukurnya aku punya nama panggilan keren Lisa. Karena kalau tidak, bisa dibayangkan, 2 saudara perempuanku bernama sri juga. Jika kalian mencariku di rumah dengan menanyakan, ada sri? Pasti akan dijawab oleh ibu ku, sri yang mana? Hehehe..

Punya nama panggilan yang berbeda dengan nama asli enak ga enak. Akan aku ceritakan pengalaman ga enaknya.

Kejadian ini terjadi tahun 2007. Pergantian tahun ajaran baru berarti aku akan memiliki murid baru. Kebetulan aku dipercaya untuk memegang kelas 3. Gosip punya gosip anak pejabat POMG hampir semua ada di kelasku. Pas hari H aku akan menyambut anak-anak didik kelasku, wali murid heboh di depan kantor kepala sekolah. Mereka meminta penjelasan. Menurut mereka, anak-anaknya akan ada di kelas dengan wali kelas Bu Lisa. Kenapa sekarang ganti dengan Bu Sri Lestari?

Oo...Aku yang mendengar jadi tertawa. Pak kepala sekolah yang melihatku alhirnya memanggilku. "Ini bu Lisa, nama aslinya bu Sri Lestari, mangga kalau mau kenalan dulu." Serempak terdengar oo yang panjang diiringi gelak tawa. Aku hanya tersenyum. Duh, namaku jadi masalah.

Peristiwa ga enaknya lagi adalah saat proses transfer uang lelah les private. Selalu aku yang meminta untuk transfer saja daripada cash n carry. Masalah selalu muncul ketika beliau ini baru les private denganku.

"Bu, tidak jadi saya tf, ko namanya yang muncul bukan nama ibu?" keluhan salah satu wali murid les private. Atau "Ibu salah kasih no rekening ya?"
Nah lo, aku lupa memberitahu kalau nama yang akan muncul saat transfer itu adalah nama lengkapku. Akhirnya bisa dibayangkan, proses tf dilanjutkan esok harinya. Hehehe..

Itu sekelumit tentangku. Tidak banyak, sama seperti yang lainnya. Lahir di kota kecil Nganjuk, Jawa Timur 36 tahun silam. Besar di Nganjuk hanya sampai tahun 1998. Selebihnya merantau ke Bogor, kerja, dan kuliah di Bogor.

Cita-cita yang masih di awan yang ingin kugapai adalah punya rumah untuk tinggal kucing-kucing yang tidak punya rumah, bisa membuat buku untuk anak-anakku di sekolah.  Buku dongeng tapi mengisahkan tentang pelajaran sekolah, sehingga anak gemar membaca. Itu sebagian mimpiku.

Bagian kisah seru akan aku ceritakan lain kali. Semangat untuk terus menulis, mengukir karya untuk anak-anak kita. Salam ODOP Batch 2. Semoga di sini aku bisa tetap istiqomah.

#One Day One Post
tantangan memperkenalkan diri
minggu ke-2

24 komentar:

denik mengatakan...

Nama asli dan panggilan berbeda juga ya? Sama dengan saya...hehe

Aira zakirah mengatakan...

semogaa setiap mimpinya bisa terwujud^^

btw aku sukaa lohh nama"lisa:D

Sasmitha A. Lia mengatakan...

aamiin semoga semua mimpi bisa terwujud..

btw aku juga suka kucing loh mbak dan pengen juga bikin rumah untuk tinggal kucing-kucing yang tidak punya rumah.. yuk kita join.. hehehe

Andriyes Malini mengatakan...

Aamiin. Semoga terwujud tahun ini cita2nya ya mba Lisa ^^. Keren cita2nya.

HERU WIDAYANTO mengatakan...

Lisa ... kok ra mbok ceritakno segmen "kenangan karo cah kae SMP" biyen ???
hahaha :)
btw josh banget alur ceritane ..

lisa lestari mengatakan...

iya ka denik..hehehe

lisa lestari mengatakan...

aamiin...keren ya..dari pada sri

lisa lestari mengatakan...

aamiin...keren ya..dari pada sri

Cicilia Putri Ardila mengatakan...

Hallo bu lisa, bu sri nya ada? Hehe

nur apriliyani mengatakan...

Duhh mbk namanya bikin bingung orang. Hahahaha jdi asli Nganjuk ya mbk...

nur apriliyani mengatakan...

Duhh mbk namanya bikin bingung orang. Hahahaha jdi asli Nganjuk ya mbk...

Mella Kurniawati mengatakan...

Mona-Lisa.
Mendunia lho Mba ^^

lisa lestari mengatakan...

yuuk join....

lisa lestari mengatakan...

hahahaha...tunggu tanggal mainnya..

lisa lestari mengatakan...

sri yang mana? hehehe

lisa lestari mengatakan...

asli nganjuk...tulen..hehehe

lisa lestari mengatakan...

hahaha...bener

lisa lestari mengatakan...

hahaha...bener

lisa lestari mengatakan...

asli nganjuk...tulen..hehehe

lisa lestari mengatakan...

yuuk join....

Wiwid Nurwidayati mengatakan...

Salam kenal mb Lisa..

Deasy Sang Pemimpi mengatakan...

Selalu terinspirasi sama cerita ibu guru satu ini 👍.

Semangat Bu Sri.
Eh Ibu Lisa 😄😜

Deasy Sang Pemimpi mengatakan...

Selalu terinspirasi sama cerita ibu guru satu ini 👍.

Semangat Bu Sri.
Eh Ibu Lisa 😄😜

siti janiah mengatakan...

Gak mau dipanggil sri karena sri minggat ora balik..hehe

Posting Komentar