11 Februari 2017

Ruyu, Si Ayam Jago bagian 1



Hasil gambar untuk gambar ayam jago merah
image by google

Pagi yang cerah menyuguhkan indahnya pahatan alam. Embun pagi masih menyisa di dedaunan. Suasana belum begitu terang, karena matahari juga nampak malu-malu menyembul. Burung masih enggan keluar dari saranngnya yang hangat. Namun, tidak untuk Ruyu. Ayam jago yang satu ini dengan lincah melompat keluar dari kandangnya. Dengan gagah, dada membusung, siap menyuarakan nyanyiannya yang merdu.

“Kukuruyuk ...! Kukuruyuk ...!” Ruyu mencoba membangunkan teman-temannya yang masih bermalas dengan gelapnya pagi.

“Kukuruyuk ...!” suara Ruyu kembali menggema. Bebek yang masih di dalam kandang terlihat berjalan ke arah Ruyu dengan malas. Ekornya sedikit bergoyang. Begitu pula dengan mentok dan angsa. Leher angsa bergerak meliuk. Mengusir kantuk yang sebenarnya masih ingin dipelihara lebih lama. Tapi suara Ruyu membuyarkan mimpi mereka.

“Ruyu, suaramu selalu mengganggu kenyamanan kami,” kata Angsa dengan leher menjulur kepada Ruyu. Ruyu mengibaskan sayapnya, turun dari atas kandang mendekati angsa.

“Benar, Ruyu. Suaramu mengganggu tidur kami,” tambah Bebek dan Mentok bersamaan.

Ruyu menanggapi keluhan temannya dengan tersenyum. “Tapi itu sudah menjadi tugasku agar kalian bersegera untuk bangun dan mencari makanan.”

“Tapi kami terganggu. Matahari saja belum terlihat, tetapi suaramu sudah gaduh.” Angsa menjelaskan dengan sedikit marah.

“Bisa kah kamu tidak berkokok untuk seterusnya? Kalau kamu ingin berkokok, menjauhlah dari kandang kami. Agar tidur kami esok nyenyak.” Bebek mengatakan dengan nada sedikit jengkel.

Ruyu termenung. Tidak menyangka ternyata suaranya telah membuat tidur temannya menjadi terganggu.

“Jadi, mulai besok aku tidak boleh berkokok di dekat kandang kalian?” ulang Ruyu dengan pelan.

Bertiga, Bebek, Mentok, dan Angsa mengangguk mantap.

“Baiklah, aku tidak akan mengganggu tidur kalian lagi!” berkata seperti itu Ruyu meningglkan temannya dengan muka sedih. Bergegas mengais tanah untuk mencari cacing guna mengisi perutnya yang mulai lapar.

bersambung....


#OneDayOnePost

1 komentar:

ryuzaky el muwahhied mengatakan...

Mutungan ruyu nya 😄

Posting Komentar