27 Juni 2017

Review Buku Digital

Ada yang sudah memiliki aplikasi perpustakaan digital? Sebuah aplikasi yang dibuat oleh perpustakaan Jakarta dengan menyediakan berbagai jenis buku untuk dibaca. Ada banyak jenis buku. Tak perlu khawatir, buku yang disediakan tidak hanya buku nonfiksi. Banyak buku fiksi. Bahkan buku anak pun tersedia di sini. Jadi, memiliki aplikasi ini sebagai pelengkap tidak ada salahnya. Meskipun membaca buku dalam bentuk digital membutuhkan perjuangan. Perjuangan terhadap mata tentunya. Hehehe... Ini menurut saya.


Saya sering berkunjung ke perpustakaan digital ini untuk meminjam buku. Lebih sering buku yang sering saya pinjam adalah buku fiksi, sebuah novel atau buku dongeng.

Nah, kebetulan  ketika saya sedang melihat-lihat ada buku apa yang bisa saya pinjam, mata saya tertuju pada sebuah novel bersampul biru.

 Sekilas membaca sinopsisnya, saya langsung tertarik dan penasaran untuk mengunduhnya. Kira-kira bagus nggak ya, buku ini untuk menjadi teman pengisi waktu luang saya?

Mulailah saya unduh, kebetulan tidak antri. Siap ada dalam daftar pinjaman untuk dibaca. Mulailah saya membacanya dan akan saya tuliskan reviewnya di bawah ini.

Novel berjudul Stay with me Tonight karya Sofi Meloni ini bercerita tentang seorang gadis yang tidak percaya dengan sebuah cinta. Karena sejak kecil dia sudah mengenal bagaimana rasanya tidak diinginkan kehadirannya. Ditinggalkan di dalam kereta oleh ibunya ketika berusia enam tahun, hingga dipungut oleh seorang ibu yang akhirnya melabuhkan cintanya kepada lelaki pemabuk yang memporakporandakan kehidupan tokoh utama. Dia dijual kepada laki-laki hidung belang.

Kehidupannya yang sudah semrawut menjadi lebih ruwet manakala dia dibeli oleh lelaki kaya bernama Benny. Selain bekerja di sebuah toko roti, dia juga menjadi pemuas kebutuhan seksual Benny. Ayu, demikian nama tokoh utama. Merasa nyaman tinggal di dalam apartemen 1109 milik Benny. Kedua tokoh ini menjalin hubungan dengan tidak saling mengenal dekat, hanya sebatas transaksi di atas ranjang.

Hingga keduanya terjebak perasaan yang tidak bisa diterima oleh Benny, karena Ayu mengingatkan dirinya dengan sosok Yuana, wanita yang pernah meningglakan Benny saat mereka akan bertunangan. Nah, Ayu digunakan oleh Benny untuk membalas perbuatan Yuana yang pernah memyakitinyau.

Perlahan tanpa sadar, keduanya saling membutuhkan. Hanya saja Benny masih takut untuk memulai sebuah hubungan yang serius. Sampai Benny menyadari jika dia begitu mwmbutuhkan Ayu saat Ayu pergi meninggalkannya. Benny didiagnosa mengalami gangguan kejiawaan.

Cerita yang sederhana, dengan gaya bahasa yang tidak terlalu bertele-tele, dan alur yang tidak melompat, sehingga mudah untuk memahami jalan cerita. Novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama dalan menuturkan kisah tokohnya. Terbagi menjadi dua bagian, pov dari tokoh Ayu dan pov dari tokoh Benny.

Novel ini memberikan banyak pelajaran bagi pembaca. Mengajarkan tentang cinta yang seharusnya, bagaimana memulai sebuah hubungan agar tidak terjebak dalam kesalahan,dan jangan terlambat menyadari tentang pentingnya orang yang kita cintai tatkala mereka sudah meninggalkan kita.

Kekurangan dari novel ini yaitu, cerita ini rasanya akan lebih menarik dan tidak membingungkan pembaca ketika di setiap dialog ada narasi siapa yang sedang berbicara. Walaupun dalam percakapan yang terjadi memang sudah terlihat hanya dua tokoh. Namun, terkadang membingungkan pembaca. Ini yang ngomong Ayu atau Benny ya. Pembaca seperti meraba dan mengulang lagi. Tetapi secara keseluruhan cerita ini bagus.

Anda penasaran dengan akhir dari novel digital ini? Silakan mengunduhnya di perpustakaan Jakarta. Tentunya aplikasi ijak sudah Anda download terlebih dahulu.

#Reviewbukudigital

6 komentar:

Nychken Gilang mengatakan...

duh salfok dengan domainnya

Nychken Gilang mengatakan...

duh salfok dengan domainnya

Sasmitha A. Lia mengatakan...

Selamat buat domainnya mbak.. #lha?�� btw aplikasinya berat nggak mbak?

Muhamad Septian Wijaya mengatakan...

Keren jadi pengen baca

An Cahyanik mengatakan...

Aaaa ini aplikasi bagus buat anak kos yang doyan buku *biarngirit* wkwkk

Reefa Malik mengatakan...

Suka sihhh ama buku, tpi kalo yang berbentuk ebook gak enak bacax...mata susah di ajak kompromi 😂😂

Posting Komentar