01 September 2017

Menyetel Niat Awal


Apa tujuan saya ketika masuk ke dalam komunitas One Day One Post? 
Pada bulan Februari 2016 saya mengenal ODOP. Sebuah komunitas yang kece badai. Berisi orang-orang yang memiliki komitmen dalam menulis setiap harinya di blog masing-masing engan tema tertentu. Berjalan dengan sukses? 

Alhamdulillah ... hingga empat bulan awal masuk, saya sukses mengisi blog dengan tulisan setiap harinya. Meskipun itu tulisan gaje yang waktu itu hanya ingin menulis, menulis, dan POKOKe NULIS. Tak peduli dengan kualitas tulisan. 

Satu tahun kemudian, setelah bertumbuh dan berkembang bersama ODOP, mulai ada tantangan. Harus menulis setiap harinya selama sebulan penuh. Kalau di awal kami diberikan libur menulis pada hari Sabtu dan Minggu, di tahun 2017 kami ditantang untuk menulis setiap hari tanpa libur. Mampukah saya? 

Hingga bulan Maret saya memenuhi tantangan, walaupun kurang tulisan dua atau tiga dari jumlah hari dalam waktu sebulan. Cie, agak bangga nih! Tepuk dada orang, eh! 

Menengok jumlah postingan setelah bulan Maret, saya tutup muka, malu. Postingan di blog hanya sekadarnya. Apa sebabnya? Marilah saya absen dosa menulis saya satu persatu. 

Bulan April, saya mulai mengenal dengan kelas Cerita Anak. Mencoba memperdalam keahlian menulis cernak, karena menurut teman-teman di ODOP, saya ahlinya ini. Akhirnya saya menggali ilmu di sini. Mulai sibuk belajar dan membuat cerita anak. Duh, alasan yang nggak masuk akal ya. Namun, mulai bulan April juga, saya memiliki hobi baru, yaitu meneror redaksi anak agar membaca cernak hasil saya belajar. Hahahaha... gaya benar ya, saya ini! 

Ah, saya rindu blog walking ke blog teman-teman. Bagaimana kabar blog mereka? Saya kangen tulisan Heru yang penuh sejarah, tulisan Mbak Wiwid yang nggak pernah buat saya bosan, tulisan Mbak Denik yang selalu penuh info, tulisan Dewi Dean, Dik Sakifah, Mbak Hiday Nur, Bapak Suparto, yang gemuk dengan artikel dan tentu saja menambah wawasan. Masih banyak tulisan bagus dari blog teman-teman yang sudah tidak pernah saya tengok. Apa alasan saya kali ini? 

SIBUK!  Duh, ini alasan yang semua orang di ODOP juga pasti memiliki segudang kesibukan dari pada saya.  Ganti alasannya! Hahahaha.... 
Yang pasti, niat menulis dalam hati saya mulai luntur dengan berbagai alasan yang saya halalkan agar diterima. Alasan sibuk, capek, ketiduran, nggak sempat, dan banyak lagi. Ah, saya harus berubah.

Memasuki awal bulan baru, ingin kembali menancapkan niat menggunakan paku yang lebih kuat. Ayo, semangat lagi menulis dan jalan-jalan ke blog teman. Siapkan waktu. Tentu saja, tetap menulis dengan baik dan bukan tulisan gaje. Kualitas tulisan harus lebih baik dan meningkat dari sebelumnya. Semoga... 



Yuk, plends, ramaikan kembali rumah kita dengan cerita. Jika mulai malas, ingat lagi niat dan tujuan awal berkumpul di sini. Self reminder juga buat saya. Awal bulan, semangat baru, lebih baik lagi. Aamiin.... 

6 komentar:

denik mengatakan...

Betul Mba...harus semangaaaattt!!! Dan penuh cinta tentunya. Karena dengan cinta. Mau tulisan kita dibaca orang atau tidak. Mau dibayar atau tidak. Kita akan terus menulis. Karena menulis sudah menjadi kebut uhan.

Dewie Dean mengatakan...

Semangaattt

lisa lestari mengatakan...

Betuuuul, Mbak.

lisa lestari mengatakan...

Siap, Wie...

Muhamad Septian Wijaya mengatakan...

yuhuuu lets back to ODOP

Admin mengatakan...

Nampol banget ini... Saya jadi pengen nutup muka...

Bang Syaiha

Posting Komentar