29 Oktober 2017

Bidadari Itu Ada di Sampingnya.






Bidadari untuk Dewa
Asma Nadia

Diterbitkan oleh KMO Publishing
Cetakan Pertama Oktober 2017
ISBN: 978 602 50441 06
X + 528 hlm, 14 cm x 20,5 cm

Bahagia itu sederhana, dekat dengan-Nya dan dekat denganmu.

Pertama kali menerima novel ini, saya cukup bilang, “Wow!” Novel dengan ketebalan halaman yang membuat saya sedikit berpikir, butuh berapa lama ya, menyelesaikan novel ini? Alhamdulillah, cukup lama juga saya membacanya. Butuh waktu tiga hari saya baru tamat hingga endinngnya. Akhirnya, mengasah kemampuan meresensi buku, saya akan mencoba mengulasnya sesuai persepsi saya.

28 Oktober 2017

Aku dan Duniaku


"Syaratnya harus punya blog, Mbak, kalau mau masuk dalam komunitas ini," jawab Bang Syaiha selaku founder dari One Day One Post. Suatu komunitas tempatnya orang-orang keren dengan hobi yang sama, yaitu menulis.

27 Oktober 2017

Hancur


Perasaanku mendadak tidak enak, begitu mataku menatap sebuah kuda besi seperti milik suamiku ada di halaman kost tempat Kay tinggal.

26 Oktober 2017

Rumah di Ujung Jalan


"Bang, tunggu aku! Jangan ditinggal!" teriak Tya memohon sambil terengah-engah mengejar abangnya yang sudah berada jauh di depan.

24 Oktober 2017

Zya


Lu kenapa sih? Suka banget melet kalau ada Rio," tanya Fio kepada Zya. Tanpa sadar kebiasaannya menjulurkan lidah kepada Rio diamati oleh Fio, teman sebangkunya.

23 Oktober 2017

Aku Sayang Ibu


"Lha, kapan Ibu nyampe kontrakan? Kok nggak bilang kalau mau mampir sini? Bukannya baru semalam di tempat Mbak Mur?" tanyaku heran mendapati ibu tiba-tiba muncul mengetuk pintu kontrakan. Suamiku ikutan melongok di belakang punggungku.

20 Oktober 2017

Lebih Dekat dengan Dongeng



Hasil gambar untuk gambar dongeng
kumpulandongenganak.com

Siapa sih, yang tidak tahu tentang dongeng? Dongeng adalah cerita imajinasi dengan tokoh dan setting khayalan. Bahkan kita tahu, cerita dongeng yang sudah mendunia sepertinya tak lekang oleh waktu. Kita ingat dengan dongeng Putri Salju, Cinderella, Thinkerbell, dan dongeng dunia lainnya yang sudah mengalami berbagai versi dari zaman ke zaman.

17 Oktober 2017

Melatih Toilet Training pada Kucing


Hasil gambar untuk gambar kucing dan pasirnya
kucingpedia.com

 Pernah merasa jengkel dengan kucing peliharaan di rumah karena suka kencing atau pup sembarangan? Terutama jika kucingnya masih kecil atau kitten. Wah, ini bisa memberikan aroma parfum yang luar biasa sedap dalam rumah. Apakah ada cara agar kucing peliharaan kita memiliki kebiasaan bersih untuk pup atau kencing di tempatnya atau di kamar mandi? Memang bisa? Bisa dong! Inilah yang saya lakukan untuk membiasakan toilet training kepada hewan imut ini di rumah.

15 Oktober 2017

Kesalahan dalam Menulis Cerita Anak


Judulnya keren ya, padahal ini hanya sharing kecil yang saya alami ketika berproses belajar menulis cerita anak bersama mentor, Pak Bambang Irwanto.

14 Oktober 2017

Belajar Cerita Anak


Wallpaper, Girl, Nature, Fence, Drawing, Landscape
Sumber gambar pixabay

 April 2017 awal saya mulai serius menekuni cerita anak. Mengenal seorang guru cerita anak yang menurut saya nyentrik. Awal ikut kelas beliau adalah bergabung di kelas Kurcaci Pos bersama dengan yang lainnya. Ingin ikut private, waktu itu dana belum mencukupi. Bismillah, akhirnya saya bergabung untuk belajar bersama beliau.

13 Oktober 2017

Tentang Kopi


Hasil gambar untuk gambar secangkir kopi
Sumber Gambar: www.samishare.com

Bahunya masih terguncang. Berarti air matanya masih belum tuntas untuk meminta penyelesaian. Aku hanya sanggup mematung. Menatap dari jarak sekian meter asalkan bayangnya masih berada dalam jangkauanku. Tubuh ringkihnya selalu melemah, dan aku seperti tak pernah bisa membuatnya yakin.

11 Oktober 2017

Manfaat dari Memelihara Hewan untuk Anak


Hasil gambar untuk gambar anak dengan hewan peliharaan
                           www.ummi-online.com

Pernah anak merengek untuk diizinkan memelihara binatang peliharaan di rumah? Seperti kucing, anjing, atau seekor kelinci? Wah, Bunda yang tidak menyukai hewan pasti akan langsung mengatakan tidak kepada buah hatinya. Bunda akan menganggap ribetlah, joroklah, menyita waktulah, jika mengizinkan anak memelihara binatang peliharaan di rumah. Berbagai bayangan buruk sudah bikin Bunda parno terlebih dahulu.

10 Oktober 2017

Antara Aku, Bayiku, dan Lactacyd Baby



Hasil gambar untuk gambar lactacyd baby
saicitablogspot

“Ummi, kulit Adik bayi kok merah-merah begini ya?” Ungkap si Abi kepada saya begitu melihat kulit El kecil yang waktu itu berusia tiga bulan terlihat kemerah-merahan di bagian punggung. (Sekarang El sudah 26 bulan).

09 Oktober 2017

Mengenal MPASI



Hasil gambar untuk gambar mpasi
image by google
 Pengertian MPASI
MPASI adalah makanan atau minuman yang mengandung gizi, diberikan kepada bayi atau anak usia 6-12 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI. (Anonim, 2006).

Seperti Janji Senja


Hasil gambar untuk gambar senja

Rintik-rintik kecil mengiringi langkah kami saat menyusuri jalan sepanjang Malioboro sebelum matahari berganti perannya dengan bulan. Sesekali tangan kirinya menggapai lembut tangan kananku untuk sekedar memastikan tubuhku tidak tenggelam bersama lautan pejalan kaki lainnya. Aku yang mengekor di sampingnya hanya sekilas menatap dari samping, mengamati wajah yang masih sama setahun lalu.

07 Oktober 2017

Tips Menjaga Pakaian Agar Terjaga Kualitasnya



Hasil gambar untuk gambar jenis bahan
greenjaket.com

Pakaian adalah penutup aurat kita sehari-hari. Semakin sering digunakan, biasanya akan membuat pakaian menurun kualitasnya. Bahkan, ada jenis pakaian yang langsung tidak bisa dipakai setelah pemakaian pertama.  Agar pakaian awet dan terjaga kualitasnya, yuk kita kenali karakteristik jenis bahan dan cara perawatannya. Karena masing –masing bahan berbeda karakteristiknya. Inilah bahan-bahan yang lebih sering dipakai untuk membuat pakaian.

Sepatu Impian Kurcaci Bani




Hasil gambar untuk gambar kurcaci

“Ah, sepatu ini sudah usang,” sungut Kurcaci Bani sambil melihat sepatunya. Sepatu biru milik Bani sudah penuh tambalan di sana sini. Ujungnya sudah membuka ketika digunakan berjalan. Bani ingin memiliki sepatu baru. Apalagi musim hujan sudah datang. Sepatu lamanya tidak akan mampu mengusir hawa dingin.

05 Oktober 2017

Toto dan Gio


Hasil gambar untuk gambar perkakas
glosiran.com

Perkakas milik Tuan Wilson sedang sibuk memperbaiki sebuah pintu rumah milik Nyonya Vio. Toto, obeng berbentuk pipih melakukan tugasnya untuk mengencangkan sebuah baut. Sedangkan Titi, obeng berbentuk bunga melihat saudaranya dari dalam kotak perkakas. Sebuah tang bernama Gio juga terlihat bekerja bersama Toto.

04 Oktober 2017

Mengajarkan Matematika Melalui Dongeng.



Hasil gambar untuk gambar angka
www.playgoogle.com

Apa sih yang ada di pikiran kita ketika mendengar kata Matematika? Apakah akan muncul berderet angka yang membuat dahi berkerut?

03 Oktober 2017

Di Balik Sebuah Dongeng


Hasil gambar untuk gambar dongeng
Image by google

Masih ingat dengan dongeng serial si Kancil? Atau kisah yang menceritakan asal muasal seekor binatang memangsa binatang lainnya? Contohnya kisah yang melegenda sebab burung Elang memangsa anak-anak ayam. Ada apa dengan dongeng di atas? Bukankah ada pesan moral yang bisa didapatkan?

02 Oktober 2017

Sejarah di Sekolah Dasar


Sejarah dan Masa Lalu

Ada yang ingat dengan mesin waktu milik Doraemon? Sebuah mesin yang bisa mengembalikan kita ke dalam waktu yang diinginkan. Bahkan kita dapat memilih di tahun berapa kita bisa melihatnya kembali. Jika ada, asyik ya. Di dalam benak saya, dengan mesin waktu saya akan mengubah kesalahan yang dahulu pernah dilakukan menjadi hal yang lebih baik. Wah, seru pastinya ya.