17 Oktober 2017

Melatih Toilet Training pada Kucing


Hasil gambar untuk gambar kucing dan pasirnya
kucingpedia.com

 Pernah merasa jengkel dengan kucing peliharaan di rumah karena suka kencing atau pup sembarangan? Terutama jika kucingnya masih kecil atau kitten. Wah, ini bisa memberikan aroma parfum yang luar biasa sedap dalam rumah. Apakah ada cara agar kucing peliharaan kita memiliki kebiasaan bersih untuk pup atau kencing di tempatnya atau di kamar mandi? Memang bisa? Bisa dong! Inilah yang saya lakukan untuk membiasakan toilet training kepada hewan imut ini di rumah.


  1.    Letakkan pasir untuk pup kucing, bisa pasir khusus yang bisa kita beli di pet shop atau pasir biasa di dekat kamar mandi. Saya sering menggunakan abu gosok untuk melatihnya. Wadah untuk pasir usahakan sesuai dengan ukuran tubuh kucing ya, jangan sampai kucingnya besar wadahnya kecil. Ini menghindari ketika kucing menutup bekas kotorannya, pasirnya tidak keluar atau berantakan.
  2. Awalnya kucing tidak akan tahu jika ia harus pup di tempat yang sudah kita siapkan. Kita lah yang harus melatihnya dengan penuh kesabaran. Pertanda kucing yang akan pup adalah menggaruk kain atau lantai. Segera angkat kucing tersebut dan tempatkan dia dalam wadah yang sudah disiapkan. Tunggu ya, karena kucing yang belum terbiasa akan keluar lagi dan kembali ke kamar atau ke tempat ia biasa pup.
  3. Amati terus kucing peliharaan, jika menunjukkan gejala akan pup, segera latih. Kalau kita biasakan sejak kecil, hanya butuh waktu dua minggu hingga satu bulan kucing akan mengerti di mana seharusnya pup atau kencing. Biasanya satu jam setelah makan kucing akan melakukan pup. 
  4. Apabila sudah terbiasa di dalam wadah, pindahkan wadahnya bergeser mendekati bahkan ada di dalam kamar mandi. Lama-lama kucing akan terbiasa buang air di dalam kamar mandi tanpa menggunakan pasir, tetapi langsung di dalam kamar mandi. Kita tinggal menyiramnya saja.
  5. Ingat untuk mengganti pasirnya dengan pasir baru. Jangan sampai menunggu pasir penuh dengan pup kucing baru kita ganti.
  6. Kunci dari latihan ini adalah kesabaran. Ajak bicara juga kucingnya. Saya yakin kucing juga akan mengerti jika kita melatihnya menjaga kebersihan.

Ingat ya, kuncinya adalah SABAR dan tentunya tetap dengan kasih sayang saat melatihnya pup atau kencing di kamar mandi. Selamat mencoba!

Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post yang diselenggarakan oleh Blogger Muslimah Indonesia

8 komentar:

Dian Restu Agustina mengatakan...

Keren..baru tahu, ternyata kalu dilatih bisa juga kucing pup di kamar mandi ya..
Thanks sharingnya Mbak Lisa :)

Arina Mabruroh mengatakan...

Oh, kucing juga harus di Toilet training ya Mba? hihi. kirain otomatis gitu bisa pipis sendiri kalo disediakan pasir d rumah :)

Sara Neyrhiza mengatakan...

Waduh..ngajarin anak toiler training aja susah ya..apalagi kucing..hihihi

Muyassaroh mengatakan...

Jadi ingetkan anak bungsu saya belun toilet training...hihi..

lisa lestari mengatakan...

Iya, Mbak. Semua kucing saya melalui latihan ini. Hehehe

lisa lestari mengatakan...

Lebih seringnya enggak mbak, kalau nggak dilatih

lisa lestari mengatakan...

Hahahaha.. Suami juga suka ngetawain

lisa lestari mengatakan...

Hihihi.. .

Posting Komentar