28 April 2018

Ini Dia Tujuan Menulis Huruf Tegak Bersambung


Ingat nggak sih? Waktu kita SD dulu, menulis huruf tegak bersambung tuh wajib bin kudu setiap mata pelajaran Bahasa Indonesia. Apalagi jika pelajaran mengarang bebas, harus ditulis menggunakan huruf tegak bersambung.


Apakah anak SD zaman now kenal dengan huruf tegak bersambung? Masih kenal, tapi hanya sampai di kelas bawah. Sesudah naik ke kelas IV, kegiatan menulis huruf tegak bersambung mulai ditiadakan. Kecuali guru kelasnya membuat kebijakan untuk tetap menulis huruf tegak bersambungdi jam pelajaran Bahasa Indoensia.

Pernah nggak, kita yang telah lahir di zaman old bertanya-tanya. Dahulu itu kenapa ya guru-guru selalu memaksa murid-muridnya untuk menulis huruf tegak bersambung? Hehehe..tutup muka dulu. Saya termasuk salah satu guru yang ‘memaksa’ anak untuk menulis huruf tegak bersambung  pada saat pembelajaran menuliskan kembali sebuah cerita yang didengarkan. Meskipun hasilnya jauh sekali dari ekspetasi saya. Mereka yang sudah kelas VI juga mengeluh, sudah lama tidak menulis huruf tegak bersambung. Bahkan ada beberapa huruf lupa bagaimana cara menyambungkannya.

Baca juga tentang 5 Cara Menstimulasi Kemampuan Memegang Pensil dan Menulis Anak.

Lalu, apa sih tujuan menulis huruf tegak bersambung?

Melatih Motorik Halus
Sebenarnya, menulis itu merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan kemampuan motorik halus. Dengan menulis huruf tegak bersambung, secara tidak langsung motorik halus kita akan terlatih dengan maksimal. Artinya, semakin sering latihan menulis huruf tegak bersambung, maka hasil tulisan akan terlihat semakin rapi dan bagus. Kreativitas juga akan berkembang lebih baik.

Membuat Sel-sel Otak Menjadi Lebih Aktif
Seorang psikolog bernama William R. Kelmm Ph. D mengatakan, bahwa dengan menulis huruf tegak bersambung, maka perkembangan otak dalam hal kemampuan motorik, gerakan kontrol, dan kemampuan berpikir dapat terhubung dengan baik. Karena pada saat tangan menulis huruf tegak bersambung, otomatis kita kaan mengatur tegak miringnya huruf yang ditulis dan membuat satu hurf dengan huruf yang lainnya saling bersambung.

Nah, sudah tahu, kan, menulis huruf tegak bersambung akan melatih motorik halus, meningkatkan konsentrasi, dan membuat sel-sel otak menjadi lebih aktif. Mulai sekarang, yuk, bantu anak-anak di rumah untuk menulis huruf tegak bersambung tanpa mengeluh lagi!

13 komentar:

Nilasari Utami mengatakan...

Bersyukur pas di SD kelas 1 putriku dapat guru kelas yang keren dalam ngajarin nulis tegak bersambung, alhasil sekarang tulisannya rapih enak deh bacanya..mamanya kalah. Tks ya sharingnya..jadi tahu manfaat lain dari menulis tegak bersambung deh...

Srie Ningsih Ali mengatakan...

Iya jaman saya sd ada menulis 8ndah namanya...ada tegak, miring & bersambung. Ternyata tulisan indah itu bisa jadi mata pencaharian, dulu nulis nama di STTB aja kudu diukir gitu..hahaa

lisa lestari mengatakan...

Sama sama mbak, memang betul guru kelas 1 pengaruh banget dengan kerapian tulisan anak, apalagi huruf tegak bersambung

lisa lestari mengatakan...

Hahaha.. Iyaa betul sekali.

Marda Wiah mengatakan...

Sampai sekarang tulisan saya tegak bersambung, trauma dimarahi bu guru sambil berdiri di samping meja saya sambil ngacung-ngacungin mistar kayu. hehehe

lisa lestari mengatakan...

Waduh, ada trauma juga. Syerem bu gurunya

Dwi Arum mengatakan...

Whuaa saya baru tahu mba ternyata manfaatnya besar ya. Nti pas SD saya ajarkan nulis tegak sambung aah.. trims infonya..

lisa lestari mengatakan...

Hihihi.. Iya mbak.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Syedih lihat dua anak saya tulisan tegak bersambungnya parah..Padahal jaman kita (semoga kita sejaman ya Mbak Lisa hahaha), nulis tegak bersambung itu sampai jadi pelajaran Menulis Halus...Sekarang dilupakan. hiks! Semoga lebih banyak guru yang seperti Mbak Lisa :)

HeNee Sudarno mengatakan...

hadeeeuuh... tulisan anakku yang kelas satu SD bukan main "cantiknya" mbaaa hehehe. Harus dibeliin buku ini kayaknya :)

Septarini mengatakan...

Wahh, besok anakku harus sabar untuk belajar menulis dengan huruf "latin" ini berarti mbak. Ternyata bagus untuk motorik halusnya ya? Terimakasih mbak sudah berbagi...

Damar Aisyah mengatakan...

Anakku sih suka uring2an kalau dapat PR ini, trus ujung2nya berantem sama ibunya. Tapi akunya nggak maksa sih mbak, tapi tetap mendukung. Apalagi stlh tahu manfaatnya. Kudu sabar

Eni Rahayu mengatakan...

Oh jadi ini alasannya... Jujur saya gak pernah caribtahu. Saya kira biar rapi aja tulisannya. Hehe

Posting Komentar

 
Copyright © Dunia Lisa
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Busy Buzz Blogging