06 Mei 2018

4 Makhluk Legenda Dalam Dongeng




Hmm ... apa sih yang ada di benak kita semua ketika mendengar tentang tokoh legenda dalam sebuah dongeng? Apakah akan terbayang sosok putri raja yang sangat cantik? Atau makhluk aneh yang menyeramkan?


Di dalam sebuah dongeng anak, terdapat empat makhluk legenda yang menjadi tokoh dalam cerita. Siapa saja kah mereka? Ini lah empat makhluk legenda yang muncul dalam dongeng:

1    1. Phoenix
Hasil gambar untuk gambar burung phoenix
imagotopia.blogspot.com

 Di dalam mitologi Mesir, ada Dewa Bennu yang memeiliki bentuk seekor burung yang berhubungan dengan Matahari dan kelahiran kembali. Diperkirakan itulah asal mula legenda Phoenix.

Burung Phoenix konon dapat hidup selama ratusan tahun. Ketika dia sudah lama hidup, maka dia akan membakar dirinya sendiri dan mati. Tubuhnya akan hancur menjadi abu. Dari abunya itu, dia akan hidup kembali dan siap menjalani hidup baru selama ratusan tahun lagi. Keren ya?

Makhluk legenda Phoenix ini bagian tubuhnya akan memancarkan cahaya matahari. Bulu-bulunya berwarna keemasan dan merah. Tubuhnya hampir sama dengan ukuran burung elang. Konon, Phoenix juga memiliki kemampuan menyembuhkan.

2    2. Naga
Hasil gambar untuk gambar naga
daunbuah.com
 Konon, Naga merupakan hewan yang bertugas menjaga harta karun. Berasal dari kata “drakon” bahasa Yunani yang berarti “menjaga”.

Naga terkenal sebagai hewan yang kuat dan sulit dikalahkan. Di dalam legenda, ada naga yang bisa terbang, mengeluarkan api, tubuhnya besar, dan panjang. Namun, ada juga naga yang tidak bisa terbang, tidak mengeluarkan api, dan tubuhnya tidak terlalu besar.

Baca juga ini


3    3. Unicorn
Hasil gambar untuk gambar unicorn
pixabay.com

Legenda tentang Unicorn berasal dari sebuah tulisan dari seorang dokter bernama Ctesias yang berasal dari Yunani yang melakukan perjalanan ke Persia sekitar 2000 tahun lalu. Ctesias menulis tentang makhluk sebesar kuda yang memiliki tanduk di dahinya. Tubuhnya berwarna putih dengan mata berwarna biru tua.

Terkenal sebagai makhluk yang kuat. Gerakannya sangat cepat sehingga tidak bisa ditangkap. Tanduknya berfungsi sebagai penawar racun.

Menurut legenda, Unicorn adalah makhluk yang baik. Dia tidak pernah menyakiti manusia. Sayangnya manusia lah yang selalu memburu Unicorn untuk diambil tanduknya. Untuk itu lah Unicorn lebih memilih bersembunyi dari manusia.

4    4. Putri Duyung
Hasil gambar untuk gambar putri duyung
infoku.blogspot.com

Legenda Putri Duyung sudah hidup sejak ribuan tahun lalu di berbagai belahan dunia. Putri Duyung memiliki ciri-ciri tubuhnya setengah ikan dan setengah manusia, memegang sisir dan cermin, hidup di laut, serta berambut panjang.

Konon, suara putri duyung sangat merdu, sehingga sering membuat nelayan terpesona. Akibatnya mereka ceroboh mengendalikan kapal dan akhirnya menabrak bebatuan atau tenggelam.

Putri Duyung dapat bersahabat dengan manusia dan membawa keberuntungan. Namun, ketika dia marah, maka putri duyung dapat berbuat jahat. Itu lah sebabnya putri duyung juga dipercaya membawa nasib buruk.

Nah, dari empat tokoh makhluk legenda tersebut, mana kah yang sering muncul menjadi tokoh dalam dongeng yang kamu tulis?

17 komentar:

Leila Niwanda mengatakan...

Oooo, kirain phoenix itu masuknya mitologi Yunani, Mba...

Dwi Arum mengatakan...

Jarang nulis dongeng mitologi gini. Tapi kalo yg paling sering didengar yang putri duyung

denik mengatakan...

Aku suka kuda terbang dan putri duyung..hihihi

lisa lestari mengatakan...

Ternyata Mesir yaaa

lisa lestari mengatakan...

Saya malah belum pernah nulis dongeng dengan tokoh putri duyung. Padahal mereka populer ya mbak

lisa lestari mengatakan...

Aku malah pengen punya kida terbang ini mbak. Pasti asyik. Hehehe

April Hamsa mengatakan...

Pernah nonton film putri2 duyungan gtu, iya katanya mereka tu jahat meski penampilannya cantik.
Duh beberapa makhluk legenda dongeng itu bikin aku terkenang masa kecil, suka deh baca cerita2nya :D

Dian Restu Agustina mengatakan...

Belum pernah nulis dongeng dengan tokoh legenda di atas saya Mbak Lisa...Tapi, bacanya suka. Terutama yang Phoenix, karena setelah jadi abu bisa hidup lagi..:)

lisa lestari mengatakan...

Betul mbak april

lisa lestari mengatakan...

Saya juga suka baca cerita dengan empat tokoh di atas.

Novitalevi mengatakan...

Seru ya jika mempelajari tentang legenda sngt dalam maknanya , saya sngt suka dengan unicorn cantik dan anggun

Dwi Ariyuni mengatakan...

wah keren ni ka.. klo jamannya aku tahun 90an yang paling sering didenger tentang naga sama putri duyung hehe

Melysa Luthiasari mengatakan...

Aku sih belum pernah nulis cerita dongeng mba, tapi aku suka banget sama cerita putri duyung dr kecil sampai skrng. Hehehe

lisa lestari mengatakan...

Sama mbak, kadang bayangin punya unicorn

lisa lestari mengatakan...

Bener banget. Paling terkenal dua tokoh ini

lisa lestari mengatakan...

Sama mbak. Putri duyung selalu punya tempat di hati pembacanya

lita chan lai mengatakan...

wah, aku suka banget nih cerita kaya gini.

Posting Komentar

 
Copyright © Dunia Lisa
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Busy Buzz Blogging