05 Januari 2019

5 Tips Agar Anak Mau Menyikat Gigi

Hasil gambar untuk gambar anak menyikat gigi
iphonelivewallpaper.blogspot.com


  “De, sikat giginya yang bener ya!” ujar saya ketika mengoleskan pasta gigi ke sikat gigi El.
“Aku aja yang nyikat!” pinta El.

Biasanya saya memang agak kesulitan mengajak El menyikat giginya. Kalau saya bantu untuk menyikat giginya, dia menolak dengan berbagai drama. Kalau saya mengizinkan El menyikat giginya sendirian, hasilnya malah yang disikat bukan gigi, tapi tangan dan perutnya. Dan itu terjadi berulang kali. Dilema banget deh pokoknya!

Akhirnya saya menemukan sedikit cara agar El kecil mau menyikat giginya. Ini dia tips yang saya gunakan:

1. Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi Sendiri

Hasil gambar untuk gambar anak menyikat gigi
republika.co.id
 Ajak anak ke supermarket untuk memilih dan menentukan sendiri bentuk sikat gigi yang dia inginkan. Sekarang ini kan banyak dijual bentuk sikat gigi yang lucu-lucu sehingga mampu menarik minat anak. Biarkan anak memilihnya sendiri. Tentunya kita tetap mengarahkan pada bentuk sikat gigi khusus untuk anak, yaitu dengan memberikan pilihan ujung kepala sikat berbentuk bulat, bulu sikat yang lembut, serta pegangan yang nyaman buat si kecil.

Untuk pasta gigi sebaiknya pilih yang sedikit mengandung fluoride dan detergen serta tidak mengandung pemutih, sehingga aman jika tertelan oleh anak. Gunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar kacang hijau pada saat mengoleskan pada sikat gigi anak. Ingat ya, pasta gigi yang digunakan adalah pasta gigi khusus untuk anak.

2. Memberi Contoh Gerakan Menyikat Gigi

Hasil gambar untuk gambar anak menyikat gigi
cekalergi.com
Berikan contoh konkret kepada anak bagaimana menyikat gigi yang benar. Kita bisa mengajak anak untuk menyikat giginya di depan cermin pada awal dia belajar menggosok gigi. Ketika berada di depan cermin, anak akan mudah melihat apakah gerakan menyikat yang dia lakukan sudah benar atau belum.

3. Melakukan Kegiatan Menyikat Gigi Bersama-sama

Hasil gambar untuk gambar anak menyikat gigi
haibunda.com
Boleh kita libatkan ayah atau kakak-kakaknya dalam membiasakan menyikat gigi pada anak. Buat seperti kompetisi kecil-kecil an menyikat gigi dengan anak-anak untuk menentukan siapa yang paling tepat menyikat giginya. Atau kegiatan menyikat gigi ini bisa dilakukan  secara berpasangan bersama ayah. Biarkan anak menyikat gigi ayahnya lalu lakukan bergantian, ayah menyikat gigi anaknya.

4. Iringi Dengan Lagu Anak

Hasil gambar untuk gambar lagu anak
memecomic.co.id
Kita boleh menyetel lagu anak yang disukainya pada saat dia menyikat giginya, sehingga anak akan melakukan kegiatan ini dengan senang hati. Buat gerakan menyikat gigi seirama dengan irama lagu. Atau bisa juga kita menceritakan sebuah dongeng dengan tokoh kesatria yang berhasil menaklukkan kuman yang menyerang mulut.

5. Memberikan Reward 
Agar kegiatan menyikat gigi makin semangat buat anak, beri lah reward setiap kali anak berhasil menyikat giginya dengan tepat. Bisa dalam bentuk stiker-stiker lucu yang jika sudah mencapai jumlah yang telah disepakati ditukar dengan hadiah.

Itu dia beberapa tips yang bisa dicoba untuk membiasakan si kecil mulai menyikat giginya. Biasakan si kecil menyikat giginya dua kali sehari sebagai kebiasaan, yaitu pagi hari sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Sehingga anak akan merasa ada yang kurang jika kegiatan menyikat gigi ini lupa dilaksanakan.

Kegiatan menyikat gigi merupakan langkah awal dan bekal bagi anak untuk memiliki gigi sehat hingga dewasa kelak.

Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community

#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day5

12 komentar:

Leila Niwanda mengatakan...

Wah, terima kasih atas tipsnya, Mba... berguna sekali. Gigi sehat kan investasi dan menjaganya adalah ekspresi rasa syukur kita juga, yaa...

Dwi mengatakan...

Whaa seru juga idenya ngasih reward. Aku pikir reward apa tyt bagus juga ya pake stiker gt dikumpulkan baru nanti ditukerin hadiah.

denik mengatakan...

Sikat gigi bersama itu efektif banget Mba. Aku pernah praktekkan sama ponakan

Dwi Ariyuni mengatakan...

Dari cara memilih sikat gigi, dan proses sikat gigi dibuat menyenangkan. pasti anak2 jadi semangat juga ya

lisa lestari mengatakan...

Betul banget mbak.

lisa lestari mengatakan...

Iya mbak. Bisa dicoba reward stikernya

lisa lestari mengatakan...

Yes mbak. Asyiiik ternyata

lisa lestari mengatakan...

Iya mbak, anak pertama kedua nggak ngalami susah sikat gigi. Baru anak ketiga nih rada drama. Hehe

Dian Restu Agustina mengatakan...

Wah, keren tipsnya mbak Lisa. Trimsss
Aku dulu kok ga kepikiran kasih reward ya..padahal anak bungsuku dulu jugq penuh drama sikat giginya.
Aku musti ngasih tau iparku tips ini ponakanku juga syusah banget sikat gigi katanya

Ophi Ziadah mengatakan...

Jd inget waktu anak2 masih kecil, sering bgt bacain buku2 cerita anak ttg kebiasaan baik sikat gigi dan ampuh bgt lhoo

Novitalevi mengatakan...

Kenapa ya masalahnya sama , anak2 susah sikat gigi . Kadang sikatnya malah buat mainan hihihi boleh ni d terapkan tips ny

Cha Hakim mengatakan...

Pas aku TK kan ada pelajaran menyikat gigi. Sebenernya fun banget, krn bawa gelas n sikat gigi masing2, truz sikat gigi rame2 d tempat wudhu. Masalahnya muncul belakangan, emak2 ngejadiin itu senjata kalo anaknya gak mau gosok gigi. Selalu dibilang, kalo gak sikat gigi ntar dilaporin k bu guru. Hadeuh

Posting Komentar

 
Copyright © Dunia Lisa
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Busy Buzz Blogging