Cara Mudah Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun dan Bunga Pepaya



Siapa yang suka menikmati masakan daun pepaya atau bunga pepaya? Baik itu dioseng, diurap, atau dibuat masakan lainnya.

Saya suka sekali dengan masakan yang terbuat dari daun maupun bunga pepaya. Meskipun menimbulkan rasa pahit, tapi rasanya selalu bikin nagih. 

Lalu, apa yang bisa ditambahkan dalam masakan agar rasa pahit sedikit berkurang? Biasanya saya menggunakan cara sebelum mengolahnya agar pahit pada masakan tidak terasa sekali. Apa saja itu?

1. Ada yang menyarankan menggunakan tanah liat pada saat merebus daun atau bunga pepaya. Dan ini memang sangat ampuh membuat rasa pahit pergi. Sayangnya, saya kurang suka kalau rasa pahit benar-benar hilang. Seperti makan daun singkong saja jika tidak ada rasa pahitnya. 

2. Merebusnya dengan garam. Yang satu ini saya belum pernah mencoba. Khawatir membuat masakan saya nantinya asin. Tapi bisa dicoba jika penasaran.

3. Menggunakan daun jambu biji. Campurkan beberapa lembar daun jambu biji ke dalam rebusan daun atau bunga pepaya. Cara ini paling sering saya lakukan. Bisa dicoba ya.

4. Cara keempat adalah merebus daun atau bunga pepaya dicampur dengan daun belimbing wuluh. Saya juga pernah mencoba cara ini. Rasa pahit pada daun atau bunga pepaya berkurang. 

Dari keempat cara di atas, mana yang pernah dilakukan? Atau ada yang menggunakan cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya? Silakan berbagi pengalaman ya.

#edisingebloglagi
#kuliner
#tipssederhana
#menghilangkanrasapahit

Share:

11 komentar

  1. aku suka daun ini mbak, dimasak tumis, di campur teri.
    Tapi belum pernah praktek sendiri, takut pahit banget. walhasil seringnya beli.
    lagian di sini mahal mbak, seikat daun itu (yang pasti nggak semuanya bisa dimasak) harganya sekitar 13 an ribu.

    ReplyDelete
  2. Wah, Mama aku seringnya direbus pakai tanah liat. Dan no 2-4 aku baru tahu. Lain kesempatan mau coba ah. Hihi
    Terima kasih informasinya :)

    ReplyDelete
  3. Saya suka daun pepaya yg agak sedikit pahit. Kalau bunga pepaya blum pernah makan.

    ReplyDelete