12 Februari 2019

Pemberangusan Buku

Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca.



Begitulah kira-kira bunyi sebuah pepatah lama yang masih sangat populer hingga kini. Menggambarkan tentang betapa vitalnya arti buku dan proses membaca. Hal ini tentu saja sejalan dengan cita-cita luhur Bangsa Indonesia yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 pada alinea keempat. Cita-cita luhur harus diwujudkan karena merupakan visi pendiri bangsa.

04 Februari 2019

Mengusir Kemalasan Saat NgeBlog Dengan SETIP



Pernah kah mendengar kata Setip? Hihihi ... kalau bahasa Jawa setip itu penghapus pensil. Namanya penghapus ya pastinya digunakan untuk menghapus ketika kita salah menulis.

Cara Penggunaan Cefadroxil, Dosis, dan Efek Samping


Hasil gambar untuk gambar cefadroxil
sumber foto: mediskus.com
Cefadroxil adalah antibiotik golongan sefalosporin yang digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam infeksi bakteri, misalnya untuk mengobati radang tenggorokan, kulit, dan infeksi saluran kemih. Antibiotik ini juga bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri dengan cara mengganggu pembangunan dinding sel, sehingga akan menyebabkan kematian bakteri. Selain itu juga, antibiotik ini hanya digunakan untuk infeksi bakteri dan antibiotik ini tidak akan bekerja untuk infeksi virus yang salah satunya adalah pilek dan flu. Dengan penggunaan yang tidak perlu atau berlebihan, antibiotik apa pun, dapat menyebabkan efektivitasnya menurun. Antibiotik ini juga tergolong sebagai obat keras dengan bentuknya yang seperti kapsul.

03 Februari 2019

5 Fakta Menarik Tentang Lipstik. Kamu Nomor Mana?

Hasil gambar untuk gambar lipstik wardah
tokopedia.com

 Ketika mengikuti kegiatan Bimtek KKG yang diadakan tahun 2018 kemarin, salah satu rekan Bimtek menegur saya. “Ummi pakai lipstik dong, biar nggak kelihatan pucat!”

01 Februari 2019

Bekal Makanan Diana

Ini adalah cerita anak yang berhasil lolos di Kabupaten Bogor untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi JAwa Barat dalam rangka HUT PGRI pada bulan November tahun 2018. Konon kabarnya sih masuk lima besar tingkat nasional. Meskipun hadiahnya nggak ada. Hehehe ...

Di sini saya baper sebagai penulis, ketika penghargaan dan apresiasi menjadi barang mahal saat literasi buat guru begitu didengungkan dengan hebat. Tapi saya bahagia mampu membawa nama sekolah, Kabupaten Bogor, dan tentunya Provinsi Jawa Barat. Tetap semangat!

23 Januari 2019

Tak Lagi Menjadi Siput dari Narablog



“Kenapa kamu selalu bersembunyi di dalam cangkangmu?” tanya Milo suatu hari.
Aku hanya mendengar suaranya yang sudah kuhapal. Milo, kucing dengan warna coklat yang cantik sekali.
“Keluarlah, kamu aman kok!” kata Milo.
Sedikit demi sedikit aku mengeluarkan kepala dari dalam cangkang. Cahaya matahari langsung menyambut begitu kepalaku berada di luar tempat persembunyianku.
“Kalau kamu selalu ngumpet begitu, bagaimana kamu bisa tahu tentang info menarik? Atau bagaimana kamu bisa belajar agar menjadi siput yang tak hanya bersembunyi ketika musuh datang?” Milo langsung menyerbuku dengan pertanyaan.
“Aku senang menjadi seperti ini!” jawabku.
“Itu tidak akan membuatmu menjadi Siput yang dikenal oleh orang banyak. Orang tidak akan pernah tahu kalau kamu tuh sebenarnya punya kemampuan lebih. Walaupun hanya siput, sih,” kata Milo. Kalimat terakhir diucapkan oleh Milo dengan suara yang pelan.
Aku tertawa. “Memangnya, apa kelebihanku selain pandai bersembunyi?”
Milo menepuk cangkangku dengan lembut. “Ayolah, Kawan! Aku tahu, ide-ide mu itu sebenarnya bagus banget buat dijelaskan kepada semua orang. Jangan hanya dipendam sendiri. Dan bergeraklah dengan cepat, meskipun kamu tidak secepat langkahku!” jelas Milo.
Aku masih terdiam mendengar penjelasan Milo. Aku berusaha mencerna semua perkataannya dengan baik. Milo adalah sahabatku, sahabat seekor Siput yang merasa nyaman dengan cangkang yang dimilikinya.

21 Januari 2019

Kisah Masa Lalu dari Pohon


Pernah mendengar tentang kisah buah maja yang pahit rasanya, lalu diabadikan menjadi nama sebuah kerajaan yaitu kerajaan Majapahit? Kalau saya sih, pertama kali membaca tentang asal-usul Kerajaan Majapahit saat kelas III SD. Waktu itu setiap kehabisan bahan bacaan, saya mulai mencari cari majalah milik bapak atau ibu. Majalah ibu adalah majalah Kartini atau Sarinah. Milik bapak adalah majalah Jayabaya yang berbahasa Jawa. Bahkan saya mulai ngefans sama tokoh Anglingdarma juga dari majalah Jayabaya milik bapak tersebut.

15 Januari 2019

Keseruan Memiliki Anak Laki-laki

Hasil gambar untuk gambar anak laki-laki
pixabay.com

Dikaruniai anak laki-laki atau perempuan sebetulnya sama saja, hanya berbeda jenis kelaminnya. Keduanya sama-sama amanah dari Allah yang akan diminta pertanggungjawaban.

14 Januari 2019

Gaya Rambut Leo

Ini adalah cerita fabel milik saya yang berhasil menjadi juara 2 dalam lomba yang diadakan oleh Jejak Publisher pada tahun 2018.

Add caption

           
Leo adalah seekor singa jantan yang gagah. Dia memiliki hobi yang unik, berjalan-jalan mengelilingi hutan dan menyapa semua penghuni hutan setiap pagi hari sambil memamerkan surainya yang lebat. Dari kejauhan tubuh Leo yang tegap selalu terlihat gagah saat berjalan. Apalagi surai lebatnya, akan bersinar ditimpa cahaya matahari. Dan Leo begitu bangga dengan surainya.

13 Januari 2019

5 Tips Menghadapi Anak "Bossy"

Hasil gambar untuk gambar anak bossy
health.detik.com



“Kak, beresin mainanku!” kata El suatu waktu.
“Mbak Hawa, ambilin minum. Aku haus!” perintah El di waktu yang lain.

Duh, El kok mulai sering nyuruh-nyuruh kakaknya atau mbaknya untuk hal-hal yang biasanya dia kerjakan sendiri ya. Saya kok mulai khawatir dengan sikapnya yang terkesan “bossy” ini.  Benar nggak sih sikap El yang begini?

09 Januari 2019

5 Tips Mengatasi Perilaku Remaja Agar Tidak Konsumtif

Hasil gambar untuk gambar remaja belanja
cnnindonesia.com

 “Paket!” seru pengantar paket suatu sore.
Si bungsu El paling semangat untuk mengambil paket dari mas pengantar. Padahal itu paket biasanya bukan milik dia.
Si Mbak nomor dua pasti akan membaca paket tersebut ditujukan kepada siapa.
“Kakak belanja mulu ya, Ma,” ucap Mbak Hawa.
Kebetulan si kakak masih belum pulang sekolah. Saya juga mikir, iya ya, kok si kakak belanja online lagi. Kemarin baru saja dia dapat kiriman paket, sekarang kok dapat lagi. Duh, sulungku sepertinya berubah jadi konsumtif nih! Saya nggak boleh tinggal diam, khawatir perilaku ini akan terbawa hingga dewasa.

06 Januari 2019

5 Karakter Muka Tembok


Istilah muka tembok atau bermuka tebal biasanya diberikan kepada orang yang tidak tahu malu atau yang sering dibilang sebagai orang yang urat malunya sudah putus. Siapakah orang yang bermuka tembok? Dia adalah orang yang sering melakuka kesalahan, kemaksiatan, dan kejahatan tapi masih tetap menampilkan diri sebagai orang yang terhormat, kelas satu, bahkan wajahnya akan memasang tampang bayi innocent untuk menutupi muka temboknya.

05 Januari 2019

5 Tips Agar Anak Mau Menyikat Gigi

Hasil gambar untuk gambar anak menyikat gigi
iphonelivewallpaper.blogspot.com


  “De, sikat giginya yang bener ya!” ujar saya ketika mengoleskan pasta gigi ke sikat gigi El.
“Aku aja yang nyikat!” pinta El.
 
Copyright © Dunia Lisa
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Busy Buzz Blogging