26 November 2018

Lebih Asyik ke Candi Borobudur Atau Candi Prambanan Untuk Menghabiskan Libur Akhir Tahun?

Hasil gambar untuk gambar liburan sekolah
ruangbelajarbahasainggris.com



Libur tlah tiba
Libur tlah tiba
Hore ... hore ... hore!

Apa sih hal yang membahagiakan bagi seorang guru dan murid? Yang membahagiakan bagi seorang guru biasanya nggak akan jauh dari kebahagiaan seorang murid. Lha, kok bisa? Apa hubungannya?


Iya dong! Coba, kita ingat pas zaman masih menjadi murid dulu. Saat hari libur, itulah waktu yang paling ditunggu. Guru pun juga sama. Liburan tuh hari yang paling dinanti setelah satu semester bergelut dengan angka dan target kurikulum yang terkadang membuatnya pusing tujuh keliling. Benar apa benar kalau libur juga membahagiakan guru? Benar dong! Kan guru juga manusia. Meskipun liburnya seorang guru tidak akan membebaskan dia dari tumpukan tugas kurikulum di semester depan.

Yuk, ah, kita lihat kalender! Berdasarkan kalender pendidikan, titimangsa pembagian raport adalah tanggal 15 Desember 2018. Setelah tanggal tersebut otomatis hari libur bagi anak. Persiapan pasti kan ya, buat merancang liburan seru bersama anak. Lumayan, waktu dua minggu liburan semester kali ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mau ke mana sih?

Liburan lebaran kemarin saya dan keluarga belum puas berkeliling Yogyakarta. Baru ngubek-ubek pantai di Gunung Kidul saja. Itu pun nggak semua pantai sanggup kita jelajahi, karena waktu dan acara keluarga lainnya. Selain pantai di Gunung Kidul, lebaran kemarin hanya keliling di Malioboro saja. Pokoknya masih ingin mengenalkan kepada anak-anak kalau di Yogyakarta tempat kelahiran ayahnya itu ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh anak-anak.

Hasil diskusi kami bersama duo kakak, mereka ingin menikmati liburan yang berbeda dari biasanya. Bukan pantai atau Malioboro seperti lebaran kemarin, meskipun ketika berkunjung ke sana juga belum puas. Namun, libur semester ini mereka ingin berkunjung ke bangunan yang telah melegenda di dunia dan memiliki nilai sejarah tinggi.
Wah, tempat mana tuh?

“Kita ke Candi Borobudur aja ya, Ma? Atau Candi Prambanan yang pernah kita lewati pas mau ke rumah Embah Nganjuk,” usul si sulung.
“Iya, Ma, kata Mama kan ada pertunjukan sendratari di Prambanan,” yang nomor dua ikutan nimbrung.
“Tapi aku juga pengen lihat Borobudur,” lanjut nomor dua lagi.

Nah, ke mana nih? Candi Borobudur atau Candi Prambanan keduanya adalah tempat yang menarik. Anak saya yang nomor dua pun menanyakan apa perbedaan kedua candi agar bisa menentukan pilihan. Karena nggak mungkin kalau ambil dua candi sekaligus. Maklum, masih ingin bermain seru mengunjungi pantai-pantai di Gunung Kidul dan tentu saja, budgetnya itu loh!

Apa sih, keistimewaan kedua candi tersebut? Coba kita bandingkan keduanya terlebih dahulu.

1.      Candi Borobudur

Hasil gambar untuk gambar candi borobudur
kaskus.co.id

Candi Borobudur merupakan candi peninggalan agama Budha pada masa Dinasti Syailendra yang terletak di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Memang tidak jauh dengan Yogyakarta, lokasi yang akan menjadi tujuan liburan. Candi Borobudur merupakan candi termegah yang dibangun di atas bukit batu. Candi ini berbentuk punden berundak yang terdiri dari enam tingkatan berbentuk bujur sangkar dengan empat pintu masuk dan titik pusat lingkaran. Di puncak candi terdapat stupa utama. Di sekitar dinding relief candi menggambarkan kehidupan sang Budha

Candi Borobudur terdiri dari tiga zona, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Kamadhatu terdiri dari 160 relief yang menggambarkan mengenai sifat dan nafsu manusia. Rupadhatu terdiri dari galeri ukiran relief batu dan patung budha. Diperkirakan ada 328 patung yang juga memiliki hiasan relief pada ukirannya. Sedangkan Arupadhatu merupakan tiga serambi berbentuk lingkaran mengarah ke kubah di bagian pusat atau stupa yang menggambarkan kebangkitan dunia.

Kalau ingin berkunjung ke Candi Borobudur bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika kita menggunakan bus, maka trans Yogya bisa menjadi pilihan untuk pergi ke sana. Itu jika perginya dari Yogyakarta. Bakal jauh dari bandara Adi Sucipto nih.

Oke, sekarang kita lihat Candi Prambanan yang menjadi alternatif kedua.

2.      Candi Prambanan
Hasil gambar untuk gambar candi prambanan
jejakpiknik.com
Candi Prambanan atau dikenal dengan nama Candi Roro Jonggrang  merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di wilayah Sleman Yogyakarta. Bentuk candi Prambanan menjulang tinggi berbeda dengan bentuk Candi Borobudur. Ruangan pembagian candi juga terdiri dari tiga, sama seperti Candi Borobudur. Hanya saja berbeda penamaannya. Lebih lengkapnya bisa dibaca di sini ya.

Candi Prambanan relatif lebih dekat dengan Bandara Adi Sucipto. Hmm ....

So, Pilih Candi Borobudur atau Candi Prambanan?

Melihat rute kedua candi ini, akhirnya kami memilih menghabiskan akhir tahun untuk pergi ke Candi Prambanan.

Hasil gambar untuk sendratari prambanan
simbokvenus.com
Salah satu daya tarik mengapa anak-anak tertarik ke sini adalah adanya pertunjukan sendratari Ramayana berlatarkan Prambanan pada malam hari. Mereka penasaran dengan pertunjukan seni ini. Wah, saya juga penasaran. Rasanya ingin mengenang masa kecil yang dulu suka diajak oleh orangtua melihat pertunjukan wayang orang. Saya juga ingin mengajak anak-anak untuk mengenal salah satu budaya bangsanya sendiri. Saya langsung melihat jadwalnya. Ternyata ada di tanggal yang sangat menguntungkan. Tepat pada tanggal 18 Desember 2018 ada jadwal sendratari. Asyik nih, nggak jauh-jauh amat dari libur semester anak-anak.  

Menuju kota kelahiran suami tercinta nggak mungkin kan ditempuh dengan jalan kaki. Perjalanan menggunakan kendaraan umum menjadi pilihannya. Tinggal dipilih nih, mau memesan menggunakan kereta api atau pesawat terbang. Terus terang, saya belum pernah membawa anak-anak naik pesawat. Sepertinya untuk tahun ini saya akan memilih naik pesawat.

Ceki-ceki, ternyata pemesanan pesawat dan penginapan lebih baik dilakukan dalam satu paket, yaitu memesan tiket pesawat sekaligus penginapannya, karena lebih hemat dan ekonomis. Tentu juga jauh lebih praktis dari pada memesan secara terpisah. Lumayan kan, dananya bisa dialokasikan untuk berburu kuliner atau membeli oleh-oleh untuk teman-teman sepulang liburan.

Apalagi kalau pemesanannya dilakukan di Traveloka. Kita sudah nggak perlu lagi repot-repot untuk membandingkan berbagai harga tiket dari beberapa maskapai dan tempat penginapan di Yogya. Cukup cek di halaman ini, sila ketik kota tujuan, maka kita akan mendapatkan semua informasi yang diinginkan dan langsung bisa dipesan hanya lewat keajaiban jari kita saja.


Apakah pembayarannya ribet? Tentu saja tidak! Siapa sih yang belum kenal dengan Traveloka? Traveloka menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang dapat disesuaikan dengan fasilitas yang kita punya. Lebih hemat waktu kan? Dan yang paling penting, dengan memilih paket pesawat dan penginapan jadi satu membuat anggaran menjadi lebih hemat.

Kalau sudah begini, rasanya makin nggak sabar untuk segera membagikan raport anak-anak dan terbang berlibur. Eh, Pekan Akhir Semester dulu ya, sebelum berlibur. Yuk, lihat hari libur yang bisa direncanakan untuk berkumpul bersama keluarga. Tentunya akan menyenangkan bisa merencanakan  libur tahun baru bersama keluarga dengan menggunakan pesawat dan hotel dalam satu paket.

10 komentar:

Isnania mengatakan...

Wuah, jadi kepengen liburan ke-dua candi keren itu. Traveloka memang selalu jadi andalan bunda😁

alif kiky mengatakan...

Saya suka ke candi prambanan karena ada pagelarannya 😁

lisa lestari mengatakan...

Yap, betul banget

lisa lestari mengatakan...

Nah, saya sama anak anak penasaran nih.

meilany putri mengatakan...

Mupenggg mba ahahahah

Aku nggak libur gmn dong? :(

Muhamad Septian Wijaya mengatakan...

Aku blm ke borobudur πŸ˜“πŸ˜“ prambanan udah. Di depannya doang tapi..

lisa lestari mengatakan...

Cuti...hihihi

lisa lestari mengatakan...

Ke sana lagi bang.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Memang lebih praktis ke Prambanan karena di pinggir jalur Jogja-Solo . Beda dengan Borobudur yang agak nyengkleng..(opo yo Bahasa Indonesianya hahah)

Siip..kalau Traveloka aku juga dah langganan Mbak Lisa

Muyassaroh mengatakan...

Mending ke mana? Ke Prambanan aja karena sy belum pernah. Kalau Borobudur udah pernah. Itu pun pas SMP dulu, alamak udah lama sekali nggak traveling hihi

Posting Komentar

 
Copyright © Dunia Lisa
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Busy Buzz Blogging