17 Desember 2017

Mengintip Milad Tiga Tahun Blogger Muslimah Indonesia;

Salah satu ruangan di Proxsis


Blogger Muslimah Indonesia merupakan komunitas yang digawangi oleh Mbak Novia Syahidah Rais. Dibentuk pada tanggal 1 Desember 2014 untuk menggugah para muslimah agar terus menulis, terutama di media online yang bisa diakses oleh siapa saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Para Muslimah akan menuliskan berbagai informasi lalu membagikan karya-karyanya di blog sebagai bahan edukasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Ingin lebih banyak tahu tentang Blogger Muslimah Indonesia? Bisa klik di sini ya.

Pada tanggal 10 Desember 2017, bertepatan hari Minggu, Blogger Muslimah menggelar acara Milad Tiga Tahun di Permata Kuningan Building, lantai 17, tepatnya di Proxsis Counsulting Group Kawasan Episentrum Kuningan, Jakarta Selatan. Acara yang digelar cukup sederhana, tapi mampu membuat peserta yang terpilih dalam acara tersebut berdecak kagum. Acara Milad tiga tahun Blogger Muslimah ini, hanya memilih 30 peserta dengan waiting list yang lumayan banyak. Jadi, bagi peserta yang terpilih tentu saja merupakan suatu kehormatan bisa hadir dalam acara tersebut.

Mengambil salah satu ruangan dalam Permata Kuningan Building, yaitu di Proxsis CounsultingWorking Space, tempat kami dengan berbagai latar pekerjaan yang berbeda berkumpul untuk merayakan tiga tahun Blogger Muslimah. Tempat yang menjadi pilihan Blogger Muslimah ini patut diacungi dua jempol. Selain nyaman, tempat ini juga menampilkan kesan fun. Dihias dengan balon-balon khas acara ultah, semakin menampilkan kesan menyenangkan untuk menjadi perhelatan acara dan mengikuti acara demi acara yang diadakan selama kurang lebih enam jam. Proxsis merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi. Yang ingin menggunakan jasanya bisa intip di web proxsisgroup.com  atau bisa juga mengunjungi Instagramnya dengan alamat https://www.instagram.com/proxsisconsulting/.

Milad kali ini Blogger Muslimah mengusung tema “Muslimah di Era Digital”. Acara milad dimulai dengan regristrasi ketika peserta datang pertama kali. Para peserta diperbolehkan foto-foto di sekitar tempat, terutama di ruangan yang akan digunakan sebelum acara berlangsung. Regristrasi dan pengambilan gambar ini cukup lama lho, yakni satu jam.
Founder Blogger Muslimah
Nah, setelah usai melakukan regristrasi, sambil menunggu peserta acara lengkap, panitia memutuskan untuk tetap melanjutkan sesuai jadwal. Acara dilanjutkan dengan pembukaan dan dan sambutan yang diisi oleh founder Blogger Muslimah Indonesia, yaitu Mbak Novia Syahida Rais. Beliau menyampaikan awal berdiri Blogger Muslimah, wanita-wanita di balik layar yang mengelola Blogger Muslimah mulai dari web atau media sosial lainnya. Sehingga kami menjadi tahu sosok hebat yang meluangkan waktunya untuk mengembangkan Blogger Muslimah. Kami juga tahu program apa saja yang dilaksanakan oleh Blogger Muslimah, mulai dari Postingan Tematik, One Day One Post, dan Kajian Muslimah. Mengusung Membaca Dunia Menulis Semesta, Mbak Novia Syahida Rais menyampaikan juga kegiatan rutin yang diadakan oleh Blogger Muslimah, yaitu Edu Visit. Wah, nggak kebayang serunya ya, setiap acara yang diadakan oleh Blogger Muslimah.
Mas Adit
Sambutan berikutnya adalah dari Mas Aditya Akila, sebagai perwakilan dari Proxsis. Beliau mengapresiasi sekali dengan adanya komunitas blog untuk muslimah. Meskipun ada juga komunitas para blogger yang diketahui oleh Mas Aditya. Dan baru kali ini Blogger Muslimah mengajak Proxsis untuk bekerjasama dengan menggunakan salah satu ruangan Proxsis.

Setelah acara sambutan, ada materi pertama tentang Kepribadian Muslimah yang disampaikan oleh Mbak Ratih dengan tema Recognising Ourselves and Others. Materi ini diberikan agar para muslimah mudah dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang yang ada di sekitar. Materi disampaikan dengan santai, sehinggga mampu mengajak peserta untuk bertanya lebih detil dengan materi. Bahkan secara nggak langsung ada juga peserta yang mengajukan curhatan berdasarkan materi yang diberikan. Apa saja sih materi yang dismpaikan oleh Mbak Ratih?
Mbak Ratih
Salah satu materi pokok adalah tentang DISC, yaitu alat tes psikologi yang digunakan untuk mengenal karakter dan kepribadian yang telah mengalami perkembangan dari jaman Yunani Kuno, dikembangkan lagi oleh Hipocrates, hingga William. DISC ini merupakan pengelompokan karakter sesorang, yaitu:
1.      Dominance / Dominan dengan kata kunci Tegas.
2.      Influence / Intim, dengan kata kunci Komunikatif.
3.      Compliance / Cermat, kata kunci yang mudah ingat adalah Perfeksionis
4.      Stadines / Stabil, kata kuncinya Loyal.
Keempat kepribadian tersebut memiliki ciri-ciri dengan kelebihan dan kekurangannya. Mbak Ratih menggambarkan Disc ini dengan mudah sekali disertai contoh dalam kehidupan yang bisa kita jumpai. 
DISC
Langkah-langkah mempelajari DISC adalah:
1.      Mengerti, mengerti mengapa seseorang melakukan hal yang dilakukannya.
2.      Mengenali, akan memudahkan kita mengenali seseorang ketika berinteraksi.
3.      Adapting.
4.      Menerapkan kelebihan dan kekurangan sehingga akan memberikan apresiasi saling menghargai.

Pesan Mbak Ratih di akhir materi adalah:
1.      Jangan latah atau jangan ikut-ikutan
2.      Berhati-hati dalam memillih teman. Boleh membaur tapi tidak boleh melebur.
3.      Tetaplah menjaga hati dan pikiran agar tidak ada pikkiran buruk singgah.
4.      Sertakan Allah dalam setiap kegiatan.
Yang membuat peserta milad cukup deg-degan adalah Mbak Ratih mengadakan tes kepribadian untuk mengetahui kepribadian kita termasuk yang mana. Tes dengan memilih jawaban paling mendekati dari keempat pilihan jawaban yang disediakan dalam waktu yang ditentukan. Hmm, apa ya hasil tes kepribadian masing-masing peserta? Yang pasti jawabannya hanya peserta yang tahu.

Merelaksasi dari materi yang cukup mendebarkan, panitia telah menyiapkan Coffee Break dengan makanan yang enak sekali. Para peserta milad diminta untuk berganti kostum dengan menggunakan kostum yang telah disediakan oleh panitia hasil kerjasama dengan Ethica Fashion. Makin cantik dan percaya diri ketika kami memakai gamis salah satu produk dari Ethica yaitu  Seply yang berbahan lembut, model kekinian, warnanya pun serasi dengan kita hingga kami selfi-selfi cantik sambil memamerkan gamis cantik ini.
Nyaman dengan gamis Seply dari Ethica
Gamis cantik Seply ini dipadupadankan dengan bros cantik dari salah satu sponsor acara milad ini, yaitu ArdinaCraft dan bandana rajut dari Hana.

Sibuk berselfie ria tidak lantas membuat kami melupakan kebutuhan perut yang meminta janji untuk diisi. Menu makan siang kali ini Blogger Muslimah bekerjasama dengan Ayam Bakar Bahagia. Wah, pertama kali mendengarnya langsung terbayang dalam benak. Jika Ayam Bahagia ini dibuat dengan rasa bahagia. Atau dalam benak saya, muncul filosofi bahwa Ayam Bahagia ini akan mampu menghadirkan kebahagiaan dan mengembalikan senyum bagi siapa saja yang sudah menyantapnya. Silakan cek di instagramnya https://www.instagram.com/ayambahagia/
Ayam Bahagia
Menu yang sudah disiapkan adalah seporsi nasi pulen, ayam, tempe goreng, kerupuk, sayur asem, dan sambal sebagai menu pelengkap. Rasanya luar biasa cocok dengan lidah, bahkan kurang banyak untuk ukuran perut saya. Hehehe...
Bagi yang ingin memesan Ayam Bahagia bisa mendapatkan di berbagai kota ya. Karena Ayam Bahagia ini juga ada di Depok, Kota Wisata Cibubur, Kemayoran, Harapan Indah, Pisangan, dan tentu saja Ayam Bahagia yang kami nikmati saat acara Blogger Muslimah ini berasal dari Ayam Bahagia Gading yang beralamat di Jalan Kelapa Kopyor Raya Blok O1 No 12A Kelapa Gading – 08111868900.

Acara makan siang sudah selesai dengan menyisakan perasaan bahagia, lanjut dengan materi kedua, yaitu materi SEO yang diberikan oleh Coach Riandi Rahmat spesialis dari digitalfinger.id
Coach Riandi Rahmat
Coach Rian memaparkan tentang perbedaan SEO dan SEM dengan kelebihan dan kekurangannya. Coach Rian juga menjelaskan tahapan untuk melakukan SEO agar mencapai hasil maksimal. Tahapan tersebut adalah:
1.      Persiapkan Website yang akan dioptimasi
2.      Riset Kata Kunci
3.      SEO on Page
4.      SEO off Page

Tak kalah penting kita harus mengisi web kita dengan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung web kita. Coach Rian juga mengatakan bahwa keyword yang tepat sasaran akan memudahkan mesin pencari google dalam menempatkan web kita di ururtan teratas mesin pencari google.

Acara Milad tidak hanya sampai di sini, masih ada pembagian hadiah dan doorprise yang dibagikan oleh panitia. Rasanya lengkap sekali kemeriahan acara kali ini dengan berbagai hadiah buat peserta. Bahkan kami peserta masih diberikan kesempatan untuk berfoto ria dengan salah satu sponsor yaitu Supertwin Shop. Jaket keren kebanggaan Blogger Muslimah dengan logo Blogger Muslimah di bagian belakang.

Supertwin Shop adalah toko online yang didirikan pada tanggal 22 September 2014 oleh seorang statistisi dan penulis dengan nama pena  Aisya Avicenna yang juga merupakan anggota dari Blogger Muslimah. Toko ini terus menghadirkan produk-produk berkualitas buatan dalam negeri. Tidak hanya jaket, Supertwin Shop menyediakan juga produk jas hujan, aneka hijab, buku, dan tas. Bisa dicek di websitenya www.supertwinshop.com.

Terima kasih Blogger Muslimah, semoga di usianya semakin memberi manfaat bagi para muslimah untuk lebih dapat mengembangkan kemampuannya. Aamiin...

4 komentar:

April Hamsa mengatakan...

Alhamdulillah seneng banget ya bisa ikutan milad ketiga Blogger Muslimah. Udah lama gak ngerasain atmosfer kyk gtu, seneng banget :D
Hadiah2nya jg banyak banget, pulang2 bawa oleh2 banyak hehe

Dian Restu Agustina mengatakan...

Senengnya bisa kopdar sama Mbak Lisa di acara ini. Semoga kita juga semakin sukses bersama Blogger Muslimah ya Mbak:)

lisa lestari mengatakan...

Benar sekali.. Senang pak3 banget mbak april

lisa lestari mengatakan...

Aku juga senang bangeeet... Aamiin

Posting Komentar