Wajib Disimak! Inilah Gejala dan Cara Mendeteksi Kanker Payudara

Gejala dan cara mendeteksi kanker payudara

Kanker payudara adalah momok bagi wanita, karena jarang diketahui gejalanya dari luar. Ketika Anda merasakan sesuatu yang kurang beres lalu periksa ke dokter, ternyata sudah stadium 2. Daripada terlambat, lebih baik simak gejala dan cara mendeteksi kanker payudara yang dipaparkan di bawah ini.

Beberapa Gejala Kanker Payudara

Inilah beberapa gejala breast cancer yang wajib Anda ketahui.

1. Puting Terasa Nyeri

Pada umumnya, puting terasa sakit ketika wanita akan menstruasi atau saat menyusui. Namun jika puting masih terasa nyeri setiap hari, waspadalah. Apalagi jika ada cairan yang keluar dari puting, padahal Anda tidak sedang menyusui. Segera periksa ke dokter untuk mendapat keterangan tentang gejala dan cara mendeteksi kanker payudara dari ahlinya.


2. Ada Benjolan Pada Bagian Bawah Ketiak

Ketika bercermin, Anda merasa aneh karena ada benjolan di ketiak? Rabalah baik-baik dan pastikan itu bukanlah lemak. Ketika ada benjolan dan terasa keras, bisa jadi itu gejala kanker payudara stadium awal, karena jaringan payudara ada hingga ke bagian ketiak. Ketika jaringannya bermasalah dan jadi benjolan, segera berangkat ke Rumah Sakit.

3. Payudara Memerah

Gejala dan cara mendeteksi kanker payudara wajib Anda hafalkan agar bisa dicegah sejak awal. Ciri kanker yang selanjutnya adalah ketika payudara berubah warna jadi merah. Waspada ketika warnanya terlihat aneh, apalagi ketika kulit payudara menebal. Jangan merasa takut untuk berkonsultasi ke dokter, karena penyakit ini bisa disembuhkan.

4. Tiba-Tiba Ada Benjolan Di Payudara

Jangan sepelekan ketika ada benjolan di payudara, walau hanya sebesar kelereng. Anda tidak tahu benjolan itu ternyata lemak atau jaringan kanker. Jadi, ketika sudah mengetahuinya, jangan malah pergi ke dukun. Dokter akan memeriksa dengan teliti dan menjelaskan apakah itu kanker atau tidak.

Cara Mendeteksi Kanker Payudara

Ada beberapa cara mendeteksi kanker payudara dan Anda tidak harus pergi ke laboratorium atau periksa ke dokter untuk mengetahui apa ada kanker pada tahap awal.

1. Bercermin

SADARI (periksa dengan tangan sendiri) adalah cara memeriksa kanker di rumah. Cara pertama adalah dengan bercermin dan amati, apakah payudara terlihat masih berwarna normal, atau malah menggelap dan kemerahan? Waspadalah ketika warnanya terlihat aneh.

2. Angkat Tangan dan Amati

Amati payudara ketika salah satu tangan terangkat, untuk mengetahui gejala dan cara mendeteksi kanker payudara. Ketika tangan ada di atas kepala, apakah bentuk payudara terlihat aneh? Kadang gejala kanker stadium awal terlihat dari bentuk payudara kanan dan kiri yang berbeda. Jadi, jangan sepelekan ketika ada keanehan pada buah dada Anda.

3. Raba Dengan Tangan Untuk Mengetahui Gejala Dan Cara Mendeteksi Kanker Payudara

Rabalah payudara kanan dengan tangan untuk mengetahui, apakah ada benjolan di puting atau di bagian bawah ketiak. Seperti yang sudah disebutkan di atas, di bawah ketiak juga dilewati jaringan payudara, jadi gejala kanker juga bisa terlihat di sana.

Periksalah puting baik-baik. Ketika tidak ada benjolan, apakah sakit ketika dipencet? Apa bentuk puting malah masuk ke dalam? Cairan yang keluar dari puting juga harus diwaspadai, setelah Anda memencet dan merabanya dengan tangan. Ketika cairan itu bukan ASI, maka bisa jadi ada sesuatu yang salah dengan payudara Anda.

Gejala dan cara mendeteksi kanker payudara bisa Anda amati sejak awal. Lihatlah warna buah dada dan raba baik-baik saat bercermin. Waspadalah ketika ada jaringan yang keras atau terlihat aneh, baik di payudara apapun di bagian ketiak. Periksa dengan rabaan tangan, di depan cermin, jadi Anda bisa tahu kondisi payudara sehat atau tidak.

Berikut  penjelasan gejala dan cara mendeteksi kanker payudara, untuk info lebih lanjut coba cek ke https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/.

Share:

0 komentar