Yuk, Bermain Ayunan!


Siapa yang kecilnya suka banget main ayunan? Syuuut ...! rasanya enak banget kan? Seperti terombang-ambing di atas ayunan. Apalagi kalau yang mendorong ayunannya sekuat tenaga. Rasanya seperti terbang ke angkasa. Hahaha... udah menghayal masa kecil nih!

Masa kecil saya, bapak membuatkan ayunan pohon. Kebetulan rumah dinas bapak dekat dengan SD tempat tugas beliau. Di pinggir lapangan berjajar pohon akasia yang batangnya besar-besar. Tempat asyik saya ketika siang hari sepulang sekolah. Memanjatnya dan duduk di atas pohon untuk membaca buku. Dari sini lah Bapak membuatkan ayunan agar saya tidak manjat-manjat lagi. (Padahal setelah puas main ayunan saya tetap memanjat dan nangkring di atas pohon. Hahaha ....)

Ternyata, semakin ke sini model ayunan juga makin beragam ya. Bahkan ayunan pohon sudah mulai jarang ada. Mari berkenalan dengan model ayunan yang selalu menjadi favorit anak-anak sejak dulu hingga kini.

1.    Ayunan Kuno
Menurut Majalah BOBO, konon di Inggris terdapat ayunan yang dibuat pada tahun 1926. Hingga kini bentuk maupun warna ayunan ini tidak berubah dan masih berfungsi dengan baik.

Ayunan ini dibuat oleh Pak Charles Wicksteed. Ayunan dengan tinggi sekitar 3,6 meter ini diletakkan di taman bermain Wicksteed di Kettering, Northamptonshire, Inggris.

Nah, sejak adanya ayunan ini, berbagai ayunan mulai dikenal dan diproduksi di seluruh negara.

2.    Ayunan Pohon

Hasil gambar untuk gambar anak bermain ayunan
wanitapendidik.blogspot.com

Ayunan jenis ini diikatkan pada dahan pohon yang batangnya besar. Biasanya pohonnya juga rindang, sehingga membuat sejuk dan nyaman yang bermain di sini. Ini lah model ayunan masa kecil saya.

3.    Ayunan Kursi

Hasil gambar untuk gambar ayunan kursi
indotrading.com

Namanya saja sudah ayunan kursi, sudah pasti bentuknya juga seperti kursi. Biasanya ayunan jenis ini diletakkan di teras atau di dalam rumah. Duduk di ayunan kursi sambil membaca buku, wah, asyik banget ya!

4.    Ayunan Ban

Gambar terkait
pixabay.com

Pernah melihat ayunan yang terbuat dari ban bekas? Agar lebih menarik, ban bekas yang akan dijadikan ayunan akan dicat aneka warna. Kemudian, ban akan diikat dengan tali atau rantai besi. Yang ingin bermain ayunan jenis ini harus duduk di tengahnya, lalu ... syuuut!

5.    Ayunan Besi

Hasil gambar untuk gambar anak bermain ayunan
bukalapak.com

Kalau zaman dahulu ayunan lebih banyak dibuat dari bahan kayu, sekarang sudah banyak model ayunan yang terbuat dari besi. Biasanya aynan jenis ini banyak kita jumpai di taman-taman atau tempat bermain yang ada di sekolah. Warna dan bentuknya juga lebih beragam. Terkadang ayunan ini muat untuk 2-4 anak. Wih, bisa main bareng yang lainnya ya. Pasti makin seru!

6.    Ayunan Rotan

Hasil gambar untuk gambar ayunan kursi
indotrading.com

Ini dia ayunan kekinian, yang makin ngetrend. Bentuknya yang unik berbeda dengan model ayunan pada umumnya, menjadikan ayunan ini disukai oleh orang-orang. Warnanya pun bervariasi, bia disesuaikan dengan interior rumah sehingga makin mempermanis rumah.

Dengan banyaknya model ayunan yang ada, keselamatan anak ketika bermain ayunan tetap menjadi perhatian. Jangan sampai ketika bermain ayunan dengan temannya, ayunan didorong dengan kencang sehingga menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Dari model-model ayunan di atas, kamu, suka ayunan yang mana?

Share:

0 komentar