Pantai Nguyahan, Tempat Asyik Buat Belajar


Koleksi pribadi

“Mama, ini Patrick temennya Spongebob kan?” kata Mbak Hawa.
“Betul sekali. Tahu nggak, Mbak? Dia berkembangbiaknya apa?”
“Fragmentasi ya, Ma. Aku dengernya pas Mama jelasin ke anak les.”

Saya senang sekali, pilihan pergi ke pantai kali ini tidak sia-sia. Pantai yang belum terkenal banget oleh wisatawan dari luar, cukup membuat kami meneruskan untuk tanya jawab tentang pengetahuannya.


“Oh, ya, Ma. Dari pantai sini apakah benar kita nanti bisa membuktikan bahwa bumi memang benar bulat?” tanya Mbak Hawa lagi.
“Bisa dong! Kita tunggu kapal itu berlayar agak jauh. Lalu, Mbak Hawa amati bagaimana kapal itu makin mengecil.”

Kami berdua lantas mengamati sebuah kapal yang melintas. Kata suami, itu kapal dari pantai Ngrenehan melintas ke Pantai Ngobaran. Mata Mbak Hawa nggak berkedip. Kapal yang terombang-ambing oleh ombak laut terlihat makin mengecil.

“Mama!” teriak Mbak Hawa. “Benar kapalnya makin mengecil. Nggak kelihatannya perlahan-lahan. Badan kapal nggak semuanya langsung hilang,” sahut Mbak Hawa dengan antusias.

Saya hanya membenarkan pernyataannya dengan anggukan kepala sambil tersenyum. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari lagi di pantai ini. Nggak hanya bermain air saja. Bahkan seru-seruan menangkap ikan-ikan kecil dan mengenalkan kepada El kecil tentang binatang yang hidupnya di air. Tentang batu-batuan yang ada di pantai dan sedikit membedakan jenisnya. Ini lah Indonesia anakku, kaya dengan keindahannya dan kaya akan ilmu pengetahuan.

Eh, sebenarnya kami ada di mana sih? Kok dari tadi hanya keseruan mengeksplore alam. Jreng ... jreng ... jreng.... Kami ada di salah satu tempat wisata pantai Indonesia tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Ini lah Pantai Nguyahan Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai yang belum begitu terkenal ini, letaknya cukup jauh dari Kecamatan Saptosari. Dibilang belum terkenal juga enggak sih ya, karena pas kami ke sana, banyak mobil dan sepeda motor yang terparkir di halaman pantai. Mungkin hanya belum dikelola oleh pihak pemerintah, sehingga hanya warga yang saya lihat berjaga di setiap tikungan dan menjadi penunjuk arah saat ada beberapa orang yang ingin menuju pantai. Bahkan kami juga tidak dikenai biaya masuk ke lokasi pantai. Entahlah, apa karena suami orang asli Wonosari, sehingga kami masuk gratis. Yeaayy ...!!! Hahahaha ...


Di lokasi pantai Nguyahan ini ada dua pantai lagi sebelumnyanya. Pantai Ngobaran dan pantai Ngrenehan. Duh, saya bingung membedakannya. Yang pasti ketiga pantai ini kata suami saling berhubungan.  Sebelum sampai di pantai Nguyahan, kami melewati pantai Ngobaran yang spot buat fotonya bagus banget. Sayangnya paksu nggak kasih izin buat kami sekadar narsis sebentar. Katanya di pantai Ngobaran kita nggak bisa turun ke lautnya, hanya bisa ambil foto. Ya sudah, kami manut dan akhirnya kami menuju Nguyahan yang tidak terlalu jauh dari Ngobaran.

Jujur, saya dan anak-anak baru pertama kali ke pantai. Rasanya senang sekali saat kaki menginjak pasir pantai. El kecil senangnya bukan main ketika dia bisa menangkap ikan-ikan kecil dan berlomba dengan kakaknya. Berada di pantai ini puas rasanya melihat gulungan ombak yang datang dan pergi menuju tengah laut. Suara ombak mampu membuat El kecil ketakutan sesaat. Alhamdulillah, setelahnya dia gembira lagi berlomba untuk menangkap ikan.

Ketika berada di pantai, bukan berarti kegiatan yang bisa lakukan hanya bermain air saja ya. Ada banyak hal yang bisa kita kenalkan ke anak-anak sebagai pembelajaran. Wah, apa saja ya, agar berlibur ke pantai ini bukan sekadar melihat laut.
  1. Pertama kali saya mengenalkan tentang ciptaan Allah. Sepanjang perjalanan saya ajak El kecil (kami menuju lokasi meminjam sepeda motor milik keponakan suami) yang kebetulan di motor bersama saya menikmati indahnya alam. Jadi kami lebih banyak berhenti sehingga suami sebentar-sebentar harus menunggu saya yang lama kok nggak kelihatan.
   2. Kepada yang nomor dua, Mbak Hawa saya kenalkan tentang batuan, bagaimana bukti bahwa bumi itu bulat dari kapal yang berlayar, dan tentang binantang yang ditemui di pantai. Kita bisa mengenalkan tentang alat pernapasan ikan atau ciri khusus yang dimiliki oleh binatang tersebut. Sains juga bisa dikenalkan dari hanya berkunjung ke pantai ya.
  3.  Mengajak anak-anak bermain kata dari hal-hal yanga da di pantai. Bagian ini hanya saya dan duo kakak El yang bermain. Diselingi suami yang kadang-kadang ikut nyahut. Seolah-olah mereka bercerita dan sambung menyambung dari kata tersebut. Misalkan begini, saya menemukan bintang laut, lalu saya buat kalimatnya dan akan dilanjutkan oleh si sulung dan bersambung ke mbak Hawa. Terkadang berhenti di mbak Hawa karena dia agak kesulitan melanjutkan. Tidak apa-apa, yang penting anak akan belajar mengolah kata dari sebuah benda.
  4. Mengajak belajar berhitung kepada El kecil dan Mbak Hawa saat kami menemukan berbagai bentuk batuan yang unik dan lucu. Atau menghitung banyaknya ikan yang berhasil ditangkap. Rasanya seru ketika El menghitungnya terkadang loncat dari satu nomor tiba-tiba ke nomor lain. Dan kami akan tertawa bersama.
   5. Mengajarkan kebersihan kepada anak-anak. Saya tekankan untuk tidak membuang sampah apa pun ke pantai. Alhamdulillah, anak-anak sudah terbiasa untuk hal ini.

Itu lah keseruan kami selama berkunjung ke pantai saat libur lebaran kemarin di Gunung Kidul tempat abinya anak-anak dilahirkan. Semoga lebaran tahun ini bisa kembali mudik dan mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

Jika ingin tahu destinasi wisata di Malang, bisa baca di sini.

#liburanlebaran2018
#pantainguyahan
#gunungkidul

Share:

7 komentar

  1. Aku pernah ke pantai ngrenehan-ngobaran-ngunyahan juga mba. Paling suka ngobaran, karena ada pura nya...kayak di Bali ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak. Tapi waktu itu nggak ke sana. Hanya lihat saja. Padahal spot fotonya bagus ya. Nanti lagi ah ke sana.

      Delete
  2. Wah, cantiknya. Setahu saya pantai-pantai di Gunung Kidul memang masih alami dan indah. Saya cuma pernah ke Pantai Baron. Mungkin segaris dengan Pantai Nguyahan ini.
    Betul, Mbak. Pergi ke Pantai bisa bnget dijadikan sarana belajar untuk anak-anak. Sip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, Pantai Baron jusru saya belum tahu. Kata suami rame banget kalau pantai ini. GUnung Kidul memang banyak pantai.

      Delete
  3. Waah .., ada pantai bary lagi di GunKid.
    Kali ini nama pantainya pantai Nguyahan ...

    Keren banget memang pantai-pantai di GunKid, bikin pengin mengeksplore kesana lagi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Kak, kata suami masih banyak pantai yang memang belum tereskpos. Yuk, ke sana kak, eksplore pantai-panai yang ada di Gunung Kidul

      Delete
  4. Wah, saya belum mampir ke pantai ini saat ke Jogja dulu. Insyaallah kalau ke Jogja lagi saya pengen mampir nih

    ReplyDelete