Lenovo Thinkbook Plus Pakai Layar E Ink! Ketahui Dulu E Ink vs LCD Mana yang Terbaik?


Sumber : pocket-lint.com

Saat ini, laptop sudah menjadi kebutuhan untuk semua kalangan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Para pekerja kantoran menerapkan Work from Home, mahasiswa dan para siswa mulai dari tingkatan terendah hingga tertinggi juga memanfaatkan teknologi, salah satunya menggunakan laptop. Karena kehadirannya yang mulai dibutuhkan, penting bagi kita ya, untuk memilih jenis laptop sesuai dengan kebutuhan. Tentunya sesuai juga dengan kantong ya, jangan sampai pilih laptop hanya berdasarkan gengsi tapi abai dengan isi dompet. Bisa-bisa menjerit itu dompet. 

Beberapa merk laptop pastinya memiliki keunggulan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumennya. Kamu tinggal pandai-pandai memilih dan memilahnya sebelum memutuskan untuk membelinya. Salah satu produsen laptop yang terus berinovasi untuk mengeluarkan seri terbaru adalah Lenovo. Laptop dengan merek ini, sudah nggak diragukan lagi deh. Seri laptop yang dikeluarkan oleh Lenovo sudah banyak dan rata-rata cocok di kantong masyarakat Indonesia. Nah, kali ini Lenovo mengeluarkan seri yang bagus banget. Yuk, simak keunggulannya!

Lenovo Thinkbook Plus kini sudah resmi hadir di Indonesia. Laptop satu ini membawa desain yang sangat cocok untuk para pebisnis modern. Salah satu keunggulannya yaitu memiliki teknologi layar ganda untuk mendukung produktivitas pekerjaan Anda. 

 

Laptop satu ini punya layar utama selebar 13,3 inci dengan panel IPS dan resolusi full HD. Sementara itu pada layar kedua memiliki teknologi E-Ink dengan ukuran 10,8 inci dan punya fitur touchscreen. Berbicara soal E-Ink, anda pasti penasaran apa beda layar ini dengan LCD. Untuk itu di bawah ini akan di baha secara detail.

Apa Itu Layar E-Ink?

Thinkbook Plus dipakai untuk Lenovo sebagai layar kedua pada label screen yang dimiliki. E-Ink umumnya menampilkan teks hitam dan putih, layer ini disebut sebagai kertas elektronik karena terlihat lebih mirip dengan kertas dari pada layar biasa atau LCD.

Nah seperti diketahui, LCD merupakan layar yang sama dengan layar komputer atau layar smartphone bahkan layar televisi. bayar ini bisa menampilkan warna dengan kecepatan refresh yang cepat. Selain itu juga punya antar muka lebih baik  dan bisa menampilkan animasi yang halus bahkan saat nonton video dan bermain game.

Perbedaan Layar E Ink vs LCD

Beberapa perbedaan diantara keduanya bisa anda lihat berikut ini.

       Layar Di Bawah Matahari

Saat berada di bawah matahari anda tentu merasa silau ketika melihat ke layar LCD. Hal ini tidak berlaku pada layar E-Ink, karena layarnya tidak hilang sama sekali dan tetap tampak jelas menampilkan halaman ketika anda berada cuaca panas terik. Padahal saat menggunakan LCD tentu ada silau di mana-mana ketika membaca dibawa matahari. Lenovo Thinkbook Plus bentuk berinovasi untuk menghadirkan layar yang memanjakan mata anda.

       Membaca Dengan Mode Malam

Saat membaca di malam hari yang memiliki cahaya minim, layar LCD punya beberapa tapi yang agak mengganggu. Tapi pada layar E-Ink hal ini tidak terjadi sama sekali karena layar tersebut punya cahaya yang terintegrasi. Jadi sangat cocok ketika anda membaca di ruangan gelap bahkan di tempat tidur karena layarnya tidak cerah sehingga menyilaukan mata orang di sebelah anda.

       Konsumsi Daya

Untuk konsumsi daya sendiri layar E-Ink jauh lebih hemat daripada layar LCD. tablet dengan layar LCD harus di isi ulang daya setiap beberapa hari sekali. Sementara untuk layar E Ink, bahkan ketika anda pergi selama berminggu-minggu perangkat anda tidak perlu diisi ulang. Serta sangat mudah dibawa kemana saja bahkan ketika anda berkemah di padang gurun dengan listrik yang minim.

       The Eyestrain Debate

Layar E-Ink disebut-sebut membantu mengurangi ketegangan mata ketika ditatap dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentu lebih mengesankan ketimbang menatap layar LCD yang akan terasa perih ketika dilakukan berjam-jam. Wajar saja Lenovo Thinkbook Plus harga cukup mahal karena yang menggunakan layar yang dioptimalkan untuk melindungi mata anda

Nah sekarang anda tentu sudah tahu perbedaan layar E-Ink dengan layar LCD pada perangkat tablet atau laptop. Bagi Anda yang sedang mencari Lenovo Thinkbook Plus, kunjungi Blibli untuk mendapatkan laptop terbaik ini. Di Blibli laptop Ini dibanderol dengan harga 23 jutaan saja, dengan garansi resmi yang punya durasi cukup panjang yaitu selama 3 tahun.

 

Share:

1 komentar

  1. kirain "Layar di Bawah Matahari" menyimpan tenaga matahari kyk solar cell gitu, haha

    ReplyDelete