Ini Dia Tahapan-Tahapan dan Lama Proses Waktu Melahirkan Bagi Kucing

 

kucing melahirkan


Dalam kurun waktu yang tidak jauh, saya menerima enam ekor bayi kucing dari dua induk kucing yang berbeda. Satu ekor berasal dari induk kucing yang biasa numpang makan di rumah. Satu lagi memang dari induk kucing yang saya pelihara, namanya Mili. Masing-masing induk kucing ini melahirkan tiga ekor bayi kucing yang lucu dan gemesin. Bahkan hanya dengan melihatnya saja, saya sudah merasa sangat senang dan bisa tersenyum sendiri.

Sebenarnya, apakah kucing akan memberikan tanda-tanda menjelang kelahiran anaknya? Yap, secara tidak langsung induk kucing yang akan melahirkan anaknya atau waktu melahirkannya sudah dekat, maka induk kucing akan memberikan tanda-tanda sebagai berikut:

1.     Induk kucing akan mencari tempat tersembunyi untuk melahirkan

Ini menjadi ciri yang mudah diamati. Ketika kucing di rumah akan melahirkan, biasanya dia akan mencari tempat tersembunyi untuk melahirkan. Entah itu di dalam lemari pakaian, lemari buku, atau di kolong tempat tidur. Saya kalau sudah melihat gelagat ini, biasanya akan langsung waspada untuk mengunci semua lemari pakaian agar tidak menjadi sasaran untuk tempat melahirkan bagi induk kucing.

Kalau dia kucing peliharaan saya sendiri, biasanya saya arahkan untuk melahirkan di dalam keranjang yang memang sudah disiapkan untuk melahirkan. Sayangnya, induk kucing juga lebih suka melahirkan di tempat yang dia pilih sendiri.

2.     Bersikap lebih manja dari biasanya

Entah merasa kesakitan dengan perutnya atau apa, induk kucing biasanya akan bersikap lebih manja menjelang proses melahirkan. Misalnya saja dia akan naik ke pangkuan pemiliknya atau minta dielus-elus. Ini berlaku untuk kucing yang memang sengaja saya pelihara, ya! Sayangnya, di rumah itu sering menjadi sasaran induk kucing darai luar peliharaan sekadar untuk menumpang melahirkan tanpa sepengetahuan saya. Tahu-tahu ada bunyi anak kucing di bawah kolong tempat tidur. Dan uniknya lagi, yang numpang melahirkan ini akan membawa anak-anaknya pergi setelah usia anak satu atau dua bulan. Jadi, rumah semacam klinik bersalin buat dia.

3.     Mengeluarkan cairan dari kelenjar susunya atau jalan lahirnya

Induk kucing akan mengalami ini jika dia akan melahirkan anaknya. Cairan ini keluar dari kelenjar susunya atau dari jalan proses lahirnya.

 4.     Lebih banyak mengeong dari biasanya

Sambil mencari tempat, induk kucing juga akan mengeong lebih banyak dari biasanya. Semacam memberi tanda jika waktu melahirkan sudah dekat. Sebagai pemiliknya, biasanya saya seperti hapal bunyi meongnya. Seolah-olah saya ikut mersakan kesakitan dari perutnya yang akan melahirkan.

 5.     Menjilat-jilat tubuhnya

Menjelang waktu lahiran, kucing akan terlihat terengah-engah dan menjilati jalan lahirnya.

tanda kucing melahirkan


Nah, jika kamu sudah tahu ciri-ciri kucing akan melahirkan, maka kamu juga perlu tahu tahapan-tahapan proses kucing melahirkan.

1.     Tahap persiapan

Setelah menunjukkan ciri-ciri kucing yang akan melahirkan dan itu merupakan tahapan persiapan. Biasanya tahapan ini memakan waktu dua hingga tiga hari lamanya sebelum proses melahirkan.

2.     Tahap melahirkan anak kucing

Ada yang pernah menunggui kucingnya yang sedang melahirkan? Pada tahap melahirkan anak kucing, induk kucing akan mengeluarkan cairan bening kemudian disusul dengan keluarnya anak kucing. Biasanya waktu yang dibutuhkan tidak pernah lama. Nggak sampai 5-10 menit dari cairan bening yang keluar, anak kucing juga akan segera keluar.

Setelah anak kucing keluar, induknya akan menjilati anaknya hingga bersih. Ini proses yang selalu bikin saya terharu dan menangis. Bahkan proses menjilati anak kucingnya ini bisa sampai bersih.

3.     Tahap mengeluarkan plasenta

Selain anak kucing yang keluar, induk kucing juga akan mengeluarkan plasentanya. Berbeda dengan anaknnya yang dijilati hingga bersih, plasenta kucing yang dikeluarkan setelah anaknya ini akan dimakan oleh induknya. Jadi, kamu jangan kaget kalau kucing kesayanganmu melakukannya. Plasenta akan keluar dalam waktu 5-10 setelah anak kucing yang keluar.

Saya bahkan pernah mengambil plasenta anak kucing ini sewaktu induk kucing milik saya melahirkan. Saya melakukannya karena tetangga yang meminta. Tetangga ini percaya kalau berhasil menyimpan plasenta kucing maka akan melahirkan dengan mudah seperti kucing melahirkan. Sayangnya, dua kali saya mencuri plasenta induk kucing, dua kali pula tidak berhasil memilikinya. Pasti hilang ketika proses menjemurnya.

Baca juga: Cara Menunjukkan Kasih Sayang Terhadap Kucing

Nah, bagaimana dengan waktu yang diperlukan oleh induk kucing saat melahirkan satu anak dengan anak lainnya? Bukankah kucing tidak melahirkan anak hanya satu ekor saja?

Yap, induk kucing selalu melahirkan lebih dari satu anak kucing. Perbedaan waktu melahirkan anak kucing yang satu dengan lainnya, biasanya berbeda dengan setiap kucing. Ada induk kucing yang hanya butuh beberapa menit memulihkan tenaga setelah kelahiran anak pertamanya lalu lanjut melahirkan anak keduanya. Ada induk kucing yang membutuhkan waktu hingga satu jam istirahat sebelum mengeluarkan anak keduanya. Rata-ratanya induk kucing membutuhkan waktu 4-6 jam untuk melahirkan anak-anaknya. Tapi ada juga yang lebih dari waktu ini.

Jika induk kucing peliharaanmu membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk melahirkan anak keduanya, kamu harus segera menghubungi tenaga medis. Siapa tahu, kucingmu membutuhkan penanganan yang lebih untuk proses melahirkannnya. Bisa jadi ada hal yang membahayakan induk kucing serta anaknnya. Kamu nggak ingin terjadi sesuatu, kan dengan binatang peliharaanmu?

Itulah tahapan-tahapan kuicng akan melahirkan dan lamanya proses melahirkan kucing peliharaanmu berdasarkan yang saya amati selama ini.


 

 

 

Share:

9 komentar

  1. Jujur aku ga pernah lihat kucing lahiran tau-tau di rumah banyak kucing aja punya mertua heheu tapi emang suka sembunyi gitu ya kalo lahiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, sering tersembunyi. Seolah menyembunyikan anak-anaknya agr tidak dimangsa atau diganggu binatang lainnya. Itu yang aku amati

      Delete
  2. Wah, Mbak Lisa ini cat lover, yaa... Pantesan bisa detail banget menjelaskan proses melahirkan kucing.
    Saya tidak memelihara kucing, tapi gudang barang bekas pernah ditempati kucing tetangga buat melahirkan. Tau2 sudah ada ngeong2 rame-rame, gitu.
    Nah, yang plasenta dimakan induknya ini saya baru ngeh. Ada mitosnya juga ternyata tentang plasenta ini. Ya udah gapp biar dimakan induknya ajalah ya. Hitung2 jadi semacam "jamu kuat" gitu kali, yaa, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, entahlah. Biasanya gudang emang bakal jadi sasaran empuk buat lahiran induk kucing.

      Delete
  3. Wah, lumayan lama juga ya waktunya buat ngelahirin beberapa anak kucing. Sejujurnya saya suka dengan kucing, tapi saya kurang suka kalau mesti merawat karena saya geli sendiri kalau pegang gitu...hiks. Kalau lihat sih gemes, ya apalagi kalau kucingnya lucu...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, di rumah tuh, pas dulu masih sekolah, aku dianggap dukun beranak kucing, karena kucing mbak, mas, dan adik selalu lahiran di kasurku. Jadi, sejak SD rasanya aku sudah senang lihat proses melahirkan kucing. Bahkan aku masih suka nangis lihat bisa lahiran sendiri tanpa dibantuin

      Delete
  4. Aku senyum senyum baca poin 2. Rumah mba Lisa semacam klinik bersalin kucing hihi.
    Jujur aku nggak pernah liat kucing melahirkan. Tiba2 induk pindahan bayi2 kucingnya ke rumah kami.

    ReplyDelete
  5. Jadi inget waktu pulang kuliah nungguin kucing ibu yg lagi lahiran :') lama banget dan kasian lihat induk kucingnya, tapi sekarang induknya udah mati dan anaknya udah berkembang biak semua

    ReplyDelete
  6. Nggak pernah liat kucing ngelahirin padahal banyak kucing dikompleks ku, mungkin ya karena mereka cari yang tersembunyi buat ngelahirin

    ReplyDelete