Tips Mengatasi Ketakutan Anak Terhadap Hewan


“Ayo, Sayang, buruan diambil mau bawa mainan apa ke ambunya,” kata saya kepada El, si bungsu. Maklum, dia akan berangkat bersama kami. Saya mengantar anak nomor dua ke sekolahnya, menitipkan El kepada ambu pengasuhnya, dan si sulung bareng saya menuju ke sekolah.




“Iya,” dengan cadel El menjawab sambil sibuk mengambil kantong kresek untuk membawa Robocar Polinya.



Saya pun kembali mengambil jaket dan menyiapkan keperluan El di belakang. Tak lama kemudian, saya mendengar suara cadel El.



“Mbok, tuyun dayi motoy dede, tuyun!” berkali-kali El meminta kucing yang suka nebeng makan di rumah bareng pus rumah untuk turun. Saya hanya sekilas melongoknya. Nggak pernah berpikir kalau El akan melakukan sesuatu kepada simbok kucing. Tiba-tiba ....



“Mama ...! Akiiit!” Suara tangis El mengagetkan saya yang masih menyiapkan sayur makan El. Dengan panik saya berlari ke depan, takutnya dia terjatuh. Dua kakaknya juga bergegas menghampiri adiknya.



“Dede kenapa?” serempak kami bertiga menghampiri El.


Bocah dua tahun itu sambil menjerit menunjukkan tangan kanannya yang berdarah. Lima goresan memanjang dari punggung telapak tangan hingga ke pergelangan tangan. Saya sedikit bergidik ngeri, duh, pasti sakit banget. Pantas El menjerit kencang.

Saya bergegas memeluknya, mendekapnya, dan berusaha menenangkannya. Sambil menenangkan, saya oleskan pelan-pelan obat herbal di tangannya, walaupun saya tahu, dia pasti akan bertambah menjerit. Maklum, agak-agak lebai nih bocah kalau nangis. Dalam hati berdoa, semoga nggak dalam serta tidak menimbulkan trauma ketakutan terhadap kucing.

Ya, El kecil dicakar kucing liar, bukan kucing peliharaan kami. Kalau kucing yang kami pelihara, nggak akan berani melakukan tindakan sekejam ini. Bisa saya embargo jatah makan siangnya. Hahaha....

Pernahkan anak Bunda mengalami hal seperti El? Karena satu dan yang lain hal, anak menjadi takut terhadap binatang. Apakah El setelahnya trauma? Alhamdulillah, tidak. Sesudah dicakar, sorenya dia manggil-manggil lagi simbok untuk masuk rumah dan makan nasi jatah dia.

Jika ada salah satu anggota keluarga terutama anak pernah mengalami hal yang sama dengan El, dicakar atau mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari binatang tersebut, Bunda bisa berikan tips-tips berikut untuk mengurangi  ketakutan buah hati terhadap binatang:

1       1. Kenali terlebih dahulu sebab keyakutan anak terhadap binatang. Apakah karena orang tua yang suka menakut-nakuti anak agar mau melakukan sesuai keinginan orang tua sehingga menggunakan dalih tersebut? Misalkan begini, ada orang tua yang suka mengatakan begini, “Ayo makan, kalau tidak dihabiskan nanti digigit kucing lho!” Lha, nyambungnya ke mana ya? Atau, “Ayo, tidur. Nanti dimakan anjing!” dan banyak lagi ungkapan yang sebetulnya salah tapi digunakan untuk menakuti anak dengan dalih pembenaran. Jika ini yang terjadi, maka orang tua harus terlebih dahulu mengubah kebiasaan tidak baiknya tersebut.

2     2. Apabila anak sudah cukup besar, tanyakan alasannya kenapa dia takut terhadap binatang. Apakah sama kasusnya seperti El, karena pernah digigit atau disakiti?
     
3    3. Kalau sudah diketahui sebab dan alasan ketakutan anak, maka kenalkan secara bertahap kepada anak dengan cara memberikan pengalaman positif. Tentu saja secara perlahan dan bertahap ya. Bisa dimulai dengan menceritakan sebuah dongeng dengan tokoh hewan, mengajak anak bermain peran tentang tokoh hewan tersebut. Dari dongeng yang dibacakan atau saat bermain peran, jangan lupa untuk menyelipkan nasihat agar menyayangi hewan.

4     4. Mengenalkan kepada anak hewan-hewan melalui gambar.

       5. Bisa juga mengajak anak untuk memberi makan hewan tersebut, sambil mengajarkan kepada anak bagaimana memperlakukan hewan agar tidak dicakar atau digigit.

     6. Sesekali ajak anak ke Pet Shop agar anak juga mengenal secara langsung binatang yang membuatnya takut itu tidak menyeramkan.

Jadi, bagaimana Bunda? Semoga tips di atas membantu agar anak tidak takut lagi terhadap binatang. Karena binatang juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang perlu kita sayangi juga.

Share:

40 komentar

  1. Mbak, anakku sempat takut sama kucing..punya tetangga, padahal anggora lho..jadi si kucing ini sebenarnya cuma mau main. Tapi karena badannya yang gede, bulu lebat, hitam..anakku jadi ngelihatnya kok ngeri..
    Tapi makin besar enggak lagi sih..
    Makasih tipsnya, bermanfaat ini:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixxi.. Iyo mbak, karena badannya gede jadi medeni. Alhamdulillah kalau sekarang enggak takut lagi

      Delete
  2. Si Najwa gitu Mbak. Gara2 pernah dicakar juga, skrg gak mau dekat2. Skrg mau rada anti sm binatang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh mbak, abine juga kecilnya dulu begitu. Eee nikah sama aku, pecinta kucing. Hahahahha

      Delete
  3. Alhamdulillah, anak-anak saya gak ada yang takut dengan binatang. Yang kecil malah, senang sekali dengan binatang, lihat binatang apa pun pasti dia dekati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya cikgu. Anak anak di rumah juga senang dengan binatang

      Delete
  4. Anakku sih sebetulnya pemberani, cuma akunya yang gelian sama hewan. Sama kucing aja aku njerit, anakku malah yang ngelindungin, hihii jadi terharuu..

    ReplyDelete
  5. tetanggaku juga ada yg takut kucing. padahal kucing lucu ya. cm aku malas kalau di deketin kucing. suka ngusel2 dikaki.

    ReplyDelete
  6. Saya waktu kecil suka banget sama kucing, sampai 7 ekor di rumah. Dan cuma satu yang matinya ketemu, yang lain entah mati di mana. Kata orang kucing memang misterius soal tempat matinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kasihan. Alhamdulillah kucing di rumah matinya selalu ketahuan dan akhirnya dikubur

      Delete
  7. Aku takut banget am uler mbak. Lebih ke geli sih. Tapi Alhamdulillah anak aku masih kecil berani, bahkan ngebet banget klo liat binatang...

    ReplyDelete
  8. Kucing mang binatang yg lucu. Apalagi kalau lagi laper...

    ReplyDelete
  9. Wah, boleh juga Mba tipsnya. Tapi utk hewan tertentu aku tetep gak berani...hihihi

    ReplyDelete
  10. wah ini sih tips penting buat masa depan aku hehe... maklum masi lajang.

    ReplyDelete
  11. Wah kucing sering banget dulu waktu kecil saya gendong kmana2 mbak. Makasih ya tipsnya

    ReplyDelete
  12. Saya suka hewan, kucing, anjing dll jd anak2 jg gak takut kalau deket2 hewan2 ini. Tapi saya benci kecoak dll, kalau liat mereka saya tereak2, cuma gak takut, hanya risih, eh anak2 ikutan tereak2 kalau liat kecoak dll itu. Jd saya simpulkan anak takut krn kita jg takut.AKhirnya skrng saya kalau liat kecoak action dulu, sambil jelasin aja itu hewajn menjijikan tapi gk usah takut hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk... Betul mbak, ketakutan memang terkadang melihat dari yang kita contohkan.

      Delete
  13. Kalu saya takut sama anjing, soalnya pernah diisengin orang di jalan, suruh anjingnya ngejar-ngejar saya dan seorang teman, sampai sendal kami ketinggalan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga pernah dikejar anjing, tapi nggak kapok. Hahaha, masih suka sama hewan berambut ini

      Delete
  14. Dari ketiga trio krucilsku, satu yg takut kucing nih
    Tp kayaknya krn dulu ibunya juga takut kucing hahaha
    Tp lama2 kyknya berubah krn adik2nha suka bgt makah am
    Kucing

    ReplyDelete
  15. Anakku paling takut sama lalat masa mbak... hihihi... kalo ada lalat satu saja sudah heboh pakai banget dia..

    ReplyDelete
  16. Saya udh bukan anak2 lg, tapi masi takut sama kecoa terbang. Gak ada trauma, gak pnah ditakut2in. Cuma kyanya kecoa terbang itu menyeramkan

    ReplyDelete
  17. Kasian ya kalau anak2 jadu trauma sama binatang jadi gampang geli an... Tapiemang hrs di biasakan biar ga berkelanjutan

    ReplyDelete
  18. boleh ku praktekkan nnti klo udh nikah mba hehehe, maklum masih singleeee

    ReplyDelete
  19. Ada nggak sih Mba, batasan di mana upaya kita itu 'enough'? Maksudnya, menyayangi kan nggak harus juga berani berdekatan, bisa lewat cara lain, hehehe. Soalnya siapa tahu ada phobia yang memang sulit dienyahkan.

    ReplyDelete
  20. mbaak, makasih tips2nya.. Saya kadang2 suka ajak anak nonton nat geo wild. Tapi memang bagi dia sih binatang2 buas itu bagi dia udh agak menyeramkan dari wajah hewan tersebut yang garang dan ganas hahahaa. Tapi kalau yang lucu kayak kucing seneng banget. kebetulan di rumah ortu saya ada kucing yg suka tidur di teras, jd anak saya suka ajak ngobrol :D

    ReplyDelete
  21. Anakku kadang suka kucing kadang takut hihi. Sering kan kucing liar masuk rumah, soalnya kami tidak pelihara kucing. Tapi dulu lajang aku suka pelihara kucing. Boleh deh ikutin tipsnya nati nyobain ke petshop biar makin suka kucing.

    ReplyDelete