03 Januari 2019

5 Tips Jitu Bantu Suami Berhenti Merokok

Hasil gambar untuk gambar rokok
liputan6.com



Saya kalau ditanya oleh orang lain, apa sih rahasianya bisa bikin suami enggak ngerokok lagi? Di sini nih, saya langsung bingung mau jawab apaan. Lha, saya itu sejak menikah dengan suami pada tahun 2000 nggak pernah mengultimatum dia untuk berhenti merokok. Padahal saya tahu, suami perokok sejak SMP. Kadang terdengar celetukan dari teman-temannya yang tahu bagaimana dia merokok sebelum menikah.


“Lu dijampi-jampi si Sri ya, sampek bisa berhenti merokok dengan tiba-tiba?”

Eh, iya juga sih ya. Ketika selesai akad nikah, suami memang nggak terlihat mengisap rokok seperti biasanya. Waktu itu saya pikir, karena ada ibu nggak enak kalau terlihat sebagai mantu perokok. Hihihi... ternyata setelah sampai di tempat kerja, suami menolak dan mengatakan tidak merokok lagi tanpa paksaan dan pemberitahuan kepada saya! Ajaib ya?

Entahlah, apakah itu memang kekuatan cinta atau apa. Eaaa... hehehe, baper deh!
Sejak awal sebelum menikah, dia memang bertanya kepada saya tipe suami yang diinginkan selain yang sudah dia ketahui. Saya jawab langsung kalau saya nggak suka laki-laki perokok. Karena sejak kecil saya nggak pernah lihat bapak atau pun kakak laki-laki saya merokok. Saya sendiri juga bisa sesek nafas saat ada yang merokok. Mungkin itu lah yang menjadi alasan dia berhenti merokok dan memutuskan untuk tidak menyentuh rokok kembali!

Yang pasti, saya tidak pernah meminta dia untuk tidak merokok lagi atau melarangnya. Bahkan ketika suatu hari setelah bertahun-tahun tidak merokok dia tergoda kembali untuk merokok, dia bilang rasanya kok jadi pahit ya. Dan dibuanglah rokok itu. Saya sih hanya tersenyum dan memujinya.

Pernah kah merokok kembali?
Pernah, suami pernah melakukannya tanpa sepengetahuan saya ketika diPHK dari pekerjaannya. Saya yang memiliki penciuman tajam, segera bertanya. Saya hanya bilang, sedang ada masalah apa, kok merokok kembali? Sebab, saat dia gundah dan ada yang sedang dipikirkan, mungkin dengan merokok dianggap sebagai pelampiasannya. Habis itu suami tidak merokok lagi setelah ngobrol dari hati ke hati dengan saya.

Di sini saya akan coba berbagi tips nih, meskipun saya tidak melakukannya tapi setidaknya tips ini banyak benarnya kok!

Apa yang sih, yang harus dilakukan oleh para istri untuk membuat suaminya berhenti merokok? Ini dia tips nya:

Beri Dukungan Penuh Kepada Suami Untuk Berhenti Merokok.

Hasil gambar untuk gambar suami istri
inspiradata.com
Ini yang pertama kali harus dilakukan agar suami benar-benar berhenti merokok. Mustahil kan, kalau orang terdekat dengan suami nggak ikut mendukungnya? Apa kata dunia nanti? Berikan dukungan penuh cinta saat suami menyatakan keinginannya untuk berhenti merokok. Karena dilihat dari sudut mana pun, merokok itu nggak ada untungnya.

“Mengingatkan” bukan “Menceramahi”

Gambar terkait
dream.co.id
 Dua kata ini berbeda lho ya! Ingat, nggak ada satu makhluk pun yang rela diceramahi. Semuanya akan nggerundel kalau sudah mendengar ceramah, apalagi ceramah agar berhenti merokok. Sebagai istri kita hanya perlu mengingatkan saja, bukan menceramahi. Misalnya kita menyatakan rasa senang saat dia mulai mengurangi porsi merokoknya. Ungkapkan betapa bahagianya bahwa hari itu suami berhasil mengurangi asap. Atau ingatkan ketika dia hendak merokok, bahwa asapnya membahayakan orang-orang yang dia cintai di rumah. Atau bisa juga hanya dengan mengingatkan bahwa ada anak loh, malu kalau terlihat merokok.

Alihkan Perhatian Suami ketika Keinginan Merokok Tiba-tiba Muncul

Hasil gambar untuk gambar permen
tribunnews.com
Ada kalanya keinginan untuk merokok kembali itu ada, walaupun sudah berhenti. Nah, saat seperti ini cobalah untuk mengalihkan perhatian suami agar tidak merokok dengan cara memberikannya permen atau mengajaknya melakukan aktivitas yang menyenangkan baginya.

Mengajak Suami ke Tempat yang Tidak Memungkinkan Untuk Merokok

Hasil gambar untuk gambar bioskop
tribunnews.com
Ketika kita memutuskan untuk bepergian dan suami ingin merokok, sebaiknya kita mengajaknya pergi ke tempat yang tidak mengizinkan pengunjung buat merokok. Misalnya ruangan berAC atau tempat umum lainnya. Bisa nih diajak ke restoran atau nonton film.

Bantu Suami Untuk Meredakan Kecanduan Merokoknya

Hasil gambar untuk gambar suami istri olah raga
konfrontasi.com
Ketika suami memutuskan untuk berhenti dari sesuatu yang telah lama dia lakukan, pastilah akan mengalami fase kecanduan. Bisa saja akan muncul perasaan cemas, emosional, stres, atau kehilangan selera makannya. Tugas kita sebagai istri untuk meredakan kecanduannya. Kita bisa mengajaknya untuk menekuni kegiatan baru seperti berkebun, berolah raga bersama, atau melakukan hal-hal menyenangkan lainnya berdua untuk mengurangi kecanduan tersebut.

Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community

#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day3

34 komentar:

innaistantina mengatakan...

suami dan kakak-kakak laki saya tidak ada yang merokok, tapi dulu bapak saya termasuk pecandu, sehari entah berapa putung rokok ludes. sampai ibu harus ngumpetin rokok tiap bapak abis beli. waktu itu akhirnya berhenti sendiri, karena makin sepuh dan aneka penyakit yang muncul karena rokok.

btw, selamatttt ya mb, bener-bener kekuatan cintaaaa itu segalanya yaaakkkk

Nychken Gilang Bedy S mengatakan...

Suami saya tidak merokok Mba. karena saya ngga punya suami. hiya hiya

lisa lestari mengatakan...

Hahahahaha....betuuull
Biasanya ketika usia sudah sepuh baru berhenti ya.

lisa lestari mengatakan...

Wkwkwkwk...

denik mengatakan...

Mantap Mba tipsnya.

Muhamad Septian Wijaya mengatakan...

Kekuatan cinta omaigat...
Melebihi kekuatan bulannya sailormoon 😂😂

Ludyah Annisah mengatakan...

Nah, bisa nih mba buat saya terapin ke ayah saya biar stop merokok. Thanks sharingnya ya mbaaa ��

lisa lestari mengatakan...

Hihihi....makasih mbak

lisa lestari mengatakan...

Wkwkwkwk..iya bang. Betul itu

lisa lestari mengatakan...

Sama sama mbak

fajar herlambang mengatakan...

sebetulnya diri sendiri lah yang bisa menstop bener bener minat merokok, dibantu dengan istri yang selalu mengingatin . sayangin anak anak dari asap rokok

sri sekartadji mengatakan...

Hi, mb salam kenal. Wah ini tips yang saya cari, mbak. Soalnya suamiku perokok berat, susah stopnya. Terimakasih sharingnya.

lisa lestari mengatakan...

Betuuul itu.

lisa lestari mengatakan...

Sama sama mbak. Semoga membantu

Mega Kartiwan mengatakan...

Dulu suami ngerokok..semenjak program hamil berenti..eeh semenjak hamil ngeroko lagi ampe sekarang...drumah sih jarang ngerokonya karna aku pasti omelin, tapi aku gtw kalo dikantor..

Bener yah mba harus didukung yah sama diajak ke tempat berAC saja hihi

Ruhama Azmi mengatakan...

Berhasil ga mba?
Aku mah klo belum dari keinginan sendiri dari suami ga bisa mba

steffifauziah mengatakan...

Wah semoga sekarang suami sudah enggak merokok lagi ya mba. Alhamdulillah saya punya suami, bapak dan bapak mertua enggak ada yang merokok. Paling om-om atau sepupu aja yang merokok, itu juga biasanya saya omelin kalo deket-deket wkwkw.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Mantul tipsnya Mbak..

Suamiku enggak merokok dari muda, tapi tiba-tiba merokok saya anakku meninggal dunia. Pas aku hamil lagi , berhenti dan enggak merokok sampai kini.

lisa lestari mengatakan...

Hihihi..iya mbak. Biar keinginan merokok nggak terkabul.

lisa lestari mengatakan...

Betul mbak harus dari keinginan sendiri. Itu tips ala saya. Kata orang the power of love. Hahaha

lisa lestari mengatakan...

Alhamdulillah udah enggak mbak. Apalagi punya anak cowok. Dia takut juga kalau anaknya lihat bapaknya ngerokok

lisa lestari mengatakan...

Pelampiasan kali ya mbak saat itu.

Ayashadanica Aldea Khusna mengatakan...

Ayahku sudah berhenti merokok karena selalu kuingatkan. Tetapi, terima kasih tips nya.

Dwi Arum mengatakan...

Bener mba mengingatkan bukan menceramahi. Biasanya orang semakin diceramahi semakin menolak/marah.

Yasinta mengatakan...

Duuh mbak pengen banget suami bisa berhenti merokok. Cuma ternyata harus keinginan dan niat dari dia nya ya. Kalau dipaksa malah marah

hani mengatakan...

Alm ayah dulu merokok. Suami juga dulu merokok smp punyak anak ke 2. Udh itu berhenti sendiri. Saya engga nyuruh. Anak cowo engga merokok. Menantu cowo engga merokok, tapi ibunya merokoknya kuat.
Haha...gitu deh...Orang merokok itu kadang ndablek (maaf), sulit dikasih tahu. Hebat suami Mbak berhasil berhenti...

Nyk Mlg mengatakan...

Suami sayajuga gk merokok lgi setahun setelah pernikahan kami, tepatnya thn 2000. Tp awalnya krn sakit dan disarankan dokter untuk smntara tdk merokok. Sebulan kemudisn stlh sembuh suami mencoba merokok. Yang dibeli bukan rokok biasanya, tapi rokok murahan. Jd otomatis gk cucok. Sejak itu sudah gk bersentuhan dgn rokok. Sudah 19 thn... Hehe

Yanti Ani mengatakan...

Untung Suami saya tidak merokok, jadi gak ribet. Tapi salut buat para istri yang bisa membantu suami mereka berhenti merokok

Fuatuttaqwiyah El adiba mengatakan...

alhamdulilah punya suami nggak merokok. Jadi rumah bersih tanpa asap rokok. memang harus dari kesadaran diri sendiri.

Evita FL mengatakan...

Terima kasih tipsnya mba... alhamdulillah di keluarga inti g ada yg merokok. Mulai dr bapak, adik lelaki bahkan suami aman g merokok 😊

dewi apriliana Ujianti mengatakan...

Waah perlu dicoba ini. Suamiku belum berhenti merokok , mbak.. hiks..
Baru tahap mengurangi jumlah merokok, katanya

Bety Kristianto mengatakan...

Memang ya merokok itu membuat kecanduan banget. Dan untuk mengobati kecanduan diperlukan kesabaran. Patut dicoba ni tipsnya mba Lisa. Makasih ya sharingnya

Tatiek Purwanti mengatakan...

Wah, suami Mbak Lisa udah sadar dari lubuk hati terdalam itu :) Kalau dari diri sendiri, biasanya akan bertahan lama. Hebat itu. Karena setau saya ga mudah kalau udah kecanduan.

Menurutnya saya, semua pecandu bisa berhenti asal mau dan dengan niat kuat. Tuh kalau pas puasa kok bisa, ya. Nah, tinggal diterusin aja sampe lebaran, sampai bulan2 selanjutnya :)

Alhamdulillah, sih. Bapak saya, adik2 cowok dan misua saya gada yg merokok. Tapi dari saudara ipar ada sih yg udah nyandu. Makasih sharingnya :)

Emmy Herlina mengatakan...

Alhamdulillah, saya dan suami sama2 gak tahan ASAP rokok malahan. Hihihi. Jadinya gak ada yg merokok di rumah kami.

Posting Komentar

 
Copyright © Dunia Lisa
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Busy Buzz Blogging