Peranan Jasa Desain Grafis dalam Membangun Brand Bisnis di Tahun 2020


Anda menawarkan jasa desain grafis? Di tahun 2020 nanti, bersiaplah untuk menghadapi lebih banyak permintaan.
Pasalnya, tahun 2020 digadang-gadang akan semakin banyak sektor yang melengkapi bidang pemasaran dengan digital marketing. Sektor bisnis akan lebih mudah dalam memenuhi segala kelengkapan market aset pada brand produknya. Mulai dari desain company profile, desain logo, desain kartu nama, dan desain-desain lain yang berhubungan dengan alat kepentingan perusahaan.
Dengan demikian, jasa desain grafis untuk saat ini menjadi sebuah layanan yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis untuk menyediakan kebutuhan market aset brand bisnis masing-masing. Bagi Anda yang berkecimpung dalam industri bisnis, berikut ini akan disajikan segala informasi mengenai jasa desain grafis dan manfaatnya bagi brand Anda di tahun 2020 nanti.
 Pengenalan Seputar Jasa Desain Grafis
Jasa Desain Grafis
Jasa desain grafis merupakan perorangan atau badan yang khusus memberikan layanan dalam hal seni berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar kepada para kliennya.

Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Pada awalnya penyediaan jasa desain grafis hanya untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Namun, saat ini jasa desain grafis telah merambat dalam bidang media elektronik, yang disebut dengan desain interaktif atau desain multimedia. 
Dengan teknologi yang semakin berkembang dan persaingan bisnis yang semakin ketat, maka jasa desain grafis melebarkan sayapnya untuk bidang-bidang yang lebih kecil seperti jasa pembuatan logo dan jasa desain kartu nama.
Namun perubahan fungsi tidak mengubah unsur dalam desain grafis. Unsur-unsur desain grafis tetap diterapkan oleh para penyedia jasa desain grafis dalam menyuguhkan kreativitas mereka membuat seni desain grafis.
Unsur-unsur tersebut meliputi bentuk, tekstur, warna, dan visualisasi. Begitu pula dengan prinsip desain grafis, para penyedia jasa desain grafis tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip desain grafis berupa keseimbangan, ritme, tekanan, proporsi, kesatuan dan aspek-aspek struktural yang lebih luas.
Seorang desainer yang menawarkan jasa desain grafis kepada para kliennya harus menguasai lima dimensi wawasan, yaitu teknologi, sains, seni, sosial budaya, dan falsafah etika.
Jadi, dengan begitu luas wawasan para desainer penyedia jasa desain grafis, maka memungkinkan untuk dapat berkontribusi dan berperan terhadap market aset brand sebuah perusahaan.
Bermodalkan wawasan yang cukup, kemudian spesifik lagi bidang layanannya yang semula jasa desain grafis secara umum, menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.  Seperti jasa desain kartu nama, jasa desain banner, jasa pembuatan logo, jasa desain brosur, dan lain sebagainya.

Tugas Desainer Dalam Lingkup Jasa Desain Grafis

Desainer merupakan sebuah profesi yang tidak dapat dilepaskan dari industri kreatif, karena setiap produk yang didesain selalu menggunakan berbagai media. Selain itu, desainer harus mempertanggungjawabkan atas kreativitas dan kemampuan desainnya sendiri.
Ada tugas-tugas yang harus dikerjakan seorang desainer dalam lingkup pekerjaannya sebagai penyedia jasa desain grafis.
 1.  Membuat desain yang sempurna dan mengandung unsur seni, visual, dan bahasa
Seorang desainer pada jasa desain grafis harus mampu memadukan unsur seni, visual dan juga bahasa. Pemakaian bahasa pada desainnya harus benar dan disesuaikan dengan desain yang dibuat. Penggunaan bahasa akan memudahkan dalam penyampaian pesan dalam desain tersebut.
Jadi, desain yang dibuat bukan hanya unik saja, melainkan mengandung makna yang disesuaikan dengan target desainnya.

2.   Menciptakan karya visual yang komunikatif

Tugas kedua seorang desainer adalah untuk memberikan solusi dan memecahkan masalah yang muncul dalam ruang lingkup tertentu pada kliennya.
Karya tersebut harus berupa visual yang dapat mengajak masyarakat tertuju pada produk dalam desain karya tersebut.
 3.  Membuat inovasi baru yang sesuai dengan perkembangan zaman
Perkembangan zaman akan mempengaruhi selera dan gaya pandang masyarakat terhadap suatu karya. Maka dari itu, desainer grafis dituntut untuk selalu kreatif dan memiliki wawasan yang baru dalam menghadapi perkembangan zaman.
Tanpa melakukan sebuah inovasi, maka desain yang dibuatnya akan terkesan norak dan kuno.
 4.   Menyampaikan pesan dengan cara unik
Ketatnya persaingan bisnis saat ini, menyebabkan perusahaan banyak yang menawarkan produk barang dan jasa. Untuk masalah ini, desainer atau jasa desain grafis dituntut agar dapat mengasah kreatifitas dalam penyampaian pesan suatu desain.
Pesan tersebut bisa disampaikan dengan cara mengangkat fenomena yang terjadi di masyarakat agar lebih mudah dipahami.
 5.    Membuat desain yang informatif, penuh makan dan persuasif
Seorang desainer grafis dalam melaksanakan tugasnya harus mampu memainkan emosional dari para audiensnya. Seperti perasaan senang, sedih, marah, takut, terkejut, terkesan, dan lain sebagainya.
Desain yang digunakan untuk menyentuh perasaan tersebut harus informatif, penuh makna, dan persuasif. Sehingga dapat dirasakan oleh audiens secara langsung maupun tidak langsung.
Tips Untuk Memilih Jasa Desain Grafis
Jasa Pembuatan Logo
Dalam memilih jasa desain grafis untuk brand produk bisnis anda, cukup mudah namun perlu hati-hati.
Dikatakan mudah karena saat ini jasa desain grafis sudah ada dalam berbagai bentuk digitalisasi. Ada yang memanfaatkan website pribadi, website layanan freelancer, sosial media, dan lain sebagainya.
Namun, anda juga harus hati-hati dalam memilih karena bisa saja anda memilih jasa desain grafis yang salah dan berimbas pada kerugian bagi brand produk bisnis anda.
Selain itu, rawan juga terjadi modus penipuan melalui media internet. Dalam memilih jasa desain grafis secara online, anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan brand produk bisnis anda terlebih dahulu.
Misalnya anda ingin membuat logo perusahaan, sebaiknya cari desainer khusus jasa pembuatan logo. Atau jika ingin membuat kartu nama, maka pilihlah desainer khusus pada jasa desain kartu nama.
Selain itu, pengenalan tentang jasa desain grafis yang bekerja secara online perlu anda lakukan.
Berikut ini tips-tips yang dapat anda lakukan untuk memilih jasa desain grafis online untuk market aset brand bisnis anda.
 1.  Memilih proyek yang sesuai keinginan
Seperti yang telah dibahas di atas, sesuaikan dengan proyek anda, misalnya memilih jasa desain kartu nama, jasa pembuatan logo, jasa desain brosur, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui proyek anda secara jelas, maka jelas pula jasa desain grafis yang akan anda pilih.
 2.  Memilih jasa desain grafis yang berpengalaman
Jasa desain grafis yang berpengalaman sudah pasti terpercaya, karena pengalaman merupakan nilai penting dalam sebuah kelayakan.
Dengan nilai pengalaman yang dimiliki jasa desain grafis tersebut, anda akan dapat mengukur kelayakannya jika anda harus menggunakan jasanya.
 3.  Memilih jasa desain grafis yang lokasinya strategis
Ada baiknya anda memilih jasa desain grafis yang memiliki lokasi fisik usaha. Meskipun segala diskusi dan transaksi dilakukan dengan online, anda harus tahu lokasinya untuk menghindari permasalahan yang sangat fatal. Sebaiknya pilih jasa desain grafis yang mudah dijangkau atau mudah diakses.
 4.  Memilih jasa desain grafis yang menyanggupi deadline kerja
Selanjutnya, anda harus mempertimbangkan deadline kerja yang disanggupi oleh para penyedia jasa desain grafis tersebut. Tanyakan kepada pihak desainer, timeline yang disanggupinya dan tawarkan pula timeline yang anda minta.
Jika, desainer menyanggupi timeline yang anda tawarkan, maka anda bisa melanjutkan kerjasama dengan desainer tersebut.
 5.  Mengetahui portofolio desainer
Portofolio perlu anda ketahui sebagai bahan dasar penilaian anda terhadap desainer yang menyediakan jasa desain grafis.
Anda dapat meminta portofolio langsung dari desainer grafis. Dengan menilai portofolionya, maka anda tidak perlu susah payah dan repot mencari tahu mengenai informasi desainer tersebut dari pihak lain.
 6.  Mempertimbangkan biaya
Jangan menyepelekan faktor biaya jasa yang ditawarkan desainer kepada anda. Anda harus melakukan perbandingan biaya terlebih dahulu, sebelum melakukan transaksi kepada desainer grafis tersebut.
Anda harus dapat mempertimbangkan kelayakan biaya pekerjaan yang diminta oleh desainer grafis. Pastikan pula bahwa budget anda cukup untuk membayar jasa desain grafis tersebut. Namun, perlu anda tahu bahwa setiap harga yang lebih tinggi harus memiliki hasil yang baik dan memuaskan.
Jadi, jika memang hasil yang diberikan sangat memuaskan bagi anda, tidak ada salahnya anda memberikan harga yang lebih tinggi kepada desainer tersebut.
 7.  Memilih desainer dengan penilaian testimoni
Tips terakhir yang perlu anda lakukan adalah dengan menilai pendapat orang lain terkait desainer grafis tersebut. Testimoni yang anda baca akan memuat penilaian orang lain yang telah menggunakan jasa desainer grafis pada jasa desain grafis terkait.
Pelanggan akan menuliskan pengalamannya yang bersifat positif maupun negatif. Dari testimoni inilah, anda bisa mengambil keputusan.
***
Tips-tips di atas perlu Anda gunakan agar  tidak salah memilih jasa desain grafis. Apapun kebutuhan brand bisnis anda dan kebutuhan desain grafis untuk perusahaan anda, pastikan agar semua kebutuhan dan ekspektasi Anda terpenuhi.
Sebagai informasi tambahan, jika anda membutuhkan jasa pembuatan logo, jasa desain kartu nama, dan jasa desain lainnya, serahkan pada desainer grafis profesional hanya di Sribu.com.

Share:

1 komentar