7 Hal Ini Bikin Saya Susah Move On dari Drama Love 020

drama love 020

Siapa sih, yang nggak kenal dengan seri drama yang berasal dari China ini? Membaca judulnya saja, saya yakin hampir semuanya sudah pernah menontonnya. Mungkin saya termasuk kategori terlambat melihatnya. Kenapa? Karena drama ini ditayangkan pada tahun 2016 dan booming banget hingga bikin penontonnya baper akut.

Saya memutuskan untu menonton drama ini karena disarankan oleh VIU. Melihat cover dan judulnya, saya pikir ini drama kolosal, karena tokohnya berpakaian ala China. Langsung dong, saya isi kuota Viu buat nonton. Awal nonton, lho, kok bukan kolosal. Asli agak bingung gitu, karena tokohnya ada di kampus. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari reviewnya terlebih dahulu.

Membaca reviewnya di google, wah, menarik sekali nih ceritanya. Lanjut deh, nonton lagi. Meskipun lihat episodenya ada 30, agak ngeri juga. Bakal ngabisin kuota banyak nggak ya? Hahaha ... emak mulai perhitungan! Tapi saat melihat tokohnya yang guanteng banget, saya sepertinya bakal betah deh! (Wkwkwkwk ... dan ternyata saya menonton ulang hingga tiga kali) Dan ini membuat anak gadis terus-terusan meledek emaknya.


Oke, saya nggak akan mengulasnya lagi. Sinopsisnya sudah banyak bertebaran di dunia maya, jika kamu penasaran isi ceritanya. Yang pasti, kali ini saya hanya akan mengulas dari sisi yang lain, yaitu sisi subyektif saya sendiri sebagai penonton.

Saya ulang sekali lagi, meski sudah nonton berkali-kali saya enggak bosen dan rasanya pengen nonton lagi. Ada beberapa hal yang membuat saya susah move on dari drama Love 020. Apa saja itu?

Inilah 7 hal yang membuat saya susah move on:

1. Kisah Persahabatan Tokohnya

     Ini menjadi poin utama menurut saya. Kenapa? Karena dalam kisahnya, si tokoh memiliki sahabat yang sangat solid. Mereka yang merupakan mahasiswa di sebuah universitas di Beijing tinggal di asrama dan di tempatkan dalam satu kamar bersama tiga orang lainnya.
     Persahabatan dari tokoh wanita terdiri dari Bei Wei Wei sebagai tokoh utama wanita yang bersahabat dengan Zhao Er Xi, Si Si, dan Xiao Liang. Mereka saling membantu dan mendukung, manis sekali kisahnya. Ketika Zhao Er Xi terkena diare saat tengah malam, teman sekamarnya rela membawanya ke rumah sakit dan menungguinya di rumah sakit. Bahkan ketika Bei Wei Wei akan pergi berkencan, temannya rela membelikan gaun merah buat Wei Wei agar temannya tampil cantik.
     Tidak hanya itu saja momen persahabatan mereka terlihat. Berikut saya rangkumkan:
     
     a. Wei Wei dengan senang hati men-tag kartu mahasiswa temannya untuk olahraga setiap pagi, padahal teman-temannya entah ada di mana. Ini tidak setiap hari ya, mungkin saat itu teman-teman seasramanya sedang ada tugas yang harus diselesaikan.
     
     b. Ketika Wei Wei difitnah oleh salah satu mahasiswa dari jurusan Bahasa Asing, mereka juga membelanya dengan baik. Berkali-kali Wei Wei mendapatkan hal yang tidak sedap dari beberapa temananya, baik itu tentang kecantikannya, atau prestasinya, teman seasramanya selalu ada di belakangnya untuk memberikan dukungan. 
     
     c. Keempat tokoh wanita ini juga saling menolong dalam hal keuangan, seperti saat Er Xi harus bekerja menjaga kucing Chiao Guang untuk membayar hutangnya, Wei Wei dengan senang hati memberikan tabungannya untuk dipakai Er Xi membayar hutang. Xiao Liang juga rela meminjamkan apartemennya saat kedua sahabatnya diterima magang di perusahaan ketima sedang liburan musim panas. (Sebab asrama memulangkan seluruh mahasiswa saat liburan)
     
     d. Seorang sahabat akan menutup aib sahabatnya. Dan ini terbukti ada dalam cerita. Semarah apapun Er Xi pada Wei-Wei karena kesalahpahaman keduanya, Er Xi dan Wei Wei tidak lantas membuka aib sahabatnya meski dirayu oleh apapun. Keren ya? Terkadang saya nggak bisa tuh begini, tutup mulut saat sedang  marah dengan orang lain. Ini acung jempol banget deh!
     
     e. Wei Wei membela sahabatnya dan membalasnya dengan elegan saat Er Xi diperlakukan tidak baik oleh musuhnya. 
     
     f. Pada keempat tokoh laki-laki yang juga satu asrama, persahabatannya juga tak kalah hebat. Tokoh utama lakai-lakinya adalah Xiao Nai, seorang mahasiswa yang berprestasi bidang akademi dan olah raga, menjadi pujaan setiap wanita di kampus, serta tokoh yang dikenal dingin jika berhadapan dengan wanita. Ketiga sahabatnya yang tinggal satu asrama adalah Yu Bhansan, Hao Mei, dan Huo Lu. Xiao Nai peduli sekali dengan sahabatnya, dia berjanji tidak akan membiarkan sahabatnya disakiti musuh bisnisnya. Dia akan menjaga sahabatnya. Dan ini dibuktikan. Xiao Nai memilih mencelakai dirinya ketika sebuah truk hendak menghantam mobil yang dikendarainya bersama Yu Bhansan setelah pertemuan bisnisnya.
     
2. Kisah Percintaan Tokohnya


     Nah, ini bagian serunya. Satu yang saya catat, tidak ada ucapan romantis dsri tokohnya, tapi semuanya ditunjukkan dengan sikap yang benar-benar perfecto bagi seorang laki-laki. Para lelaki kudu nonton ini deh, biar belajar bagaimana memperlakukan kekasihnya dengan terhormat. Percakapan tokoh utama itu lebih mirip seperti percakapan antara Azam dan Aya dalam film Para Pencari Tuhan yang selalu tayang saat Ramadhan dulu. Percakapannya cerdas. Bahkan, nyaris kedua tokoh itu lebih banyak diam tapi saling memahami banget.
     Apa yang bikin saya nggak bisa move on dari kisah percintaan mereka?
     
     a. Seperti di awal saya katakan, kisah cinta di sini asli nggak ada omongan tentang "Saya cinta kamu" atau mengatakan tentang kangen pada pasangannya. Nggak ada sama sekali. Biasanya drama genre romantis biarpun agak komedi, pasti ada dialog begini. Ini laen, Sodara-sodara, dan saya acung jempol.
     
     b. Xiao Nai ketika jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Wei-Wei itu karena kecepatan tangannya saat bermain game, mengajaknya menikah dalam game, menjaga Wei Wei nggak hanya dalam game tapi juga dalam kenyataannya. Prinsip Xiao Nai, asal Wei Wei bahagia, akan dilakukan untuknya. Cara mengejar Xiao Nai ke Wei Wei juga elegan. Dia mengikuti kegiatan Wei Wei hingga di perkuliahan ayahnya, Profesor Xiao, menunggu Wei Wei yang rajin ada di perpus kampus, bahkan memastikan tidak ada yang menggosipkan Wei Wei meski itu ada di dalam game. Xiao Nai akan menghukumnya dengan hukuman yang nggak murahan.
     
     c. Ketika Wei Wei ditimpa masalah dengan sahabatnya, Xiao Nai selalu ada di sampingnya. Bahkan saat Wei Wei minta waktu sendiri saat bersedih, Xiao Nai tidak tersinggung. Bahkan memberikan waktu tersebut sampai Wei Wei merasa cukup.
     Coba kalau dalam kisah nyata, mana ada pasangan begini. Pasti udah ngambek duluan kalau minta waktu sendirian dulu. 
     
     d. Xiao Nai yang notabene orang kaya, tidak lantas membelikan Wei Wei HP padahal mereka sudah menjadi pasangan. Wei Wei juga merasa nggak mau merepotkan kekasihnya, ketika Xiao Nai selalu ada buat dia,menemaninya makan di kantin sekolah, dan selalu ada saat dibutuhkan. Ayo, siapa yang mau kayak gini?
     
     e. Saling percaya pada pasangan. 
     Ini bikin saya baper akut. Gimana enggak coba? Saat Wei Wei difitnah soal video, Xiao Nai mengatakan, "Aku tidak akan mendengar apapun yang berkaitan dengan Wei Wei jika bukan dari pacarku sendiri."
     Ada lagi kalimat Wei Wei saat Chao Guang menanyakan kepada Xiao Nai setelah dia melihat video tersebut. "Apakah kamu tetap percaya pada Wei Wei setelah melihat video tersebut?"
     Apa jawaban Xiao Nai coba? "Mengapa aku tidak percaya terhadap pacarku sendiri?"
     Siapa yang nggak baper dengan kalimat itu? Dipercaya oleh pasangan dan dia langsung kroscek sendiri meminta penjelasan tanpa nada emosi. Dewasa banget kan?
     Dan pembalasan Xiao Nai terhadap perekam video tersebut adalah dengan menghapus video dari HP tokoh antagonisnya. Hahaha ... bagian ini bikin saya tertawa puas. Maklum, Xiao Nai adalah mahasiswa jurusan komputer yang tentu saja menghapus video orang lain adalah hal mudah baginya.
     
     f. Xiao Nai terbuka sekali kepada orangtuanya tentang gadis yang ditaksirnya. Dia tidak menyembunyikan bahwa dia menyukai adik kelasnya Wei Wei. Kedua orangtuanya yang notabene seorang dosen, tentu saja mudah mengetahui gadis yang ditaksir anaknya. Dan mereka setuju dengan pilihan anaknya.
     
     g. Keduanya saling memahami dalam diam dan kesibukan. Saat Xiao Nai sibuk dengan pengembangan bisnisnya, Wei Wei tidak pernah marah kalau dicuekin. Dia justru merasa nyaman hanya duduk di sampingnya dan melihat pasangannya sibuk di depan laptop.
     Kalau di kehidupan nyata diginiin, sudah ngambek tujuh turunan kali yaa. Hahaha ....

     h. Sikap bertangggung jawab ditunjukkan oleh Xiao Nai. 
Setelah Wei Wei lulus, Xiao Nai lantas mengajak Wei Wei ke Wuhan, tempat tinggalnya untuk membawa barang-barang Wei Wei ke Beijing. Xiao Nai tidak bermaksud memulangkan Wei Wei ke orangtuanya. 

Selama mereka pacaran, Xia Nai menepati janjinya untuk mengontrol dirinya terhadap Wei Wei

     
3. Perjuangan dalam Mengembangkan Bisnis

     Tidak hanya perjalanan cinta kedua tokoh yang menjadi sorotan. Namun, juga perjalanan bisnis tokoh utama, yaitu Xiao Nai. Xiao Nai sedang mengembangkan bisnis di dunia game, yaitu mengembangkan game baru dari game yang sudah ada. Bagaimana Xiao Nai menyikapi lawan bisnisnya dengan sopan dan tidak membalasnya dengan perbuatan yang buruk. Justru dia memperlihatkan kecerdasannya dalam mengelola bisnis.
     Xiao Nai juga pemuda yang teliti serta cermat dalam berbisnis. Dia menyiapkan segala sesuatu dan menjaga kemungkinan buruk dalam bisnisnya saat dijatuhkan oleh lawan bisnisnya. 
     Bahkan, ketika salah satu karyawan Xiao Nai berbuat curang dengan mengatakan perkembangan game milik Xiao Nai, Xiao Nai sudah mencium gelagat ini dan tetap tenang. Gentlemannya, si pengkhianat ini dengan berbesar hati mengaku dan memilih mundur dari perusahaan.
     
4. Pembalasan yang Keren dan Elegan

     Hihihi ... ini bagian yang bikin ngakak dan merasa puas banget tokoh antagonisnya mendapat balasan setimpal. Apa saja itu?
     
     a. Saat Xiao Nai tahu bahwa gadis yang diincarnya juga diincar oleh cowok lain, Xiao Nai mengajak cowok tersebut untuk bertanding basket. Bukan berantem atau hal lainnya. 
     
     b. Ketika baru jadian di dunia nyata, Xiao Nai mendapat kabar kalau Wei Wei digosipkan dalam forum kampus sebagai mahasiswa yang sulit didekati dan jadian dengan Xiao Nai karena bentuk badannya. Apa yang dilakukan Xiao Nai? Dia langsung menghapus postingan dalam forum tersebut sehingga tak ada lagi yang bisa membacanya.
     
     c. Ketika tim programmer game nya coba dirayu oleh rival bisnisnya, Xiao Nai tidak mengatakan hal buruk tentang perusahaan rivalnya. Justru dia mengatakan bahwa perusahaan rivalnya hanya salah paham dan dia yang baru belajar berbisnis sehingga tidak secepat perusahaan rivalnya dalam mengambil keputusan.
     
5.  Tokoh Cewek yang Jago IT

     Drama ini berlatar di universitas dengan tokohnya mahasiswa jurusan komputer, termasuk Wei Wei tokoh wanitanya. Wei Wei membuktikan bahwa dia adalah wanita yang nggak bisa diremehin soal IT. Dan itu dibuktikan. Wei Wei menduduki peringkat pertama dalam penerimaan beasiswa, serta Wei Wei menjadi pemain nomor satu untuk pemain wanita dalam permainan game.
     
6. Tentang Game yang Nggak Melulu Game

     Dalam cerita inim nggak hanya game saja yang dibicarakan. Game yang dikembangkan oleh Xiao Nai mengedepankan tentang budaya China. Xiao Nai ingin memasukkan budaya China dalam gamenya. Dia juga membawa dunia game untuk menuangkan idenya kepada masyarakat.
     
7. Cara Menyeleksi Menantu Lelaki yang Keren

       Ini bagian uniknya. Orangtua Xiao Nai menyeleksi pacar anaknya dengan melihat karya tulis yang dikumpulkan. Ketika tulisannya rapi dan idenya bagus, mereka setuju karena calon menantunya orang yang cerdas.
       Lain lagi dengan orangtuanya Wei Wei. Mereka menyeleksi menantu laki-lakinya dengan olah raga lari sejauh 5 km dan membawa karung beras. Bapaknya Wei Wei juga mempunyai list yang diceklis, di antaranya tidurnya nggak ngorok, badannya tidak berbau, dan centang lainnya.
       Xiao Nai juga mampu bernegosiasi dengan orangtua Wei Wei dalam mengambil hati calon mertuanya. Calon mantu idaman deh pokoknya.
       
Nah, itu dia tujuh hal yang bikin saya susah move on dari drama Love 020. Kisah cintanya yang menarik dan bagus untuk ditonton. Saya pribadi sanggup kasih bintang 4,5/5 deh. Meskipun rasanya dalam dunia nyata, mungkin nggak ya, ada sosok sempurna seperti itu. Tapi jika semua pasangan memiliki sikap positif seperti tokohnya, saya yakin deh, kehidupan nyata akan bagus iuga.

Kalau kalian sudah menontonnya juga, bagaimana pendapatmu? Apakah kalian setuju dengan pendapat saya? Tuliskan dalam komentar ya, pendapatmu tentang drama ini.    

Share:

22 komentar

  1. Sayangnya, aku bukan K-Drama lovers. Tapi, kadang penasaran aja sama K-Drama. Eh, tapi, tiap kali mau nonton nggak pernah sempat. Mending nonton K-movie aja sih :D
    Tapi, kalo aku baca cerita ini, seru juga ya, tapi belum tentu aku bakal nonton sih..
    Monmaap kebanyakan tapi akutu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, ini bukan K-drama, ini drama Cina. Saya hanya menonton drama yang memang benar-benar bagus, ada nilai positif yang bisa saya diskusikan dengan anak gadis saya.

      Delete
  2. Ya ampun... Ada Drama China, kayaknya sebelas dua belas sama Drama Korea ya Kak? Tapi, aku bukan penyuka drama, suka gampang bosen. Tapi, mungkin kapan-kapan bisa nonton juga, paling suka drama yang cerita tentang persahabatan.

    ReplyDelete
  3. Eh serious sebagus ini kak kisah love 020 ini? Kukira drama game yang nggak aku banget. pantes pada bilang nggak bisa move on dari drama ini, kayaknya aku besok mau nonton ah. Akhir-akhir ini bingung mau nonton apa. Trims recomendasi dramanya ya kak... Hehe hehe sama-sama pecinta chinese drama nih

    ReplyDelete
  4. kayaknya si seru tapi sayang bukan pecinta Drakor heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan drakor kakak, di awal tulisan sudah saya sebutkan drama cina. Hehehe, ketahuan bacanya sekilas ya. Karena ada persahabatannya, maka saya bilang ini drama yang seru sekali.

      Delete
  5. Saya belum sempat menonton drama asia. Terakhir saya nonton hanya janggem (gini bukan nulisnya heheh)

    ReplyDelete
  6. aku belum nonton kak.. hehe..
    Eh apa sih sebutan drama China?
    Diorama ya? Aku lupa..
    Soalnya banyak banget sekarang drama yang booming. Mulai Korea, China , Jepang hingga sekarang yang lagi in banget drama Thailand ya ..

    ReplyDelete
  7. Berabrti bagus banget drama love 020 ini ya mbak. kalau mbak lisa saja berani kasih kasih bintang 4,5 dari 5. jadi penasaran pengen nonton juga.

    ReplyDelete
  8. Ya ampun, jd takut juga nontonnya. Tar kepikiran terusssss huhu
    Btw semakin takut biasanya semakin kepo hehe

    ReplyDelete
  9. Aku nggak pernah nie nonton drama china. Tapi drama inj kayaknya ceritanya seru deh. Jadi pingin liat. Liatnya di mana kak?

    ReplyDelete
  10. Ak ndak pernah nonton serius drakor atau drachin nih mba. Tapi drama love 020 ini kok seru ya, calon mertua ngecek calon mantu ngorok apa nggak hehe

    ReplyDelete
  11. Wah aku jarang banget nonton drama dari China mba.. Susah ngikutin bahasanya hihihi ngga familier gitu. Paling dulu sempet nonton meteor garden doang. Tapi kalau baca review ini keknya menarik juga ya....

    ReplyDelete
  12. Kapan ya terakhir liat drama Cina? Udah lama banget. Terakhir mungkin kabut cinta hahah. Kayanya ini masuk waiting list deh.

    ReplyDelete
  13. bagus ya kisahnya jd pengen nonton juga masuk bucket list deh ni film mksh infonya mba

    ReplyDelete
  14. aduh jadi inget putri huan zhu eh..jaman kapan itu. aku belum pernah nonton ini, kisahnya unik ya ada gamenya

    ReplyDelete
  15. Udah berapa lama ya aku ngga nonton drama begini. Kangen. Tapi ngga ada waktu. Baca yang kayak gini jadi sedikit ngobatin kangen. Hehehe. Thanks mba

    ReplyDelete
  16. Saya belum pernah nonton.
    Baca ini kok jadi pengen tahu juga, terutama bagian pembalasan yang keren dan elegan

    ReplyDelete
  17. wah memang kalau drama percintaan seperti ini membuat penasaran ya kak, tapi aku belum nonton yang ini kak, otw nonton dehh .

    ReplyDelete
  18. Nggak banyak yang tahu kalau drama China itu sebetulnya juga nggak kalah sama drakor. Jujur belum nonton sih, cuma sempet penasaran sama Love 020 yang tokoh utamanya adalah gamers. Saya cuma pernah nonton When We Were Young sama A Love So Beautiful, sampe ketawa2 gemes sendiri

    ReplyDelete