Ketahui Makna Menabung Agar Kamu Terhindar dari Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan

makna menabung

Setiap orang pasti menginginkan kesehatan dompetnya hingga masa pensiun tiba. Namun, selalu saja ada kebiasaan buruk yang membuat kamu sulit menjadi kaya. Bahkan naasnya, saat usia sudah tak lagi produktif, kamu tidak memiliki tabungan yang cukup untuk menjamin hari tua. Untuk itulah kamu perlu mengenali kebiasaan-kebiasaan buruk yang mampu mempercepat kemiskinan. Selanjutnya, pahami pula makna menabung agar kamu ahli dalam mengelola keuangan demi kesehatan jiwa di masa mendatang.

Apa sih Makna Menabung?
 Sejak duduk di bangku SD, makna menabung itu sudah sering didengungkan oleh guru atau orangtua. Rasanya selalu berkaitan dengan kehidupan di amsa mendatang atau masa depan. Inilah makna menabung yang telah dirangkkum dari berbagai sumber:

1. Membuatmu Belajar Hidup Hemat

Dengan menabung secara rutin, maka kamu telah belajar hidup hemat karena bijak mengatur keuangan. Kamu akan belajar untuk membeli barnag yang memang benar-benar kamu butuhkan. Hal ini tentu saja akan membuat masa depanmu menjadi lebih baik lagi.

2. Mencegah Berhutang

Di dalam hidup terkadang kamu tidak bisa menghindari keadaaan darurat, misalnya musibah yang datangnya tidak bisa diduga. Dengan memiliki tabungan, maka kamu akan terhindar dari berhutang. Kamu bisa menggunakan tabunganmu untuk mengatasi kondisi darurat tersebut.

3. Membutamu Lebih Sabar

Menabung adalah salah satu cara untuk melatih kesabaranmu. Kok bisa? Bisa dong, dengan menabung kamu akan menjadi lebih sabar jika menginginkan membeli sesuatu dengan dana yang kamu miliki. 

4. Belajar Lebih Disipilin

Tentu saja ini akan terjadi. Dengan menyisihkan uangmu secara rutin setiap bulannya, secara nggak langsung akan membuatmu menjadi lebih disiplin dalam emngatur keuangan.

5. Membangun Karakter

Kamu juga dapat membangun karakter dari kegiatanmu menabung, yaitu menjadi orang yang lebih bertanggung jawab.

Setelah tahu makna menabung, kamu juga perlu tahu dampak buruk jika tidak menabung.

 Dampak buruk jika tidak menabung


1. Akan punya banyak hutang
Bisanya orang yang boros akan berani berhutang kepada siapa saja untuk memenuhi keinginannya. Bahkan menganggap berhutang itu menjadi kebiasaan, sehingga membuat hutang makin menumpuk dan sulit untuk melunasi.

Mulailah mengatur keuangan dengan tepat dengan mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan. Ini adalah cara terbaik agar tidak banyak utang.

2. Hidup penuh kekurangan
Terbiasa menghadiahi diri dengan barang-barang serba terbaru akan membuat candu. Selalu ingin memiliki segalanya, sedangkan keuangan tidak sebanding dengan keinginan. Hal ini akan membuat hidup merasa kekurangan dan akan berpengaruh dalam kehidupan.

3. Dipenuhi rasa takut
Bukankah setiap orang mendambakan hidup damai? Tapi kalau kita hidup dengan boros, maka akan selalu timbul rasa takut jika tidak bisa mengikuti gaya hidup, takut ditagih oleh orang lain karena banyaknya utang kita.

4. Sulit mencapai sukses
Logikanya, jika tidak membiasakan menabung, tujuan yang ingin dicapai tidak akan terwujud. Sudah pasti kesuksesan juga akan terasa lebih sulit.

5. Timbul Stres

Dengan hidup boros, ternyata dapat menimbulkan stres loh. Sebab, saat sedang boros, kita suka tidak sadar berapa banyak pengeluaran yang sudah terjadi. Lalu keesokan harinya akan pusing tujuh keliling memikirkan cara untuk mencukupi kebutuhan dengan keuangan yang minus.

Apalagi jika ditambah dengan banyaknya utang di sana-sini dan harus memikirkan cara untuk melunasinya sedang sumber penghasilan sudah tidak dapat digunakan untuk menutupnya. Banyaknya masalah menjadi pemicu munculnya stre pada diri.

Ingat, memanjakan diri tidak harus dengan kemewahan ya. Terus merasa cukup dan belajar menabung itu adalah kunci bahwa kita mencintai diri sendiri.

6. Tidak menghargai uang
Secara nggak sadar, gaya hidup boros membuat kita tidak menghargai uang. Menganggap uang hanya sebagai pemuasa keinginan.

7. Masa tua terancam
Ini sudah pasti ya. Pendapatan yang habis sebelum tanggal gajian tanpa menyisihkan uang untuk tabungan, tentu saja akan membuat masa tua terancam. Keinginan hidup dengan damai di masa tua, akan sulit terpenuhi karena tidak adanya tabungan. Tidak mungkin kan, saat usia sudah tidak produktif masih harus bekerja denga keras?

8. Tidak memiliki dana darurat
Dana darurat merupakan salah satu tujuan perencanaan keuangan yang wajib ada. Dengan adanya dana darurat, akan mampu membantu mengatasi kejadian yang tidak terduga, seperti musibah, sakit, atau kecelakaan.

Wah, ternyata banyak sekali ya, dampak buruk jika tidak menabung. Lantas, bagaimana cara mudah menabung uang kita?

Kemudian kamu juga perlu tahu kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan saat mengelola keuangan dan bisa mengancam kesehatan keuanganmu. 

 Apa saja sih, kebiasaan buruk tersebut?

1. Perencanaan yang gagal
Orang sukses tidak serta merta sukses tanpa membuat perencanaan yang matang untuk mencapai tujuannya. Begitu juga dengan perencanaan finansial. Jika tidak direncanakan dengan matang, tujuan yang ingin dicapai sudah dapat dipastikan tidak akan tercapai.

2. Tujuan yang diatur tidak realistis
Saat membuat perencanaan keuangan, tetapkan tujuan dengan jelas, tidak terlalu luas atau berlebihan. Tetap perhatikan batas waktu untuk meminimalisir kegagalan dalam merencanakan keuangan.

3. Keputusan yang dibuat buruk
Jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang dapat mengganggu perencanaan keuangan. Misalkan, tujuan sudah ditetapkan, tiba-tiba di tengah jalan ada yang menawari diskon besar-besaran. Jika ini terjadi, janganlah buru-buru membuat keputusan untuk membelinya. Kalau sampai ‘dibutakan’ dengan diskonan, maka ini bisa menghambat tujuan keuangan.

4. Gegabah
Sering terjadi tujuan yang sudah ditentukan tidak bisa dicapai karena kurang bersabar dalam mencapainya hingga mengubah tujuan semula. Hal ini bisa menghambat keuangan pribadi.

5. Sering Menunda-nunda
Ini sering terjadi. Ketika perencanaan sudah dibuat, selintas sering muncul keinginan untuk menundanya. “Nanti sajalah. Bulan depan aja, deh. Bulan ini untuk beli itu dulu.” Iya, nggak?

Lantas, apa langkah mudah dalam menabung?


Cara mudah menabung uang kita:

1. Tentukan Tujuan Menabung
Tentukan tujuan menabung agar lebih semangat dan motivasi untuk menabung tetap terjaga. Tujuan menabung tiap orang tentu saja berbeda. Bisa jadi untuk membeli rumah, modal usaha, atau berganti kendaraan. Dengan menetapkan tujuan menabung seperti ini, akan membuat menabung terasa menyenangkan.

2. Buat pos-pos pegeluaran bulanan
Pos-pos pengeluaran bulanan ini wajib dibuat untuk mengetahui kapasitas besarnya penghasilan dan pengeluaran. Dengan membuat pos pengeluaran bulanan, akan memudahkan untuk lebih fokus pada kebutuhan utama.

3. Jangan lupa, Catat pengeluaran harian
Ini yang sering terlupakan. Dengan mencatat pengeluaran harian, akan membuat kita tahu bagian-bagian pengeluaran yang bisa dipangkas pada bulan berikutnya. Atau pengeluaran-pengeluaran kecil yang kurang penting bisa ditahan agar tidak terulang lagi.

4. Buka pintu penghasilan lainnya
Tidak hanya menekan pengeluaran untuk mengalokasikan tabungan, ada baiknya juga jika memiliki peghasilan tambahan menjadi freelance atau mulai membangun bisnis sampingan.

Atau bisa juga dengan berinvestasi. Memulai investasi adalah cara cerdas untuk meningkatkan penghasilan.

5. Lindungi dengan asuransi
Sedia payung sebelum hujan adalah pepatah yang tepat. Meskipun sudah mempersiapakan segala sesuatu dengan baik, terkadang terjadi hal yang tidak terduga di luar rencana. Hal ini bisa memupuskan impian yang sudah direncanakan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya memiliki asuransi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Asuransi juga dapat melindungi orang-orang yang disayang.

Cara mudah menabung uang kita memang bukan cara yang instan, tapi bisa dilakukan dan menerapkannya sebagai kebiasaan. Yang perlu dilakukan dalam menabung adalah, lakukan dengan pelan-pelan. Tidak harus dimulai dengan jumlah yang besar jika itu masih terasa memberatkan. Bisa dimulai dengan angka yang lebih kecil dari pendapatan sebagai awalan yang bagus. Lalu mulailah dengan meningkatkan nominalnya sedikit demi sedikit pada bulan berikutnya dan pada bulan ketiga bisa mencapai besaran uang yang direncanakan untuk ditabung. Sedikit demi sedikit lebih baik daripada tidak menabung sama sekali, bukan?

Itulah cara mudah menabung uang kita yang bisa dipraktikkan dengan dari sekarang.

Share:

0 komentar