Dana Terbatas Tapi Kamu Ingin Travelling? Simak Cara Mudah Menabung Uang Kita Agar Bisa Berlibur

cara mudah menabung uang kita

Berlibur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia selain kebutuhan dasar lainnya. Mengapa? Karena dengan berlibur, kamu bisa beristirahat sejenak dari rutinitas kegiatan yang sudah menyita hari-harimu. Namun, seringkali liburan identik dengan dana yang besar. Benarkah? Tidak, Marimar! Kamu tetap bisa berlibur dengan dana terbatas. Bagaimana caranya? Yuk, simak cara mudah menabung uang kita agar kamu tetap bisa pergi liburan meskipun dengan budget terbatas.
Cara Mudah Menabung Uang Kita Dengan Dana Terbatas Untuk Traveling
1. Tentukan destinasi liburan yang akan kamu tuju
Sebelum kamu menyisihkan dana untuk anggaran traveling, sudah pasti harus tahu dong, ke mana tujuan wisatamu. Apakah kamu akan berwisata hanya keliling Indonesia saja? Atau kamu akan berlibur ke luar negeri?

Dan tentukan juga berapa orang yang akan ikut dalam wisatamu. Apakah kamu akan pergi sendirian? Ataukah mengajak keluarga? Pergi berlibur bersama teman, menggunakan paket wisata atau solo wisata?

Semuanya perlu diperhitungkan dengan cermat. Jangan sampai berpikir yang penting berangkat saja untuk traveling. Nggak bisa begitu ya, Gaes! Tujuan itu perlu ditetapkan di awal agar kamu makin semangat dan dapat menentukan besaran anggaran untuk mencapai tujuan tersebut.


2. Menabung

Ini bagian pentingnya. Nggak mungkin dong, pergi berlibur hanya bawa diri tanpa membawa uang sepeser pun? Kecuali kamu memiliki kantong ajaib ala Doraemon yang bisa dimintai sesuatu secara mendadak.

Setelah kamu menentukan tujuan traveling, langkah berikutnya adalah menyisihkan pendapatanmu untuk ditabung. Berapa besar pendapatan yang akan kamu alokasikan untuk traveling, sesuaikan dengan tujuanmu. Misalkan kamu menganggarkan hanya 10% dari penghasilan, silakan saja. Tinggal waktu untuk traveling bisa disesuaikan dengan dana yang sudah terkumpul. Jika dalam satu tahun dana traveling yang kamu kumpulkan belum mampu mencapai tujuan berliburmu, ya kamu perlu bersabar sedikit lagi. Mungkin kamu membutuhkan waktu beberapa bulan lagi untuk mewujudkan mimpimu.

Nah, bagaimana menganggarkan dana travelling dari penghasilan?
1. Menyisihkan dana tiap bulannya dengan konsisten.
Konsisten adalah kunci utama. Jangan sampai di tengah jalan kamu memutuskan untuk tidak lagi menyisihkan dana untuk berlibur. Bisa-bisa gagal total rencana berliburmu kalau kamu tidak bisa konsisten.

Sisihkanlah dengan konsisten meski sedikit setiap bulannya. Bukankah dari sedikit lama-alam akan menjadi banyak?

2. Buat dua rekening yang salah satunya khusus rekening untuk berlibur.
Cara ini bisa kamu lakukan untuk memudahkan dalam menyiapkan dana traveling. Kenapa?

Ketika kamu memiliki rekening khusus travelling, maka kamu tidak akan mencampuradukkan anggaran untuk berlibur dengan kebutuhan pokokmu.

3. Sisihkan dana THR, uang bonus, uang intensif untuk menambah dana travelling.
Jika mendapatkan THR, uang bonus, uang intensif, maka kamu bisa menyisihkan sebagian bonus tersebut untuk masuk ke dalam rekening travelling. Ini akan mempercepat terkumpulnya anggaran berliburmu.

4. Mencari dana tambahan dari bekerja freelance
Ini adalah langkah lainnya untuk mempercepat tercapainya tujuan berlibur. Kamu bisa berbisnis online, menjadi penulis lepas, blogger, atau pekerjaan part time lainnya untuk mengisi pundi-pundi travelling impianmu.

Perhatikan tips berikut untuk menunjang berhasilnya kamu menabung agar bisa travelling:
1. Kurangi kegiatanmu pergi ke mall

Kegiatan ini tanpa sadar sebenarnya menggerogoti kantongmu pelan-pelan. Awalnya hanya berniat cuci mata, lalu tanpa sadar melihat diskonan sedang nyungsep. Pasti kamu akan tergoda. Belum lagi jika mampir ke kafe sekadar minum. Coba hitung, seandainya ini dipangkas, pasti kamu memiliki dana berlebih yang bisa dimanfaatkan atau kamu alokasikan ke dana travelling.

2. Biasakan membawa bekal makanan dari rumah

Awalnya mungkin berat ya, tapi lama-kelamaaan pasti akan terbiasa. Dengan membawa bekal makanan dari rumah, kamu sudah menghemat pengeluaran untuk makan siangmu dan kamu bisa menabungnya. Dijamin bekalmu dari rumah lebih sehat dibandingkan makanan yang kamu beli dari luar.

3. Bawa botol minuman sendiri
Sepele tapi sedikit uang ribuan yang kamu keluarkan untuk membeli minuman bisa dialokasikan ke dana lainnya. Jika kamu kumpulkan uang untuk membeli minuman setiap harinya bukankah menjadi banyak?

Yuk, biasakan membawa botol minuman sendiri untuk lebih hemat dan tentunya mendukung go green.

4. Simpan kartu kreditmu dan hindari menggunakannya
Sebaiknya sembunyikan kartu kreditmu agar kamu tidak tergoda untuk menggunakannya. Bukankah kartu kredit itu hanya menjadi penolong sesaat? Setelahnya kamu harus tetap membayarnya kan?

Untuk itu lebih baik tidak menggunakan kartu kredit sampai dana untuk tujuan travelling terkumpul.

5. Pangkas kebutuhan yang bukan merupakan prioritas
Coba hitung lagi dengan teliti, siapa tahu ada barang yang bukan prioritas tapi kamu beli setiap bulannya. Pangkas hal ini agar kamu bisa lebih berhemat.

Lalu, apa langkah selanjutnya jika kamu sudah melakukan cara mudah menabung uang kita agar bisa berlibur meski dana terbatas?
1. Buat rincian biaya dengan cermat besaran pengeluaran selama kamu traveling.
Biaya ini meliputi transportasi, biaya penginapan, makan dan minum, oleh-oleh, harga tiket masuk tempat wisata, dan dana cadangan untuk hal-hal yang tidak terduga.

2.  Berburu tiket pesawat murah
Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan berburu tiket secara mendadak. Lebih baik jauh hari kamu sudah berburu tiket pesawat. Manfaatkan promo dari maskapai penerbangan agar kamu mendapatkan tiket murah.

Jangan pernah membeli tiket di saat jam-jam sibuk. Belilah tiket pesawat di jam menjelang subuh.

3. Pilih tempat penginapan yang terjangkau
Tak perlu malu menginap di homestay atau hostel. Sekali lagi, kamu juga bisa memanfaatkan promo untuk mendapatkan penginapan murah.

Atau kamu bisa menginap di tempat kerabat agar lebih menghemat. Tapi ingat, kabari kerabat jauh-jauh hari jika kamu memutuskan akan menginap di rumahnya.

4.  Gunakan transportasi umum selama di tempat wisata
Yang perlu kamu perhatikan adalah, cari dengan lengkap dari A sampai Z tentang transportasi umum selama di tempat wisata. Transportasi apa yang bisa mengantarkanmu dari tempat wisata satu ke tempat satunya lagi.

Cari tahu kelebihan dan kekurangannya juga agar kamu tidak mengalami masalah transportasi selama di tempat wisata.

5. Makanlah layaknya warga lokal

Cobalah hal-hal baru selama berwisata, termasuk tentang makannya. Nggak usah memilih makanan yang mewah dan mahal. Kamu bisa memilih makanan yang biasa disajikan warga lokal, yang penting sehat, bergizi, dan bersih.

6. Kunjungi obyek wisata gratis

Biasanya tujuan wisatamu menyediakan juga tempat wisata gratis. Bolehlah berkunjung ke tempat wisata gratis untuk kegiatan berliburmu.

7. Hindari berlibur saat akhir tahun
Berlibur pada saat akhir tahun atau liburan sangat merugikan. Karena saat akhir tahun tiket untuk masuk akan mengalami kenaikan. Lebih baik tentukan kegiatan berliburmu bukan pada saat alhir tahun.

8. Liburan ala Backpaper bisa jadi pilihan

Berlibur ala backpaper bisa membuatmu mengenal banyak orang. Pilihan travelling model ini juga bisa kamu pilih untuk tujuan wisatamu.

Nah, kamu masih tetap bisa travelling meskipun dengan dana terbatas. Terbatasnya dana tidak menghalangi kamu untuk merefresh otak dari penatnya rutinitas kerja yang sudah kamu kerjakan.

Share:

6 komentar

  1. Asyik nih kayaknya langsung mau cuss aja setelah pandemi ini usai. Wkwk

    ReplyDelete
  2. Wah...keren tipsnya. Belum sih bikin rekening khusus liburan. Adanya rekening khusus tabungan. Naik kendaraan umum di tkp seru juga sih. Hum...aku kurang berani, takut ditipu...hehe. Ketahuan kalo bukan warga setempat...Siap-siap deh nanti kalau mau liburan...

    ReplyDelete
  3. Untuk urusan makan pas traveling, aku sama keluarga selalu cari yang murmer mba. Yang penting sesuai selera, dan anak-anak bisa makan. udah gitu, juga cari hotelnya jauh hari, plus perhatiin review rangorang. Paling penting tuh breakfastnya yummy, rate bersaahabat, cuss deh dibooking soalnya kalo pagi tuh males rempong nyari sarapan bari bawa anak-anak hehehe.. btw aku udah kangeeeen berat pen liburaaan huhuhuhuhu

    ReplyDelete
  4. Aku banget. Budget mepet tapi cita2 traveling mulu. Sekarang belajar backpacker-an krn anak2 sudah mulai besar. Nginep gak harus full fasilitas yg pntg bersih dan nyaman. Kendaraan udah bisa naik apa aja mulai bis, angkot, kereta sampai pesawat. Anak2 dan bisa semua. Tinggal lebih rajin menabung biar sering travelingnya. Kayaknya perlu dicoba bikin rekening traveling nih.

    ReplyDelete
  5. Saat berlibur, aku cenderung memilih jajanan sederhana di daerah tujuan, kecuali mencicipi hidangan khas asli daerah sana. Kalau dirasa terlalu mahal, belinya porsi secukupnya aja buat rame-rame. Soalnya budget traveling tuh seringkali jadi melar. Apalagi kalau bawa anak-anak. Mesti ada dana lebihan, deh :D.

    ReplyDelete
  6. Tipsnya bermanfaat sekali untuk saya yang ingin pergi traeling ke mana-mana tapi minim tabungan untuk liburan hihihi. Tabungannya tercampur dengan keperluan lain. Memang seharusnya tabungannya dibuat terpisah ya..

    ReplyDelete