Lebih Dekat Dengan Para Penyamar Ulung



Pernah nggak sih, kalian melihat seekor binatang yang tidak bisa kalian temukan? Misalkan seekor bunglon yang mampu bersembunyi berkat keahliannya mengubah warna. Atau seekor binatang lainnya yang mampu berlari dengan cepat.

Beberapa binatang dikaruniai oleh Allah dengan kemampuan menyamar yang sangat ulung. Apalagi binatang tersebut adalah para serangga yang memiliki kemampuan menyamar layaknya seorang agen FBI yang sedang bekerja. Memangnya ada ya, serangga yang mampu melakukan penyamaran tingkat tinggi? Untuk apa mereka menyamar? Apakah ada musuh yang sedang mengincarnya?

Para serangga yang mahir menyamar ini bukan tanpa tujuan ya. Tentu saja serangga ini melakukan penyamaran untuk menghindar dari para pemangsa. Atau para penyamar ini sedang bersembunyi dari incaran  pemangsa mereka.

Lalu, siapa saja serangga yang pandai menyamar ini?

Wah, penasaran kan, siapa saja serangga-serangga unik tersebut? Mari kita bahas satu-persatu di bawah ini!

Serangga-serangga yang pandai menyamar:

1. Belalang Sembah

Sumber: bobo.grid.id

Belalang ini memiliki sepasang tangan yang seperti sedang menyembah. Padahal gerakan tangan mereka yang seolah-olah menyembah itu adalah upaya mereka yang sedang menunggu mangsanya.

Kedua tungkai Belalang Sembah ini bisa bergerak dengan cepat lo. Kalau sudah begini, mangsa tidak akan bisa menghindar lagi dari cengkeramannya.

Ukuran tubuh Belalang Sembah species tertentu ternyata hanya berukuran 1 cm. Belalang jenis Bolbe Pygmaea merupakan belalang terkecil. Sedangkan belalang Ischnomantis gigas termasuk salah satu spesies belalang dengan ukuran terbesar mencapi 17 cm.

Kalian tahu tidak? Belalang merupakan salah satu serangga yang dianggap sebagai hewan resmi dari negara tersebut. Contohnya adalah Belalang Sentadu California merupakans erangga resmi dari negara South California. Satu lagi Belalang Sentadu Eropa juga merupakan serangga resmi negara bagian Cconnecticut.

Keistimewaan Belalang Sembah adalah gerakannya sangat gesit sekali dalam berburu mangsanya. Kecepatan mereka dalam berburu bisa mencapai 1/20 detik. Wow, keren ya, hampir menyami dengan pengaturan flash dalam kamera DSLR.

2. Belalang Ranting

Sumber: bobo.grid.id

Serangga yang satu ini bentuk tubuhnya mirip dengan ranting. Belalang Ranting memiliki empat lengan dengan antena. Pemangsa akan kesulitan menemukannya jika Belalang Ranting berada di antara dedaunan yang berwarna hijau

Belalang Ranting juga merupakan serangga terpanjang  di dunia yang panjangnya mencapai 56,7 sentimeter yang pernah ditemukan di hutan Kalimantan.

Tak hanya tubuhnya yang mirip dengan ranting, belalang Ranting juga ahli dalam mengubah warna tubuhnya sesuai dengan tempat yang dia hinggapi. Sebagian besar belalang Ranting berjenis kelamin betina. Sedangkan jenis kelamin jantan sangat jarang ditemukan, karena semua telur belalang yang tidak dibuahi hanya melahirkan jenis belalang betina.
 
3. Belalang Daun

Pixabay.com

Mereka dikenal juga dengan nama serangga daun (Pasmidae). Tubuhnya mirip dengan dedaunan yang sangat berguna untuk menghindar dari musuh yang akan memangsanya.

Ketika belalang Daun berhadapan dengan pemangsanya, dia akan membolakbalikkan badannya seperti daun-daun yang bergoyang ditiup oleh angin atau menggantung di ranting pohon.
 
4. Belalang Anggrek

Sumber: bobo.grid.id

Sesuai namanya, belalang yang satu ini menyamar seperti bunga anggrek. Penyamarannya ini berguna untuk menangkap mangsa yang mendekatinya karena dikira sebagai bunga.

Itu dia para serangga yang ahli sekali dalam menyamar sehingga akan sulit dikenali oleh musuhnya. Bahkan manusia seperti kita juga belum tentu bisa melihat penyamarannya dengan baik. Dengan menyamar, para serangga ini bisa mempertahankan diri dan terus berkembang biak.

Ada lagi kah yang kalian tahu tentang serangga lainnya yang jago menyamar? Boleh dong, komen di kolom komentar.

Share:

6 komentar

  1. Belalang daun mirip banget sama daun
    Kalo kena tangan kayanya bakal digigit :(

    ReplyDelete
  2. Eh sekarang lagi marak daging belalang yah. Katanya rasanya kriuk kriuk gitu ya. Hiiy

    ReplyDelete
  3. Waaah... Keren... unik banget artikelnya. Saya nggak kepikir nulis yang kaya gini. Sumber foto dari Bobo pula. Majalah kesayangan keluarga. Thanks ini jadi seperti penyegaran ide tulisan

    ReplyDelete
  4. Hihihi yang belakang anggrek cantik sekaliiii.. mirip bener ama bunga beneran. Pantes aja banyak yg ketipu ga mom.. keren ni artikelnya bisa dipake buat bahan belajar ama anak 😊

    ReplyDelete
  5. Belalang anggrek kok lucu dan bagus banget yah. Engga ngira itu belalang. Hehe...

    ReplyDelete