Review Kobe Tepung Bumbu Putih sebagai Campuran Cireng Nasi

 

Review Kobe Tepung Bumbu Putih: Cireng Nasi Kobe, Jajanan Bocil yang Tidak Membosankan

kobe tepung bumbu putih
Siapa sih, yang nggak kenal dengan jajajan bocil yang namanya cireng? Hampir anak sekolah mengenal jajanan satu ini. Bahkan hampir tiap sekolah ada saja pedagang yang menjual cireng di depan sekolahnya. Jajanan dengan bahan dasar tepung kanji dan tapioka ini, sebetulnya bukan jajanan yang sulit dibuat di rumah.

Cireng merupakan akronim dari aci digoreng. Paling enak disantap saat masih hangat, apalagi jika dicocol dengan bumbu kacang, bumbu rujak, saus sambal, atau tanpa bahan cocolan sekalipun cireng tetap nikmat dimakan. Bahkan, saat ini sudah banyak dijumpai cireng dengan varian kreasinya. Ada cireng dengan berbagai jenis isi, yaitu cireng isi daging, cireng isi sosis, telur, atau varian isi lainnya. Rasa gurih dan renyah dari cireng memiliki cita rasa tersendiri bagi penikmatnya. Pun lebih nikmat jika dibuat sendiri oleh tangan seorang ibu dan disajikan untuk keluarga tercinta.

Yap, saya memang penyuka gorengan, tapi nggak mudah untuk sembarangan membelinya di tukang gorengan yang saya jumpai. Saya lebih suka membuat camilan yang digoreng di rumah bersama anak-anak. Membiarkan mereka ikut campur tangan walau hanya sekadar mengaduk atau menuang adonan dalam penggorengan, saya sudah menikmati momen kebersamaan ini. Alasannya, tentu sama dengan yang lain demi kesehatan.

Jika cireng yang dijual di mamang gorengan terbuat dari campuran tepung kanji dan tapioka, maka saya lebih suka berkreasi dengan cireng nasi. Mumpung ada nasi sisa yang sudah bosan hanya jadikan nasi goreng, maka saya ingin mengubahnya menjadi jajanan bocil yang tidak membosankan. Bagaimana cara membuatnya? Berikut saya lampirkan resep Cireng Nasi Kobe yang disukai anak-anak di rumah.

cireng nasi kobe


Bahan Cireng Nasi Kobe:

·        200 gram nasi

·        100 ml air

·        1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gram)

·        2 batang daun bawang

·        Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Rujak:

·        1 sdm kacang tanah yang sudah digoreng

·        100 gram gula merah

·        Terasi secukupnya (bisa diskip jika tidak suka)

·        50 ml air hangat

·        1 sdm air asam jawa

·        1 sachet BonCabe level 10 rasa original (level BonCabe bisa disesuaikan)

Cara Membuat Cireng Nasi Kobe:

·        Campurkan nasi dengan 100 ml air, aduk rata.

·        Tambahkan kobe tepung bumbu putih dan irisan daun bawang ke dalam nasi yang telah dicampur dengan air.

·        Panaskan minyak goreng dalam wajan, pipihkan adonan saat digoreng. Goreng hingga matang, angkat tiriskan.

·        Cireng Nasi Kobe siap disajikan.

Cara Membuat Bumbu Rujak:

·       Campurkan kacang tanah yang telah dihaluskan, gula merah, terasi, dan air hangat. Aduk rata.

·        Tuang BonCabe dan air asam jawa, aduk rata.

·        Bumbu rujak siap jadi cocolan cireng nasi kobe.

Bagaimana hasilnya?

Hasilnya enak dan anak-anak pun suka. Kata mereka cireng nasi tetap renyah, kres di luar, kenyal, dan gurih di dalam. Trus kata anak-anak,  bumbu rempahnya begitu terasa. Padahal saya tidak menambahkan bumbu rempah apa-apa ke dalam adonan. Berarti, rahasia cireng nasi yang saya buat ada di Kobe Tepung Bumbu Putih yang TOP BGT deh!

Kobe Tepung Bumbu Putih hadir sebagai tepung bumbu modern dengan keunggulan yang berbeda dengan tepung bumbu lainnya. Tekstur tepung bumbu putih ini berbentuk kristal dengan butiran tepung yang renyah sehingga mampu membuat lapisan gorengan menjadi lebih krispi dan lebih tebal.

Keunggulan Kobe Tepung Bumbu Putih:

·        Dengan butiran tepung kristal yang dapat membuat hasil lapisan lebih krispi dan lebiih tebal

·        Tekstur menjadi lebih garing dan kerenyahan yang dihasilkan menjadi tahan lama.

·        Mengandung tepung tapioca sehingga membuat masakan lebih kenyal dan juicy jika dijadikan campuran bahan.

·        Free gluten, tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan.

tepung kobe

 Tentang Kobe

Ternyata, Kobe bukan satu atau dua dekade sebagai industri tepung. Kobe memulai sebagai industry rumahan pada tahun 1979 dengan memproduksi tepung bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia. Berarti Kobe merupakan pioneer dalam tepung bumbu.

Tidak banyak yang tahu, kalau KOBE adalah kepanjangan dari Kata Orang Banyak Enak dengan tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu. Saya dan mungkin hampir semua masyarakat Indonesia mengira bahwa Kobe adalah perusahaan yang berasal dari Jepang. Ternyata bukan, ya, Sodara-sodara!

Varian Tepung Kobe

varian tepung kobe


Kobe memiliki banyak sekali varian tepung yang bisa dipilih sesuai selera dan keinginan untuk berkreasi. Jika ingin gorengan tempenya kriuk, maka bisa memilih Kobe Tepung Tempe Kriuk. Atau bila ingin membuat ayam ala Kentucky yang super crispy, kami bisa menggunakan Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy yang kerenyahannya bisa bertahan hingga 8 jam. Tidak hanya camilan gurih, Kobe juga memiliki varian tepung untuk membuat camilan manis seperti pisang goreng. Kobe Tepung Pisang Goreng menjadi pilihan yang tepat untuk menghasilkan pisang goreng yang kriuk. Bahkan Kobe Tepung Pisang Goreng ini juga bisa digunakan untuk membuat aneka kue lainnya.

 

Kamu, sudah pernah mencoba varian tepung Kobe yang mana?

 

 

 

Tags:

Share:

0 komentar