Kumpulan Resep Makanan Sehat Tanpa Micin

kobe tepung serbaguna premium

“Ma, kenapa, sih, aku nggak boleh jajan makanan di pinggir jalan seperti teman-teman aku?” tanya si bungsu suatu hari. Berhubung si bungsu sudah kelas 1 SD, otomatis dia diizinkan untuk memegang uang jajan. Berbeda ketika dia masih TK. Peraturan sekolah TK melarangnya membawa uang jajan, menyebabkan dia tidak pernah jajan dis ekolah. Maka saat dia masuk SD, si bungsu senang sekali. Dalam bayangannya dia bakal bisa beli a-z makanan yang selalu terlihat menggiurkan yang dijajajakan oleh pedagangnya.

Sebisa mungkin saya menjelaskan kepadanya, bahwa makanan yang dijual di pinggir jalan dekat sekolahnya belum tentu sehat. Tiba-tiba kakaknya nyeletuk, “Makanan itu banyak micinnya, Dik. Bisa bikin kamu mati cepat.”

Duh, kakak, adiknya langsung ketakutan ketika kakaknya bilang begitu. Akhirnya saya harus menjelaskan kembali tentang makanan yang sehat kepada duo bocil. Bahkan si kecil juga menanyakan apa itu micin.

Para Ibu tersayang, pasti nggak asing dengan kata yang satu ini, yaitu ‘micin’. Micin ini sudah menjadi bahan gunjingan seantero ketika saya masih sekolah, sekitar 25 tahun yang lalu. Ingat banget, guru biologi waktu itu mengatakan kalau micin ini bisa menyebabkan orang cepat lupa sebelum saatnya. Hmm. Benarkah itu?

Micin dan Segala Resikonya

Dilansir dari alodokter.com, kedudukan micin hampir sama seperti garam, sebagai penyedap pada masakan. Sayangnya, apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan efek bagi kesehatan.

Selain dikenal dengan sebutan MSG, micin juga memiliki nama lain, loh, yaitu sodium glutamatemonosodium L-glutamate monohydrateglutamic acid monosodium salt monohydrate, ekstrak ragi, protein nabati terhidrolisis atau HVP, kalium glutamat, sodium caseinate, dan perasa alami.


So, apabila tercantum nama-nama tersebut pada label makanan yang Ibu beli, bisa dikatakan makanan tersebut mengandung micin di dalamnya.

 

Beberapa jenis makanan yang umumnya mengandung micin adalah makanan olahan dan kemasan, seperti daging kering, ekstrak daging, kaldu unggas kemasan, dan tepung kanji. Bahkan makanan lainnya seperti keripik kentang, saus, mayones, dan makanan beku umumnya juga mengandung micin.

Lalu, apa resiko bagi tubuh jika mengonsumsi micin ini?

Sudah dapat dipastikan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. di antaranya:

 

1. Chinese Restaurant Syndrome

Kondisi ini bisa terjadi saat Ibu mengonsumsi micin lebih dari 3 gram per hari. Gejala dari sindrom ini beragam, mulai dari sakit kepala, kesemutan, jantung berdebar, nyeri dada, mual, tubuh terasa letih, dan rasa kantuk yang berlebihan.

Gejala yang muncul pun bisa bersifat ringan hingga berat, tetapi Anda yang sensitif terhadap micin atau MSG berisiko mengalami gejala yang lebih parah saat terkena chinese restaurant syndrome.

2. Kerusakan sel saraf

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa kandungan glutamat pada MSG dosis tinggi dapat berperan sebagai racun yang menyebabkan kerusakan sel saraf. Bahkan, disebutkan pula bahwa MSG dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan kerusakan berbagai organ.

Sejumlah penyakit yang dikaitkan dengan kerusakan saraf akibat konsumsi MSG berlebih adalah penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan stroke.

3. Asma

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi micin dengan takaran berlebih dapat memicu kambuhnya asma, khususnya bagi yang sensitif terhadap MSG. Jumlah takaran yang dapat memicu asma adalah 3 gram dalam sekali makan.

4. Obesitas dan kegemukan

Dampak micin yang dikonsumsi secara berlebihan selanjutnya adalah obesitas. Namun, hal ini perlu diteliti lebih lanjut karena ada pula penelitian lain yang menyatakan bahwa micin dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama dan dapat menjaga berat badan.

5. Sakit kepala dan hipertensi

Micin yang dikonsumsi berlebihan juga dipercaya dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Beberapa orang yang sensitif terhadap micin juga akan mengalami efek berupa sakit kepala setelah mengonsumsinya. Meski begitu, penyebab hal tersebut belum diketahui secara pasti.

6. Kerusakan sel

Sejumlah peneliti juga mengklaim bahwa MSG dapat memicu kerusakan pada sel-sel tubuh. Efek micin ini diprediksi bisa merusak limfosit atau sel darah putih. Namun, hal ini pun masih perlu diteliti lebih lanjut.

7. Kerusakan ginjal

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi micin dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Namun, penelitian ini baru dilakukan terhadap hewan dan masih perlu diteliti lebih lanjut.


Jika melihat begitu banyak bahaya micin bagi kesehatan, Ibu harus punya siasat cerdas untuk mengatasinya. Misalkan saja, Ibu bisa membuat masakan sehat untuk anak tercinta agar belajarnya makin semangat. Tentu saja makanan yang dibuat oleh Ibu harus bebas tanpa micin.

Ini dia kumpulan resep makanan sehat tanpa micin yang dicoba dari dapurkobe, Makanan sehat penuh cinta tanpa micin:

1.        Resep Ayam Crispy Gandum 

kobe tepung serbaguna premium


Ayam Gandum Crispy kreasi ayam goreng renyah dengan campuran gandum sebagai bumbunya. Cita rasa ayam crispy ini gurih pedas dengan tekstur yang renyah serta tambahan gandum berbumbu yang lezat. Rasa pedasnya unik karena bumbu diracik dengan campuran BonCabe level 15 dan BonCabe Nori. Bagi yang tidak menyukai level pedas, bisa memilih level lebih rendah.

Cara membuat ayam crispy sangat mudah, cukup goreng ayam pakai Kobe Tepung Serbaguna Premium yang tanpa MSG. Lalu aduk dengan tumisan gandum dan Saus Tiram Selera. Kreasi ayam goreng sehat yang lezat sudah siap disajikan untuk menemani sepiring nasi hangat. Menu Ayam Crispy Gandum ini dijamin bakal bikin ketagihan.

   Bahan:

v 200 gr ayam dada filet

v Air secukupnya

v 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)

v Minyak goreng secukupnya

v Margarin secukupnya

v 2 siung bawang putih dicincang

v 50 gram bawang Bombay cincang kasar

v 1 sachet saus tiram

v 50 gram gandum sudah disangrai

v 1 sachet BonCabe rasa original level menyesuaikan

v 1 sachet BonCabe rasa Nori level menyesuaikan

Cara Membuat:

v  Bersihkan ayam, potong-potong dan rendam dalam air.

v  Ambil ayam dan baluri dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium. Goreng hingga kuning kecolatan.

v  Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan Saus Tiram Selera, air dan gandum. Aduk rata.

v  Masukkan ayam, tambahkan BonCabe level 15 dan BonCabe Nori. Aduk sampai rata.

v  Angkat dan Ayam Crispy Gandum siap disajikan.

 2.        Resep Ayam Kunyit Crispy

kobe tepung serbaguna premium


Cara masak Ayam Kunyit Crispy sangat mudah sekali. Yang bikin spesial dari cara masak dan rasanya adalah karena Kobe Tepung Serbaguna Premium. Tepungnya non MSG dan bervitamin lalu dipadu dengan bubuk kunyit yang berkhasiat sehingga mampu menampilkan kreasi ayam yang sehat dan juga lezat. Ibu wajib mencobanya di rumah.

Bahan:

v Minyak goreng secukupnya

v 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Pemium (200gr)

v 350ml air

v ½ ekor ayam dipotong sesuai selera

v 1/3 sdm bubuk kunyit

 Cara Membuat:

v Rendam ayam dalam air.

v Siapkan wadah. Campurkan tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium dengan bubuk kunyit. Aduk rata.

v Balurkan ayam yang ke dalam tepung kering hingga terbalur rata. Cubit-cubit dengan ujung jari.

v Gorengan ayam dalam minyak panas terendam dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.

v Angkat dan sajikan.

 3.        Resep Curcuma Fried Chicken

kobe tepung serbaguna premium


Cara membuat Curcuma Fried Chicken juga mudah sekali, menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium yang tanpa MSG dan dicampur dengan bubuk curcuma. Salah satu inspirasi ayam goreng resto yang sehat dengan kandungan temulawak dan vitamin dari tepungnya. Tak ada alasan lagi untuk tak mencoba menu ayam goreng temulawak ini, karena renyahnya menggoda dan gurihnya bikin mau nambah lagi.

          Bahan:

v Minyak goreng secukupnya

v 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)

v 350ml air

v ½ ekor ayam potong sesuai selera

v 1/3 sdm bubuk curcuma/temulawak

 

Cara Membuat:

v  Rendam ayam dalam air.

v  Siapkan wadah. Campurkan tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium dengan bubuk curcuma / temulawak. Aduk rata.

v  Balurkan ayam ke dalam tepung kering hingga terbalur rata. Cubit-cubit dengan ujung jari. Sisihkan.

v  Gorengan ayam dalam minyak panas terendam dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.

v  Angkat dan sajikan.

 

Kobe Tepung Serbaguna Premium

Kobe Tepung Serbaguna Premium adalah tepung bumbu sehat tanpa micin atau MSG. Kobe Tepung Serbaguna Premium juga mengandung berbagai vitamin untuk pemenuhan kelengkapan nutrisi, antara lain vitamin B2, B9, Zat Besi, Zinc, dan Kalsium.

Kobe Tepung Serbaguna Premium terbuat dari rempah asli pilihan dengan aroma gurih khas bawang putih yang diproses secara modern. Dengan menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium menyebabkan cita rasa gorengan menjadi lebih lezat berbumbu dengan tekstur yang renyah dan aroma yang harum menggoda. Kobe Tepung Serbaguna Pemium juga praktis digunakan untuk membuat hidangan sehari-hari khas Nusantara, serta cocok untuk membuat aneka kreasi gorengan dari ayam, hidangan laut, tempe, tahu, dan lainnya.

Kobe Tepung Serbaguna Premium, Tepung Bumbu Tanpa MSG dan Bervitamin pertama di Indonesia!

v Tanpa MSG

v Mengandung Zat Besi, Serat Pangan, Vitamin B2, Vitamin B9, dan Mineral Zinc

v Tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan

 

Apakah mudah mendapatkan Kkobe Tepung Serbaguna Premium? Kobe Tepung Serbaguna Premium bisa didapatkan di marketplace kesayangan Ibu, yaitu di Shopee atau Tokopedia. 


Jadi, tidak ada alasan lagi dari Ibu jika ingin menyajikan makanan sehat tanpa micin. 

Share:

0 komentar