23 Januari 2018

Nggak Perlu ke Jepang Untuk Menyiapkan Bekal Satu Ini

Hasil gambar untuk gambar bento
www.hadiah.me
Saya merindukan saat anak-anak masih TK, rindu bagaimana menyiapkan ide untuk bekal anak-anak ke sekolah. Tentu saja bekal yang disesuaikan dengan jadwal yang diminta oleh sekolahnya. Sayangnya anak pertama sudah SMA. Nggak mau lagi dibawakan bekal yang aneh menurut dia. Menunggu si bontot, masih dua tahun lagi untuk masuk TK. Emak maksa ini, pengen nyiapin bekal. Hahahaha....


Apa sih yang menjadi andalan para Bunda ketika menyiapkan bekal sekolah anak-anak? Pastinya cukup membuat anak tidak kelaparan dan tentunya harus tetap mengutamakan kebutuhan gizi anak ya. Untuk Bunda yang juga sibuk di kantor, pilihan bekal praktis, sehat, dan bergizi akan menjadi andalan.

Menurut Dr. Rachmat Sentika, SpA, MARS, dokter spesialis anak Ikatan Dokter Anak Indonesia mengungkapkan bahwa salah satu cara paling mudah untuk menjaga pola makan anak adalah dengan membawakan mereka bekal makanan yang bersih, sehat, dan bergizi ke sekolah. Dengan begitu, juga akan membantu menstimulasi otak anak sehingga menjadi pandai.

Nah, ide bekal di bawah ini mungkin bisa menjadi pilihan bekal sekolah buat anak.

Bento
Siapa yang tidak mengenal Bento? Bento adalah iatilah yang berasal dari Jepang, artinya bekal makanan.

Bento merupakan sajian satu set menu yang disiapkan dalam wadah sama seperti bekal sekolah lainnya. Yang membedakannya adalah letak penataan menunya yang dibuat sedemikian rupa, dengan tampilan dan bentuk yang imut menyerupai bentuk tokoh-tokoh anime, makhluk hidup seperti binatang, bunga, atau tumbuhan.

Bentuk Bento
Bento bisa dikreasikan dengan berbagai bentuk yang lucu. Mengambil tokoh karakter sebagai bentuk bekal, seperti tokoh kartun Pokemon atau Doraemon. Bahkan bentuk Bento juga banyak menggunakan binatang seperti Bebek, Katak, Burung, Kucing, atau bahkan berkreasi dengan binatang lainnya. Memcoba berkreasi dengan bentuk bunga juga bisa dicoba sebagai variasi dari Bento.

Isi Bento
Apakah Bento hanya menggunakan nasi yang dibuat secara artistik?
Tidak! 
Kini menu Bento bisa dikreasikan dari:
1. Kreasi Bento dari Nasi

2. ‎Kreasi Bento dari Roti

3. ‎Kreasi Bento dari Pasta

4. ‎Kreasi Bento dari Umbi

5. ‎Kreasi Bento dari Buah dan Sayur


Bagaimana membuat Bento unik dan artistik, tentu saja para Bunda harus lebih sering berkreasi. Pandai-pandai berkreasi membuat bentuk unik sehingga membuat anak tertarik untuk menyantap bekal yang Bunda siapkan.

Lalu, tips apa saja yang harus disiapkan untuk membuat Bento?
1. Bagi bahan makanan dalam ukuran proporsional
Tidak perlu membuat Bento dengan ukuran yang besar, cukup untuk santap siang anak saja.
2. ‎Tata makanan dalam boks
Pisahkan makanan menggunakan sekat dari makanan itu sendiri atau sekat permanen dari wadah bekal.
3. ‎Be Creative
Jangan ragu menggunakan hiasan yang menarik dari buah atau sayuran untuk mempercantik tampilan Bento.
4. ‎Atur posisi makanan di dalam boks
Aturlah dengan rapi sehingga bentuk Bento tidak akan rusak.
5. ‎Atur makanan dengan bentuk dan desain pola yang mencolok dan menarik
Membuat desain Bento jika tidak bisa langsung, bisa menggambarnya terlebih dahulu di sebuah kertas. Tapi untuk saat ini, berbagai bentuk unik untuk membuat Bento dari nasi atau roti sudah ada cetakannya.
6. ‎Simpan saus atau snack serbuk ke dalam wadah khusus
Hal ini dilakukan untuk mencegah saus tersebut tumpah.
7. ‎Mulailah dengan bentuk Bento yang sederhana
Banyak bentuk sederhana yang disajikan dalam buku atau media lainnya. Bunda bisa memulainya dari bentuk yang sederhana terlebih dahulu.
8. ‎Tetap perhatikan kadar nutrisi dalam makanan
Akan lebih baik jika membuat bakso atau pelengkap bento dari dapur sendiri. Atau sosiz yang biasanya sering menjadi pilihan pelengkap Bento, bisa diganti dengan bahan lainnya. Bisa juga dengan membuat sosis sendiri.

Bagaimana Bunda? Masih semangat menyiapkan bekal buat anak-anak?

#SatuHariSatuKaryaIIDN

8 komentar:

Damar Aisyah mengatakan...

Sek sek sek, aku galfok sama anak2 sudah SMA. Beneran nih?

lisa lestari mengatakan...

Mbarepku SMA mbak, yang kecil baru dua tahun

Rina mengatakan...

Iya saya juga ingat sewaktu anak masih di TK suka bikin-bikin bekal buat sekolah. Sebelum tidur udah mikir-mikir mau bikin apa buat besok. Terus bangun pagi-pagi buat nyiapin bekal sebelum saya sendiri berangkat ke kantor

Larasati mengatakan...

Saya baru koleksi buku bento, belum praktek, padahal anak keburu gede.

Laila Masruro mengatakan...

Kalo anak mbarepku yang juga SMA, masih suka bawa bekal Mbak. Tapi bekal biasa, bukan bento yang seindah itu, hehe...

Bety Kristianto mengatakan...

Keren ih, sempat bikin bekel nan indah seperti ini. Saya mah paling banter bikin tempura atau chicken katsu ala-ala aja udah maksimal hihi.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Bekalnya keren habis..mau makan nggak tegaaa!! :D

Dee - HDR mengatakan...

Yaampun lucuk-lucuk banget sih ya bentonya. Jadi malah sayang kalo dimakan hueheheh.

Cheers,
Dee - heydeerahma.com

Posting Komentar

 
Copyright © Dunia Lisa
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Busy Buzz Blogging