Tips Menjaga Pakaian Agar Terjaga Kualitasnya



Hasil gambar untuk gambar jenis bahan
greenjaket.com

Pakaian adalah penutup aurat kita sehari-hari. Semakin sering digunakan, biasanya akan membuat pakaian menurun kualitasnya. Bahkan, ada jenis pakaian yang langsung tidak bisa dipakai setelah pemakaian pertama.  Agar pakaian awet dan terjaga kualitasnya, yuk kita kenali karakteristik jenis bahan dan cara perawatannya. Karena masing –masing bahan berbeda karakteristiknya. Inilah bahan-bahan yang lebih sering dipakai untuk membuat pakaian.

Mengenal Jenis Bahan
1.      Bahan Katun
Merupakan jenis bahan yang lembut dan nyaman dipakai dan digunkan untuk pakaian sehari-hari. Bahan ini sangat cocok untuk masyarakat Indonesia yang memiliki iklim tropis, karena bahan ini mudah menyerap keringat. Sifat bahan katun adalah mudah kusut dan menyusut. Meskipun tidak ada perawatan khusus untuk bahan ini, tetap saja harus diperhatikan perawatannya agar warna kain tidak pudar. 
Hasil gambar untuk gambar bahan katun
salah satu jenis katun
Di bawah ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat bahan katun:
·        Gunakan air dingin untuk mencucinya
·    Jangan merendam terlalu lama, karena bisa merusak bahan, baik perendaman hanya  dengan air saja atau menggunakan deterjen.
·    Jemurlah bahan ini dengan tidak meletakkannya langsung di bawah sinar matahari. Sebaiknya pilih tempat yang teduh dan sedikit sinar matahari.
·        Lebih baik menggantungnya, bukan melipatnya, karena akan mudah kusut.
2.      Bahan Wol
Bahan wol umumnya digunakan untuk membuat mantel atau baju hangat, karena menyerap lembap dengan baik, tahan api, tidak tembus air, dan elastis. Perawatan untuk pakaian yanng terbuat dari bahan ini yang perlu diperhatikan adalah pada saat menyetrikanya.
Hasil gambar untuk gambar bahan wol
wearhouseid.blogspot.com
Cara terbaik untuk merawat pakaian yanng terbuat dari bahan wol adalah:
·        Menggunakan deterjen khusus untuk bahan wol
·        Tidak menggunkaan sikat pada saat mencucinya
·        Gunakan kain lembab dan setrika pada bagian dalam agar bahan tidak menjadi mengkilap. Jika tidak seperti itu menyetrikanya, bahan akan cepat ,ulur dan berubah bentuknya
·        Untuk penyimpanannya, sebaiknya disimpan dalam keadaan terlipat rapi.
3.      Bahan Linen
Bahan linen merupakan bahan yang sejuk dan menyerap keringat serta terasa dingin di kulit. Cocok digunakan ketika musim panas. Karena bahan linen mudah kusut, maka seringkali bahan ini dicampur dengan bahan lainnya dalam pembuatannya.
Hasil gambar untuk gambar bahan linen
debusana.com
Perawatan untuk bahan ini, yang harus dilakukan adalah:
·    Lebih baik gunakan tangan ketika mencuci. Pada saat merendamnya, usahakan tidak terlalulama, cukup sekitar 20 menit saja.
·        Jangan menyikat atau memerasnya dengan kuat, karena bisa merusak kain.
·        Setrikalah dengan panas medium agar bahan tetap terjaga bagus.
·       Usahakan menjemur tidak di bawah terik matahari langsung, karena akan membuat baju cepat melar.
4.      Bahan Sutera
Bahan sutera merupakan jenis bahan yang sangat halus dan ringan. Saking halusnya, maka satu blus yang terbuat dari sutera asli akan mudah digenggam dalam satu genggaman. Bahan sutera juga merupakan salah satu jenis bahan yang berkualitas tinggi dengan harga di atas rata-rata. Bahan ini tak lekang oleh waktu, karena membuat pemakainya terlihat anggun dan elegan.
Hasil gambar untuk gambar bahan sutra
rumahjaithaifa.com
Berikut cara yang perlu diperhatikan dalam merawat bahan sutera:
·         Gunakan deterjen khusus agar terjaga kualitasnya
·         Tambahkan pelembut jika diperlukan agar kehalusan dari kain sutera tetap terjaga
·         Menjemur bahan ini cukup diangin-anginkan saja
·         Pada saat menyetrika, gunakan panas sedang, jangan menggunakan derajat paling panas. 

    Tulisan ini diikutsertakan dalam rangka One Day One Post yang diselenggarakan oleh Blogger Muslimah Indonesia Oktober 2017

Share:

6 komentar

  1. Terima kasih tipsnya, Mbak..
    Kalau untuk wol, biasa saya nggak berani nyuci sendiri..di dry clean saja. Karena kadang kena air bisa rusak teksturnya..Misalnya untuk winter coat :)

    ReplyDelete
  2. Ga punya bahan woll apalagi sutera... hehehe... enak katun sih, mba. Adem yah.

    ReplyDelete
  3. Ngomongin pudar ini aku jadi keinget, aku tuh paling suka sama batik lawasan. Dan sesuai namanya lawasan kan bladus bladus gitu ya. Saking sudah agak lamanya, kemarin akhirnya rok batik kesayang aku sobek, hicksssss.... sedih.
    Besok-besok wajib nyetok obat untuk kain batik sepertinya. Benar banget betapa pentingnya merawat pakaian sesuai jenis bahannya.

    ReplyDelete