Alat Bantu Mengembangkan Narasi Cerita Anak

pixabay


Setelah kemarin kita membahas alat bantu mengembangkan narasi cerit anak nomor satu yaitu One Day One Night in a Life of, selanjutnya adalah Travelogue of Journey. 

Travelogue of Journey adalah alat bantu yang digunakan untuk bernarasi saat menulis cerita anak. Memilih alat bantu ini berarti mengajak pembaca untuk melakukan perjalanan dari suatu trmpat ke tempat lainnya. Artinya, tokoh dalam cerita akan berpindah dari satu kawasan ke tempat lainnya. Dalam perjalanannya, tokoh memiliki tujuan penting yang ingin dicapai.

Buku anak yang menggunakan alat bantu ini contohnya adalah buku yang ditulis oleh penulis anak Tethy Ezokanzo yang berjudul "Putri Terhebat Bunda Terkuat".
Buku ini mengisahkan tentang wanita-wanita sholehah dari masa ke masa. Tokohnya melakukan perjalanan menggunakan awan sebagai kendaraannya.



Atau buku anak karangan Watiek Ideo yang berjudul "Wordland". Di sini tokoh bersama teman-temannya melakukan perjalanan ke negeri Wordland dan menyelesaikan teka-teki di negeri tersebut. 


Gaya penceritaan menggunakan alat bantu kedua ini tentu saja sangat seru untuk anak. Anak akan merasa terlibat dalam perjalanan tokohnya. Apalagi jika dalam cerita ada lembar aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak yang berkaitan dengan buku yang dibacanya.

Ada kah pembaca di sini yang mengoleksi buku anak di mana penulisnya menggunakan alat bantu Travelogue of Journey untuk mengembangkan narasi? Boleh share yaa.

#Ngebloglagi
#ceritaanak
#serbaserbiceritaanak

Share:

24 komentar

  1. Aku pengen belajar buat cerita anak ahh... masih aja susah, hhaa

    ReplyDelete
  2. Whuaa saya baru denger istilah travelogue of journey. Nti kalo pas ke tuku buku coba cari ah buku itu.

    ReplyDelete
  3. Nggak punya buku cerita anak, soalnya anak udah gede-gede semua.

    ReplyDelete
  4. Kayanya ponakan saya belum punya, karena masih 2 tahun belum ada cernak begini. Mba ajarin dong bikin cernak wkwk, bikin kelas yuk sekalian bikin antologinya. Saya mupeng wkwk.

    ReplyDelete
  5. Ternyata, buat cernak ada alat bantunya. Menarik juga ya.

    ReplyDelete
  6. Mak bikin cernak yuuk. Bagus buat anak-anak untuk mengembangkan pikiran kreatif mereka.

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya ya, baru tahu saya ini.. Saya tertarik dengan tulisan cernak. Semoga Kedepanny bisa menulis juga.

    ReplyDelete
  8. Informasinya bagus Mbak, akhirnya saya tahu kalau penulis cernak itu memerlukan alat bantu.

    ReplyDelete
  9. Ide kreatif para penulis itu luar biada, karena mereka mampu mendeskripsikan apa imajinasi mereka dengan jelas dan menggiring pembaca ke dunia Mereka. Salut untuk para penulis ya mbak💗😍

    ReplyDelete
  10. Waaah... Jadi itu namanya alat bantu ya? Baru tahu saya. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Saya baru tahu namanya. Dulu saya pernah nulis buku ttg alat transfortasi darat, si Tokoh melakukan perjalanan begitu. Tapi baru tahu teorinya��

    ReplyDelete
  12. Kalau Ayah boleh membacakan ke anak, atau lebih baik bundanya ya?

    ReplyDelete
  13. Menarik ya mb cerita dengan alat bantu. Jadi lebih mudah memahami jalan cerita dalam sebuah buku. Kerennn...

    ReplyDelete