Tak Lagi Menjadi Siput dari Narablog



“Kenapa kamu selalu bersembunyi di dalam cangkangmu?” tanya Milo suatu hari.
Aku hanya mendengar suaranya yang sudah kuhapal. Milo, kucing dengan warna coklat yang cantik sekali.
“Keluarlah, kamu aman kok!” kata Milo.
Sedikit demi sedikit aku mengeluarkan kepala dari dalam cangkang. Cahaya matahari langsung menyambut begitu kepalaku berada di luar tempat persembunyianku.
“Kalau kamu selalu ngumpet begitu, bagaimana kamu bisa tahu tentang info menarik? Atau bagaimana kamu bisa belajar agar menjadi siput yang tak hanya bersembunyi ketika musuh datang?” Milo langsung menyerbuku dengan pertanyaan.
“Aku senang menjadi seperti ini!” jawabku.
“Itu tidak akan membuatmu menjadi Siput yang dikenal oleh orang banyak. Orang tidak akan pernah tahu kalau kamu tuh sebenarnya punya kemampuan lebih. Walaupun hanya siput, sih,” kata Milo. Kalimat terakhir diucapkan oleh Milo dengan suara yang pelan.
Aku tertawa. “Memangnya, apa kelebihanku selain pandai bersembunyi?”
Milo menepuk cangkangku dengan lembut. “Ayolah, Kawan! Aku tahu, ide-ide mu itu sebenarnya bagus banget buat dijelaskan kepada semua orang. Jangan hanya dipendam sendiri. Dan bergeraklah dengan cepat, meskipun kamu tidak secepat langkahku!” jelas Milo.
Aku masih terdiam mendengar penjelasan Milo. Aku berusaha mencerna semua perkataannya dengan baik. Milo adalah sahabatku, sahabat seekor Siput yang merasa nyaman dengan cangkang yang dimilikinya.

Ya, saya diibaratkan mirip dengan siput, binatang bercangkang yang rumahnya selalu dibawa ke mana-mana. Bahkah ada yang mengatakan, saya blogger siput. Lho, kok bisa?

Saya mengenal blog pada tahun 2016 ketika bergabung dalam satu komunitas One Day One Post yang digawangi oleh Bang Syaiha. Selama satu tahun lebih saya nyaman dengan blog gratisan blogspot. Pada bulan Juni 2017 barulah saya mulai serius untuk menulis di blog dengan konten yang nggak hanya cerita fiksi semata. Pada bulan tersebut juga saya mulai mendaulatkan diri sebagai blogger atau narablog yang lebih banyak membahas masalah parenting dan hal-hal seputar cerita anak. Dan saya bangga disebut sebagai Blogger! Yeayy...!

Namun, saya ya masih begini-begini saja. Blog saya juga masih gitu-gitu juga. Nggak ada cantik-cantiknya pisan, ceuk orang mah. Makanya saya nggak marah kalau dibilang blogger siput. Perjalanan blog saya memang lamban sekali seperti jalannya siput yang hanya nggremet nggak sampai-sampai. Teman-teman blogger lainnya sudah berkali-kali memenangkan lomba blog, saya mah masih anteng belum mau nyoba ikutan lomba ngeblog. Saya hanya sekali ikutan saat ada lomba blog berbagi pengalaman menggunakan Lactacyd. Itu pun karena punya pengalaman. Kalau enggak, mungkin juga sudah melambaikan bendera putih nggak ikutan.

Padahal saya selalu rajin mencatat setiap perlombaan blog yang ada. Tapi kok yo selalu nggak menyempatkan diri buat menulis dan ikut lomba tersebut. Alasannya selalu udah mengekeret duluan sama blogger-blogger senior yang sudah merajai dunia persilatan perblogger an.

Lalu, apa yang menjadikan saya bangga disebut sebagai Blogger di era digital seperti sekarang ini?

Saya Bisa Membagikan Pengalaman Kepada Orang Lain
Hasil gambar untuk gambar berbagi pengalaman
sumber: mediacerita.com
Seperti saran Milo, dari ngeBlog lah saya mulai tahu kemampuan saya yang seuprit ini bisa saya bagikan. Bukankah pengalaman adalah guru terbaik kita? Dan ini lah yang saya bagikan dalam tulisan di blog saya. Apa saja yang ada unsur kebaikannya mulai saya bagikan dalam tulisan di blog. Baik itu tentang pengalaman setelah mengikuti training online dalam kelas cerita anak, pengalaman saat menulis cerita anak hingga kesalahan yang sering saya lakukan, (meskipun belum juga ada pencapaian berarti pada bagian ini), atau pengalaman tentang belajar menjadi orang tua dari tiga anak di rumah.

Terkadang saya juga membagikan sedikit pengetahuan atau cerita ringan untuk menyenangkan pembaca blog saya. Ada beberapa tulisan cerita anak yang saya abadikan dalam tulisan di blog. Di antaranya adalah tulisan yang berhasil menjadi juara dalam perlombaan menulis cerita anak.

Dari Blogger juga, saya bisa belajar banyak hal. Membaca blog teman-teman blogger yang super keren isinya, membuat saya ingin mencoba seperti mereka. Apalagi yang sudah mencapai pencapaian maksimal sebagai blogger. Saya mah apa atuh, masih begini aja. Masih berprinsip “yang penting saya happy menulis di blog

Saya Mulai Menikmati Hasil dari NgeBlog
Hasil gambar untuk gambar mendapat uang
sumber: merdeka.com
Belum sebanyak para blogger senior sih, belum juga mendaftar pada google adsence. Tapi alhamdulillah, saya sudah bersyukur sekali dengan hasil yang saya dapatkan dari ngeblog. Sejak memiliki blog dengan domain berbayar, selalu ada tawaran untuk memasang content placement di blog saya. Atau menuliskan artikel sesuai permintaan klien. Ini sangat membahagiakan plus menyenangkan sekali bagi saya yang sudah menyebut dirinya sebagai blogger.

Saya Jadi Tahu Lebih Banyak dan Lebih Banyak Tahu 
Setiap kali membaca tulisan dari blogger keren lainnya, saya seperti mendapatkan durian runtuh yang luar biasa sekali. Banyak ilmu yang bisa saya baca, baik tentang kesehatan atau tentang parenting.

Saya tahu tentang food combining juga dari tulisan blogger. Bagaimana menerapkan food combining dalam keseharian kita. Atau hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan lainnya. Saya banyak membaca dari tulisan di blog yang saya kunjungi atau ketika sedang melakukan blogging walking. Apalagi tentang lokasi-lokasi wisata yang belum pernah saya kunjungi. Dengan membaca tulisan para blogger, saya seolah-olah ikut berkunjung dan berkuliner menikmati tulisan tentang tempat wisata atau makanan khas suatu daerah.

Saya juga tahu tentang buku-buku bagus yang bisa dibaca atau menjadi list untuk ditambahkan dalam koleksi pribadi dari review para book blogger. Intinya tidak hanya tentang tulisan tanpa makna ketika berkelana dari rumah blogger yang satu ke rumah blogger lainnya, tapi semua yang saya kunjungi adalah rumah penuh ilmu.

Dari hasil jalan-jalan ke rumah blogger lainnya, saya juga mendapatkan ilmu tentang mempercantik tampilan blog. Meskipun, ya, you know lah, tampilan blog saya belum secetar lainnya.

Trus, udah tahun 2019 nih, apa masih akan menjadi Blogger Siput?
Masak sih, saya nggak mau berubah? Bukankah kita dianjurkan untuk lebih baik dari tahun kemarin? Kalau tahun kemarin saya hanya menjadi blogger siput yang lamban bergerak, tahun ini saya ingin berjalan lebih cepat untuk mencapai prestasi yang lebih baik.

Apa saja tuh yang diinginkan di tahun 2019?

Lebih Rajin Menulis dan Mengisi Blog
Ya, ini sudah menjadi program saya pada tahun ini. Blog saya nggak boleh kosong melompong. Harus diisi, rajin posting tulisan, dan rajin bebersihnya agar tidak ada debu yang mampir ke blog, sehingga blog saya akan nyaman untuk dikunjungi.

Lebih Rajin (lagi) Berkunjung
Hasil gambar untuk gambar blog walking
sumber: intanblog.com
Bukan hanya semata tentang nilai DA/PA, tapi juga untuk melihat kekecean blogger lainnya, maka saya ingin lebih rajin berkunjung. Tentu saja juga untuk mendapatkan ilmu baru.

Mulai Memberanikan Diri buat Ikutan Blog Competition
Hasil gambar untuk gambar lomba blog
sumber: duniabiza.com
Nah, ini nih yang membutuhkan nyali besar! Saya harus mau dan mau untuk ikut bersaing dengan blogger senior. Bukankah dengan mengikuti lomba juga akan mengasah skill kita? Hihihi, iya kan, kan?

Mempercantik Tampilan Blog
Hasil gambar untuk gambar mempercantik blog
sumber: 75caramudah.blogspot.com
Halah, dari dulu pengen ini tapi belum juga dipercantik! Hahaha ... iya nih, sudah lama ngomong ingin mempercantik tampilan blog, tapi blognya masih gini-gini aja. Semoga di tahun 2019 itu bisa saya wujudkan. Soalnya mempercantik blog itu butuh semedi khusus pemirsa, nggak bisa sim salabim ala Doraemon. Apalagi saya radak gaptek begini.

Empat aja deh, nggak mau muluk-muluk untuk menghadapi dunia perbloggingan pada tahun 2019. Kuncinya, saya harus tetap bahagia dalam merawat blog yang sudah saya isi. Ibarat dia adalah anak yang saya besarkan, saya nggak boleh merawatnya dengan asal. Nggak mau juga kan, anaknya asal gede aja? Hehehehe ....

Semoga di tahun 2019 akan menjadi tahun yang penuh keajaiban dan luar biasa buat saya  dalam dunia ngeBlog. Aamiin.

 #KompetisiBlogNodi
#NarablogEraDigital

Share:

53 komentar

  1. Saya juga masih menjadi siput Mbak, PRnya kurang lebih sama.

    ReplyDelete
  2. blog kedua saya yang ini masih jadi siput juga

    ReplyDelete
  3. Waaaah postingannya bagus. Jadi malu eh aku. Kalau google adsense dapatnya dikiiiiit banget. Nyerah eh aku. Jadi mengharapkan penghasilan dari aplikasi android aja.

    ReplyDelete
  4. Semangat mbak, blog aku mungkin udah sarang huka-huka saking lama gak diupdate.

    ReplyDelete
  5. Saya malah baru bikin sekarang tahun 2019, padahal dari tahun 2017

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat buat ngisi yuk mbak, biar kayak blogger senior lainnya. Hihi

      Delete
  6. Sukses mbaaak... Whaa alhamdulillah semoga terus menginspirasi dengan tulisan-tulisannya ya mba...

    ReplyDelete
  7. Dari blogger siput, meningkat jadi blogger apa ya? Semoga makin semangat aja deh ngeblognya...

    ReplyDelete
  8. hihi mantap... aku juga bangga jadi blogger karena aku bisa nulis sesuka aku di blog sendiri hahaha

    ReplyDelete
  9. Saya ngeblog itu untuk senang-senang saja, jadi masih jadi tim hore-hore hehehe... Mungkin bisa diibaratkan bloger siput kali yah?

    ReplyDelete
  10. Sama mbak aku pun masih blogger siput. Aku bahkan baru mulai desember 2018. Doain yah mba biar jadi blogger citah (hewan tercepat) hehe

    ReplyDelete
  11. Yeiy, akupun bangga menjadi blogger hihi. Ayo semoga kita semakin menginspirasi selalu melalui tulisan kita, Aamiin.

    ReplyDelete
  12. Aamiin..semoga Mbak Lisa makin cetar ngeblognya di tahun ini.
    Sukses sesuai harapan yang diinginkan.
    Yuk, kapan kita ngopi di event lagi #eh

    ReplyDelete
  13. wah kalau mbak siput, mungkin saya bakteri kali yah, wkwk. mba mending baru mulai 2016. saya ini loh mulai sekitar tahun 2010 berawal dari cuman iseng saja, mulai aktif ngisi tahun 2014 (tapi gak aktif2 banget), dan sampai sekarang masih 'nol'. Jadi nyesel liat temen2 blogger dulu yang sekarang udah jadi blogger2 papan atas, hahaha

    ReplyDelete
  14. Blog walking itu memang menyenangkan, Mbak. Kita jadi tahu banyak informasi baru. Malah, sering lho, nggak sengaja menemukan artikel yang aku tuh lagi butuh-butuhnya. Beneran nambah pinter deh ikutan BW tuh. Aku sih mau rajin melanjutkan. Sambil nunggu bis, kereta, pesawat, bisaaa banget.

    ReplyDelete
  15. Mewakili sekali sih ini, Mbak. Aku masih anteng jadi blogger siput, yang belum mau unjuk diri. Suatu saat aku juga pengen bisa teriak, aku bangga menjadi narablog! (Sekarang masih malu, nulisnya aja masih bolong-bolong hiks)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..bolong bolongnya sama... yuk unjuk diri bareng bareng

      Delete
  16. Happy blogging, Mbak.
    Sama, nih dengan saya. Resolusi tahun 2019 ini harus lebih konsisten lagi nulisnya. apalagi saya ada dua blog yang mesti dirawat. hehehe mantap nian euy. kudu pinter bagi waktu. karena anak-anak selalu menunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereeen dua blog. Pernah kwpikiran mau ternak blog satu lagi yang niche nggak gado gado. Tapi masih mikir dulu lah. Konsisten itu lohh...beraat..haha

      Delete
  17. Kuncinya emang bahagia sama aktivitas blogging dulu Mbak, karena kalau udah tertekan ya malah gak fun lagi. Trus kehabisan energi. Good luck ya, Mbak Tenang aja,semua ada masanya ;)

    ReplyDelete
  18. Saya juga bangga menjadinligger mbak, walau terbilang baru, tapi oengen juga dibilang blogger, haha, semangat yuk mbak ngisi blog bareng bareng

    ReplyDelete
  19. Duh saya pun blogger siput kayaknya ... Lambat banget majunya. Semoga tahun 2019 ini bisa lebih maju

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. Hihi..yang penting tetep happi dan semangat mbak buat ngeblog

      Delete
  21. aku juga baru mulai nih. masih gratisan. baru mau berbayar

    ReplyDelete
  22. Amin, semoga tercapai ya Mbak semua yang diimpikan. ��

    ReplyDelete
  23. Wah ikutan blog competion Nodi. Karen mb udah bisa kluar dari cangkang. Semngat yaa semoga menang yess

    ReplyDelete
  24. ngeblog itu
    ngangeninnnnn

    meski pernah ninggalin bertahun-tahun
    tapi tetep pengen balik lagii

    semangat mbaa
    suksesssss yaa

    ReplyDelete
  25. Amiin, semoga resoluinya tentang blogging di tahun 2019 tercapai dengan sukses ya mbak,amiin

    ReplyDelete