Pebisnis Pemula Wajib Tahu Manfaat Hak Merek, Hak Cipta, dan Hak Paten

Manfaat Hak Cipta

Sebelum Anda ingin membangun sebuah bisnis, ternyata ada hal penting yang harus Anda ketahui. Salah satunya adalah mengetahui manfaat dari penciptaan merek, hak cipta, hingga hak patek. Terlebih hal tersebut sangat bermanfaat untuk kelangsungan bisnis yang ingin Anda bangun. Mulai dari bisnis fashion, bisnis kuliner hingga jasa, pengakuan perusahaan sangat diperlukan.

Selain Anda harus memperhatikan soal manajeman produksi, hingga keuangan, ternyata hak hak perusahaan juga termasuk hal penting sebelum membangun sebuah bisnis. Seberapa penting sih? Bagaimana cara  mengurusnya? Nah, ketiga hak tersebut ternyata juga bisa menjamin kredibilitas perusahaan. Bagi yang belum tahu, berikut peranan dari ketika hal tersebut:


Jaminan Perlindungan Hukum

Sebagai pebisnis atau pemilik perusahaan, baiknya Anda mendaftarkan perusahaan milik Anda ke perlindungan hukum, agar perusahaan mendapatkan pengakuan merek, daya cipta, dan penemuan.


Terlebih, Anda tentunya ingin sebuah ciptaan Anda tidak diakui oleh orang lain bukan? Nah, dengan memperoleh hak merek, perusahaan Anda dan lainnya bisa diakui secara sah oleh hukum. Sehingga, ketika nanti merek dagang Anda diambil oleh orang lain, yang ingin memperoleh keuntungan tanpa meminta izin untuk membangun usaha, Anda bisa mengajukan hal tersebut secara hukum.

Sebut saja, bisnis kuliner Anda yang memiliki merek dagang 'Kentang Goreng Asin' yang sudah berkembang dan dikenal banyak orang, diambil orang lain untuk membangun usaha juga. Padahal, orang tersebut belum meminta izin untuk menggunakan merek dagang tersebut. Nah, Anda bisa mengajukan secara hukum akan bisnis kuliner Anda tidak dicurangi.

Atau jika memang ingin bergabung, Anda bisa mengajukan hak royalti kepada pemakai nama merek dagang bisnis kuliner Anda. Terlebih, semua penemuan seperti ide, produk, desain, inovasi dan lainnya bisa dipatenkan melalui hak paten.

Menambah Kepercayaan Konsumen

Tidak hanya mendapatkan perlindungan secara hukum, dengan mendaftarkan bisnis Anda ke hak merek, hak cipta, dan hak paten, Anda juga akan mendapatkan kepercayaan konsumen. Karena, ketika merek dagang Anda dipatenkan, artinya semua penemuan dari bisnis Anda sudah disahkan oleh hukum dan tidak ada yang lainnya. Sehingga penemuan Anda bisa disebut merek dagang yang orisinil.

Dengan hal yang orisinil, maka para konsumen akan lebih yakin dengan produk yang Anda jual. Dari segi kualitas, kelayakan produk dan lain-lain, yang belum tentu dimiliki oleh bisnis-bisnis pinggiran.

Memberikan Keuntungan Tambahan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hak merek, hak cipta, dan hal paten bisa membantu Anda untuk melindungi kelangsungkan merek dagang Anda, namun bisa juga bisa menambah keuntungan untuk Anda.

Terlebih, jika orang lain ingin memakai hasil ciptaan Anda, diwajibkan membayar royalti atau lisensi dari produk yang diciptakan dan harus mendapatkan izin dari Anda sebagai pemilik perusahaan.

Mengurangi Plagiarisme

Kegiatan plagiarisme merupakan hal yang dapat merugikan berbagai pihak, khususnya dalam berbisnis. Bahkan tindakan plagiarisme bisa sangat meresahkan serta mengancam, di mana orang lain yang tidak bertanggung jawab melakukan pengakuan terhadap sesuatu milik atau ciptaan Anda.

Nah, dengan mendaftarkan merek dagang Anda, tindakan plagiarisma bisa dikurangi, karena semua penemuan atau ciptaan perusahaan sudah dilindungi hukum serta undang-undang akan melindungi penuh bisnis Anda.

Nah, itulah pentingnya mendaftarkan perusahaan Anda ke landasan hukum. Sehingga, bisnis yang akan Anda bangun tidak berdiri sia-sia. Selanjutnya, Anda bisa memperhatikan hal penting lainnya, seperti mencari ide atau inspirasi bisnis yang bisa memberikan keuntungan besar.

Salah satu bisnis yang saat ini sedang berkembang pesat, adalah bisnis kuliner. Terlebih, bisnis kuliner memiliki banyak jenis yang bisa Anda pilih, dan tentunya juga lebih mudah ketimbang bisnis lainnya. Untuk lebih mengetahui jenis bisnis kuliner yang sedang hits saat ini, Anda bisa baca artikel terkait inspirasi bisnis kuliner kekinian yang pastinya dengan keuntungan besar di sini: https://www.cekaja.com/info/inspirasi-bisnis-kuliner-kekinian-dengan-untung-besar/


Share:

0 komentar