Begini Loh Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube


Mendapatkan Uang dari Youtube

Belakangan ini, nama media sosial (medsos) Youtube semakin di kenal di Indonesia. Tak hanya kalangan muda generasi Z saja, tetapi kaum millenial serta generasi tua juga begitu menikmati konten-konten yang tersedia di dalamnya. Indonesia bahkan terbukti menjadi salah satu negara yang berkontribusi dalam pesatnya perkembangan medsos yang masih satu perusahaan dengan Google ini. Dengan berkembangnya Youtube, pengguna juga bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah hanya dengan mengunggah video. Ternyata, terdapat cara mendapatkan uang dari Youtube yang masih belum banyak orang ketahui.

Ya, para Youtuber (sebutan untuk pengguna dan pembuat konten di Youtube) kini dapat mendapatkan uang dari Youtube. Mereka berlomba-lomba membuat konten yang disukai pengguna lain yang melihat videonya. Tak heran jika banyak orang, terutama remaja dan kalangan muda dewasa yang bercita-cita menjadi Youtuber terkenal. Sebab penghasilan seorang Youtuber terkenal bisa menyentuh angka miliaran rupiah per bulan!


Buat Konten, Dapat Uang

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube? Sebenarnya, terdapat beberapa sumber penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari Youtube. 

Pertama, pihak Youtube memasang iklan pada selingan video yang diunggah di akun Anda. Pemasangan iklan ini biasanya terfokus pada video-video yang memiliki jumlah penonton (viewers) atau pelanggan (subscribers) yang begitu banyak. Video viral kerap mendapat slot iklan ini.

Proses pembayaran iklan yang terpasang ini akan dibayarkan oleh pihak Youtube dalam bentuk sejumlah uang yang dikirimkan ke rekening pribadi yang terdaftar di akun anda. Di kolom profil dan data diri, Anda bisa mendaftarkan rekening bank sebagai rekening penerima jikalau ada iklan yang terpasang di video anda.

Kedua, bayaran uang juga bisa didapatkan jika ada pihak yang meng-endorse. Sehingga dalam video yang Anda unggah, Anda mempromosikan sebuah produk barang atau jasa tertentu. Lewat endorsment di dalam konten video, kita bisa mendapatkan besaran uang yang beragam. Tergantung dengan jumlah viewers dan subscribers. Bayaran ini tentunya tidak lagi diberikan oleh pihak Youtube, melainkan perusahaan atau pihak yang meng-endorse.


Cara Membuat Akun Youtube Terkenal

Pada dasarnya, mendapatkan uang dari Youtube bisa diwujudkan jika akun yang dibuat memiliki subscribers dan rata-rata viewers yang cukup banyak. Tentu saja tidak mudah untuk mencapai hal ini, sebab butuh kreativitas dan inovasi dalam membuat konten. Sehingga pengguna Youtube yang lainnya tertarik untuk berlangganan akun Anda. Ada dua hal yang harus Anda jadikan aturan utama jika ingin menjadi Youtuber terkenal.

Membuat konten Youtube hampir mirip dengan membuat sebuah acara TV. Dimana Anda terkadang sulit menerka konten apa yang disukai oleh pemirsa. Coba lah melakukan riset mengenai video-video yang viral di Youtube agar Anda mendapat sekilas gambaran tentang jenis konten yang mau dibuat. Anda bisa saja terinspirasi dari video yang sudah diriset, namun jangan hanya mencontek sepenuhnya! Sebab, Anda harus memiliki ciri khas dari konten yang dibuat. Sehingga inovasi dibutuhkan sebelum membuat sebuah konten.

Misalnya, saat ini banyak sekali Youtuber yang membuat vlog (video blog) berisikan kegiatan sehari-hari. Meskipun banyak vlog sejenis, namun jika diperhatikan, semua itu memiliki ciri khas masing-masing. Ada yang berisi kegiatan sehari-hari sebagai mahasiswa yang berkuliah di luar negeri, ada pula yang membagikan kegiatannya sebagai seorang traveler, dan lain sebagainya. Pendek kata, jika ingin membuat vlog, Anda harus memastikan kegiatan harian yang anda jalani itu menarik untuk diketahui.

Namun, apapun konten yang Anda ingin buat sebagai Youtuber, pastikan untuk selalu membuat konten yang menarik tanpa menghilangkan kualitas dari video itu sendiri. Pastikan agar setiap video memiliki tujuan khusus, seperti menghibur, mengedukasi, memberi informasi, dan lain-lain.

Jika sudah menemukan ciri khas dari konten, maka Anda harus menjaga interaksi dengan penonton setia. Coba lah untuk selalu memantau komentar penonton mengenai video yang dibuat. Jangan segan pula untuk meminta kritik dan saran, agar kualitas video makin sesuai dengan keinginan penonton. Anda juga bisa mempromosikan akun Youtube ke medsos lainnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Anda juga harus mengetahui cara lengkap memantau akun Youtube dengan membaca infonya di link berikut ini https://www.cekaja.com/info/cara-mendapatkan-uang-paling-moncer-dari-youtube/

Share:

0 komentar