Tips Menjaga Berat Badan Ideal Balita

berat badan ideal balita

Adakah Bunda di sini yang masih memiliki balita di rumah? Pernah nggak sih, mendengar komentar yang kurang enak dari tetangga? Misalnya gini nih, Bunda. "Kok anaknya kurus sih? Nggak pernah dikasih makan ya? Kurang gizi nih anak!"
Atau mendengar kalimat begini, "Ih, anaknya gemuk banget. Hati-hati loh, nanti kena obesitas. Jangan dituruti permintaan makannya."

Nah, lho, gimana tuh, Bun? Serba salah ya rasanya. Anak terlihat terlalu kurus dibilang kita kurang kasih makan, anak terlalu gemuk dibilang terlalu memanjakan anak perihal makanannya. Trus gimana dong baiknya? Hehehe ... tenang-tenang, Bun. Ingat saja sebuah kalimat sakti yang pernah saya gunakan juga. "Yang penting anak saya sehat." Tapi akan muncul lagi pertanyaan, lalu apakah balita sudah terpenuhi kebutuhan gizinya?
Bunda, jika ingin si balita buah hati bunda selalu dalam keadaan sehat, bukan kebersihan dan tingkat konsumsi makanannya saja yang perlu diperhatikan, tetapi  kondisi berat badan ideal balita juga mesti dijaga. Berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Di sisi lain, berat badan yang kurang menandakan kalau si kecil tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup.
Untuk anak laki-laki usia 1 tahun, berat badan ideal yang harus dimilikinya adalah 9,6-12 kg, sedangkan untuk anak perempuan 8,9-11,3 kg. Bunda bisa menjadikan berat badan ini sebagai tolak ukur untuk mengetahui normal tidaknya berat badan buah hati Bunda. Dengan begitu, Bunda bisa menempuh langkah yang bijaksana untuk mewujudkan berat badan ideal balita buah hati Bunda. 

Asupan Gizi Untuk Berat Badan Ideal Balita

Berat badan ideal balita bisa didapatkan dengan asupan gizi yang memadai. Oleh karena itu, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa jenis gizi yang harus didapatkan oleh si kecil setiap harinya agar bisa mendapatkan berat badan ideal. Saya juga akan sebutkan jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan asupan gizi tersebut.
1.Karbohidrat
Karbohidrat tidak saja berfungsi sebagai penghasil energi bagi tubuh, tetapi juga sangat bermanfaat dalam menjaga berat badan ideal balita. Untuk anak usia 1-3 tahun, sebaiknya mengonsumsi 155 gr karbohidrat tiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Bunda bisa memberikan makanan kepada si kecil berupa 4-6 sendok nasi  saat makan siang dan makan malam. Sedangkan untuk makan pagi, disarankan 4-6 sendok nasi tersebut ditambahkan dengan satu buah kentang rebus atau satu lembar roti tawar. 
2.Protein
Protein sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang balita, disamping menjaga agar berat badan balita tetap ideal.  Untuk anak usia 1-3 tahun, sebaiknya mengonsumsi 25 gr protein setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Bunda bisa mencampurkan 2-4 potong daging sapi yang sudah dihancurkan atau ikan ukuran sedang ke dalam menu si kecil. 
3.Serat
Serat sangat bermanfaat bagi pencernaan si kecil, di samping sangat efektif dalam menjaga berat badan idel balita buah hati Bunda. Untuk anak usia 1-3 tahun, sebaiknya mengonsumsi 16 gr serat setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Bunda bisa memberikan makanan kepada si kecil berupa beras merah, roti gandum, atau oatmeal dengan campuran gandum utuh.
4.Kalium
Selain mendukung sistem saraf dan otot, kalium juga berfungsi menjaga keseimbangan berat badan ideal balita. Untuk anak usia 1-3 tahun, sebaiknya mengkonsumsi kalium sebesar 2,5 cc atau 2,5 mEq/ kgBB setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Bunda bisa memberikan kepada si kecil makanan yang mengandung tomat, ikan, kerang , atau tiram.
5.Susu
Semua asupan nutrisi di atas tentu saja tidak akan sempurna jika tidak digabungkan dengan susu untuk pertumbuhannya. Untuk anak usia 1-3 tahun, sebaiknya mengonsumsi dua gelas susu pertumbuhan setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, bunda bisa memberikan kepada si kecil susu formula DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+  yang mengandung kalsium, protein, vitamin (A, D, E, K C, ), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), dan banyak kandungan bermanfaat lainnya. 
Selain memenuhi kebutuhan asupan gizi yang telah kami sebutkan di atas, Bunda jangan sampai lupa untuk menambahkan sayuran dan buah-buahan ke dalam menu harian si kecil. Sebab, badan kesehatan dunia  (WHO) menganjurkan agar sayuran dan buah-buahan dikonsumsi setiap orang per hari sebanyak  400 gr (250 gr sayur dan 150 gr buah).
Nah, Bunda, di atas tadi sudah saya tuliskan tips untuk menjaga berat badan ideal balita. Yuk, mulai cek apakah makanan si kecil sudah memenuhi asupan gizi atau belum, agar berat badannya tidak berada di bawah berat badan ideal. Semoga tulisan di atas bermanfaat, ya, Bunda.

Share:

0 komentar