Inilah Manfaat Teh Hitam yang Jarang Diketahui Sebelumnya

manfaat teh hitam


Bagi penggemar teh, jenis-jenis teh tentu sudah tidak asing lagi. Penggemar teh pasti juga tahu kalau teh memiliki banyak jenis, termasuk teh hitam. Teh hitam ini difermentasi sebelum diproses dalam pemanasan akhir. Minum secangkir teh hitam secara teratur dipercaya mampu memperbaiki kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat teh hitam yang mungkin belum Anda ketahui lebih dalam.

Kesehatan Mulut

Banyak penelitian yang menghasilkan bahwa teh hitam mampu mengurangi pembentukan plak dan membatasi pertumbuhan bakteri serta mendorong pembentukan gigi berlubang. Kandungan polifenol yang ditemukan dalam teh hitam mampu membunuh bakteri penyebab ronggo serta menghambat pertumbuhan enzim bakteri yang membentuk plak dalam gigi.

Jantung yang Lebih Baik
Manfaat teh hitam lainnya yakni membuat jantung Anda lebih baik. Dalam penelitian tahun 2009, menyebutkan kalau konsumsi teh hijau dan teh hitam dapat mengatasi stroke. Orang yang mengonsumsi 3 atau lebih cangkir teh memiliki risiko 21% lebih rendah dari stroke daripada orang yang mengonsumsi kurang dari 1 cangkir teh hijau atau hitam per hari.

Sumber Antioksidan

Teh hitam ini mengandung polifenol yang juga sebagai sumber antioksidan. Fungsi polifenol ini yakni memblokir kerusakan DNA yang terkait dalam tembakau atau bahan kimia beracun lainnya. Antioksidan ini berbeda dari yang diperoleh dari buah-buahan dan sayuran dan oleh karena itu sebagai bagian rutin dari diet kita, mereka dapat memberikan manfaat tambahan terhadap gaya hidup yang sehat.

Mencegah Kanker

Manfaat teh hitam yang paling luar biasa yakni mampu mencegah kanker. Beberapa penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa antioksidan seperti polifenol dan katekin dalam teh dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Telah disarankan bahwa wanita yang minum teh hitam secara teratur memiliki peluang lebih rendah terkena kanker ovarium daripada teman mereka.

Menciptakan Tulang yang Sehat

Aktivitas rutin mengonsumsi teh hitam akan membuat tulang Anda semakin kuat dan memungkinkan akan lebih rendah berkembang sebagai radang sendi karena phytochemical yang ditemukan dalam teh.

Menurunkan Risiko Diabetes

Dalam penelitian yang dilakukan untuk orang-orang lanjut usia, ditemukan bahwa orang yang telah mengonsumsi teh hitam secara jangka panjang pada tingkat moderat (1-2 cangkir per hari) memiliki kecepatan 70% lebih rendah berkembang menjadi diabetes tipe 2.

Meringankan Stres

Manfaat teh hitam yang selalu diinginkan banyak orang yakni mengurangi stres. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam amino L-theanine dalam teh hitam dapat membantu Anda berkonsentrasi lebih baik. Teh hitam juga telah terbukti mengurangi kadar hormon stres kortisol bila dikonsumsi dalam jumlah sedang secara teratur.

Sistem Kekebalan Tubuh yang Lebih Baik

Teh hitam mengandung antigen alkilamin yang membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh kita. Selain itu juga mengandung tanin yang memiliki kemampuan untuk melawan virus dan karenanya menjaga kita terlindungi dari influenza, flu perut dan virus lain yang biasa ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Saluran Pencernaan Sehat
Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tanin juga memiliki efek terapeutik pada penyakit lambung dan usus dan juga membantu menurunkan aktivitas pencernaan.
 
Meningkatkan Energi
Tidak seperti minuman lain yang memiliki kandungan kafein relatif lebih tinggi, jumlah kafein yang rendah dalam teh dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak tanpa terlalu merangsang jantung. Ini juga merangsang metabolisme dan sistem pernapasan, serta jantung dan ginjal.

Itulah beberapa manfaat teh hitam jika diminum secara rutin dengan intensitas 1-2 gelas per hari. Anda akan merasakan tubuh Anda lebih baik karena tidak lagi sering stres dan memicu penyakit tertentu. Yuk, konsumsi teh hitam secara ruitn!


Share:

0 komentar