Inilah Cara Menghilangkan Bekas Lem Pada Pakaian yang Wajib Ibu Coba


cara menghilangkan bekas lem

Di zaman modern seperti saat ini, ada sekian banyak permainan yang bisa dimainkan sejak anak berusia dini hingga remaja. Bahkan beberapa permainan diklaim bisa membantu tumbuh kembang anak berjalan lebih baik. Hal inilah yang mendasari bidang pendidikan menggabungkan kegiatan bermain anak dengan kegiatan belajar seperti membuat kerajinan tangan agar anak bisa tetap asyik bermain sambil belajar.

Apa yang terjadi jika anak pulang sekolah dengan kondisi banyak noda lem yang menempel di seragamnya? Tentu hal ini akan menjadi PR yang cukup meresahkan bagi setiap ibu. Namun, ternyata saat ini sudah ditemukan cara menghilangkan bekas lem pada pakaian yang bisa dilakukan para ibu. Untuk menghilangkan noda lem pada pakaian, ibu bisa melakukan beberapa teknik mencuci yang cukup sederhana.

Untuk menghilangkan noda lem tersebut, hal pertama yang harus ibu lakukan adalah mengeringkan noda lem tersebut. Setelah noda lem pada pakaian kering, ibu harus mencoba menghilangkan lapisan atas noda lem dengan cara mengikis lem tersebut. Cara yang bisa dilakukan untuk mengikis lem tersebut adalah dengan menggosok lem menggunakan sikat cuci berbahan bulu yang agak keras.

Cara menghilangkan bekas lem pada pakaian selanjutnya adalah dengan merendam pakaian menggunakan air dingin. Setelah lapisan atas lem terkikis, ibu hanya perlu merendam pakaian menggunakan air dingin selama satu malam. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika jenis lem yang ada pada pakaian merupakan lem yang berbahan dasar air. Lem yang berbahan dasar air akan memberikan reaksi yang cukup baik jika mulai dibersihkan menggunakan air dingin. Jika noda lem berbahan dasar air direndam menggunakan air hangat maka justru akan menyebabkan lem sulit dihilangkan. Ibu bisa merendam pakaian bernoda lem ini menggunakan air dingin selama satu malam dan mencuci pakaian tersebut keesokan harinya. Setelah direndam air dingin, noda lem pada pakaian akan lebih mudah dihilangkan.

Setelah pakaian direndam, cara menghilangkan bekas lem selanjutnya adalah dengan mencuci pakaian tersebut. Ibu bisa mulai mencuci pakaian dengan mengoleskan detergen cuci berbentuk cair pada noda lem. Detergen yang berbentuk cair dinilai mampu menangani noda lem lebih efektif dengan menggunakan cara yang lebih lembut dari detergen bubuk. Tambahkan detergen pada sisa lem, pijat lembut untuk memastikan detergen menyerap ke dalam kain. Setelah detergen cair menyerap ke dalam pakaian, ibu bisa mencuci pakaian menggunakan mesin cuci seperti biasa. Saat mencuci menggunakan mesin cuci, ada baiknya ibu menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 30 derajat agar proses mencuci bisa lebih efektif. Selain itu, cara menghilangkan bekas lem ini juga akan memberikan hasil yang maksimal jika ibu menambahkan kembali detergen cuci pada proses pencucian menggunakan mesin cuci tersebut.

Setelah seluruh proses ini selesai, dipastikan ibu akan bisa tersenyum bahagia setelah melihat noda lem pada pakaian anak menghilang dengan sempurna. Sayangnya cara sederhana ini baru bisa dilakukan jika noda lem berasal dari lem berbahan dasar air.

Jika noda lem berasal dari lem super, maka ibu harus mengganti proses perendaman pakaian menggunakan air dingin dengan menggosokkan cairan aseton pada noda tersebut. Seperti diketahui, cairan aseton bisa berpotensi merusak serat pakaian sehingga ibu harus mempertimbangkan kembali langkah yang satu ini.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas lem yang bisa dilakukan ibu untuk mengembalikan kebersihan pakaian anak. Kebersihan pakaian anak bisa memberikan kenyamanan pada anak saat berekspresi dengan kegiatan belajarnya dan memberikan kebahagiaan. Karena kebahagiaan anak merupakan awal terwujudnya mimpi besar keluarga.

Share:

0 komentar