Tips Bagi Karyawan Belajar Bahasa Inggris

tips bagi karyawan belajar bahasa inggris


Saya masih ingat betul, saat masih sekolah mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi mapel yang sulit bagi saya. Entahlah, apa yang membuat saya pada masa itu menganggap bahasa inggris itu nggak semudah mapel hitungan. Alhasil, kemampuan bahasa inggris yang saya kuasai  minim banget, hanya mampu menguasai yes no dan versi materi untuk anak SD. Parah ya? Beruntunglah saya terjun di dunia kerja sebagai guru SD. Kalau di sebuah perusahaan, wah, bisa-bisa saya nggak kepake nih! Ini pula yang saya lakukan kepada anak-anak agar jangan seperti emaknya yang nggak memiliki keterampilan berbasa inggris. Kenapa?

Kita semua tahu ya, keterampilan berbahasa Inggris sangat diperlukan di dunia kerja, terutama di perusahaan asing. Sebagai karyawan, kita perlu memiliki keterampilan berbahasa Inggris agar dapat bersaing di tempat kerja. Soalnya, seorang karyawan yang menguasai bahasa Inggris merupakan aset yang berharga untuk perusahaan.
Apalagi jika bisa berbicara dengan bahasa inggris yang baik itu menjadi salah satu kelebihan tersendiri. Bagi Anda yang sedang bekerja di Surabaya, banyak sekali tempat les speaking di Surabaya atau bias juga mencari tempat les terdekat di kota Anda bekerja ataupun atau tinggal. Namun, di tengah kesibukan yang begitu padat bagaimana Anda bisa meluangkan waktu untuk belajar bahasa Inggris di tempat kursus ataupun secara otodidak.
Tentu ini menjadi sebuah permasalahan baru. Jangankan untuk belajar, waktu untuk menyelesaikan pekerjaan kantor saja sering kurang. Nah, loh?
Lalu, bagaimana caranya agar bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak walaupun kerjaan menumpuk? Jangan khawatir,  tips berikut ini bisa Anda coba.
  1. Ajukan program “English Day” kepada perusahaan
Sebuah program dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan Anda. Selain membuat program belajar untuk diri sendiri, Anda pun dapat mengajukan sebuah program yang berkaitan dengan bahasa Inggris kepada perusahaan Anda.
Misalnya “English Day” yaitu dalam satu hari tertentu semua karyawan wajib menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan sehari-hari. Untuk
Ide tersebut tentu akan disambut baik oleh atasan Anda, jika Anda mengajukannya dengan penjelasan-penjelasan yang logis dan bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan.
Tentu hal ini akan menggembirakan atasan karena Anda termasuk karyawan yang peduli dengan perkembangan perusahaan.
  1. Berkunjung Ke Tempat Wisata
 Berkunjung ke tempat wisata adalah salah satu cara terbaik yang bisa dicoba, apalagi tempat wisata tersebut banyak orang asing yang berkunjung. Anda pun bisa berkunjung ke tempat wisata di Indonesia yang sudah terkenal ke luar negeri, misalkan berkunjung ke danau Ranau. Di sana Anda akan mendapatkan pengalaman berwisata di danau ranau yang sangat bermanfaat  menggunakan bahasa inggris.
 Nah, itulah tips mudah belajar bahasa inggris bagi karyawan. Tips di atas bisa diterapkan agar kita menguasai keterampilan bahasa inggris meskipun sudah bekerja sebagai karyawan. Ingat, bukankah menuntut ilmu tidak mengenal  usia?

Share:

0 komentar