Mengintip Acara Wisuda XIV STTB Bandung



Ingat diwisuda, rasane tuh nano-nano ya. Antara bahagia, terharu, dan nggak nyangka bisa juga sampai tahap wisuda sebagai bukti pencapaian yang telah ditempuh setelah sekian tahun menempuh pendidikan dan berjuang. Trus, kalau lihat acara wisuda tuh, kok saya pengen ikutan wisuda lagi ya. Hehe ... sama nggak sih? (Emang lihat acara wisuda di mana?)

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) pada tanggal 11 Januari 2020 telah menggelar acara wisuda ke-XIV di Harris Hotel & Convention Hall Bandung untuk 209 mahasiswa dengan rincian sebagai berikut:
1. Teknik Industri 113
2. Teknik Informatika 70
3. Desain Komunikasi Visual 26

Kerennya lagi acara wisuda ini dihadiri oleh Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A sebagai Keynote Speaker.


Ada apalagi sih, acara wisuda XIV STTB Bandung?
Yuk, ah, kita lihat acaranya dari awal.


Pembukaan
Tahun ini STTB Bandung menggelar acara wisuda XIV di Harris Hotel &Convention Hall Bandung Jl. Peta No. 24. Bojongloa Kaler, Kota Bandung Jawa Barat 40231. Acara dimulai dari pukul 08.00-12.15 WIB. Sebelum serangkaian acara inti dimulai, ada tampilan tari Jaipong dari Unit Seni Tari STT Bandung sebagai pembuka acara. Tarian daerah yang disajikan oleh mahasiswa STTB Bandung ini merupakan tarian ucapan selamat datang kepada para hadirin yang datang dalam acara wisuda. Acara pun dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars STTB Bandung. 

Sebagai Ketua STTB Bandung, Bapak Muchamad Naseer S. Kom, M.T mengawali acara dengan memberikan laporan prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa STTB dan para dosen. Banyak prestasi yang telah diraih oleh mahasiswanya, salah satunya mampu menciptakan aplikasi yang membantu pekerjaan perangkat desa. Bahkan aplikasi ini juga sudah dipakai oleh beberapa kelurahan dan desa di Bandung. Keren ya! Apalagi jika aplikasi ini nantinya bisa digunakan oleh seluruh perangkat desa yang ada di Indonesia.

Tidak hanya mahasiswanya yang telah menorehkan prestasi, para pengajar atau dosennya juga nggak kalah hebat loh. Beberapa dosen mampu mendapatkan dana hibah dari pemerintah untuk mengembangkan penelitian. Bahkan ada beberapa dosen yang karyanya sudah masuk ke dalam jurnal internasional. Wah, prestasi yang luar biasa dari para dosen. 

Nah, tiba lah pada orasi ilmiah dari Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA sebagai keynote speaker. Hmm ... orasi dari Bapak Ilham Habibie ini benar-benar menggambarkan realita negara Indonesia yang bersaing dengan negara lain dalam industri 4.0.

Bapak Ilham Habibie mengangkat tema Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0

Dalam orasinya Bapak Ilham menjelaskan tentang ekonomi di masa datang harus mengandalkan inovasi, di mana ada 4 hal yang perlu diperhatikan oleh negara di dunia ini untuk mencapai potensi maksimal masa depan, yaitu:
1. Berinvestai ke Human Capital
2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
3. Membina dan Mendukung Inovasi dan Kewirausahaan
4. Meminimalkan Kemiskinan

Ada yang menarik buat saya dari orasi beliau, yaitu poin 3. Ketika Indonesia sudah mendukung inovasi, tapi kewirausahaan belum mendukung, hasilnya inovasi itu akan kurang bermakna. Contohnya, inovasi tentang robotik. Tapi apakah industri di Indonesia sudah mendukung inovasi robotik ini? Nyantanya Indonesia belum mendukung inovasi robotik ini.

Itulah mengapa perlunya dukungan inovasi berbarengan dengan kewirausahaan. Bahkan Bapak Ilham menegaskan bahwa poin 1 dan 2 di atas sebagai prasyarat untuk poin 3. Dan ketiga poin merupakan kontribusi yang signifikan dan berkesinambungan untuk mencapai poin no 4. Hmm ... jadi, nggak bisa ya, hanya diperhatikan pada satu poin saja.

Inovasi seatinya juga diiringi oleh teknologi dan kewirausahaan, di mana inovasi menghubungkan teknologi dan kewirausahaan. 

Beliau juga menyebutkan, Ekonomi di masa mendatang akan dipengaruhi dan dibentuk oleh teknologi, inovasi, dan kewirausahaan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dan kebutuhan yang timbul dari kelima megatrends berikut ini:
1. Urbanisasi Cepat
2. Perubahan Iklim dan Kelangkaan Sumber Daya
3. Pergeseran Kekuatan Ekonomi Global
4. Perubahan Demografi dan Sosial
5. Gebrakan Teknologi

Dan ini lah Indonesia kini:




Beberapa Hal Penting Mengenai Industri 4.0





Bapak Ilham Habibie juga menyinggung tentang Masyarakat 5.0




Acara Inti
Dalam acara wisuda XIV STTB Bandung, ada beberapa wisudawan yang menorehkan prestasi dan mendapatkan penghargaan, yaitu:

Skripsi Terbaik Teknologi Industri diraih oleh wisudawan:
1. Virgiawan Chandra Bakti, S.T
2. Indra Rumnaa, S.T
3. Zaenal Uyun, S.T

Wisudawan Terbaik Teknologi Industri: Dheyu Laksmi Wulandari, S.T

Skripsi Terbaik Teknologi Informasi diraih oleh wisudawan:
1. Deri Hermawan, S.Kom
2. Regina Sukma Citra, S.Kom
3. Yasti Aisyah Primanjani, S.Kom
 
Wisudawan Terbaik Teknologi Informasi: Muhammad Rizal Mutaqin, S.Kom

Skripsi Terbaik Desain Komunikasi Visual diraih oleh wisudawan:
1. Andri Setiawan, S.Ds
2. Bagus Arya Suseno, S.Ds
3. Luthfi Alfarizi, S.Ds

Wisudawan Terbaik Desain Komunikasi Visual: Tiffani Zeta D, S.Ds
 
Para wisudawan terbaik di atas mendapatkan penghargaan dari STTB Bandung. Acara pun dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara STTB dengan PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, dan Biofarma.

Penutupan 
Serangkaian acara yang berlangsung dari pagi hingga siang ditutup dengan pesan dan kesan dari para wisudawan, apresiasi terhadap orangtua, pembacaan doa, dan hiburan.

Satu langkah dalam menempuh pendidikan telah dilampaui bagi para wisudawan. Semoga langkah-langkah selanjutnya akan dimudahkan dalam menerapkan ilmu yang telah didapatnya ke kehidupan masyarakat sehingga membawa keberkahan dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia. 

Selamat kepada STTB Bandung yang telah berhasil menyelenggarakan acara wisuda ke-14 dengan sukses dan khidmat. Semoga STTB Bandung makin sukses dalam mempersiapkan generasi muda yang unggul sebagai penerus cita-cita bangsa.


Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
www.sttbandung.ac.id
Jl. Soekarno Hatta No. 378 Bandung 40235
Phone. (+6222) 522 4000, Fax. (+6222) 520 9272
Email. info@sttbandung.ac.id
Twitter/IG/FB: @sttbandung  

Share:

2 komentar

  1. Baru masuk semester 6, dan semoga perjalanan sampai wisuda nanti dilancarkan.

    Seru juga ya mengikuti wisudaan begini. Dan baru tahu ada Keynote Speaker untuk acara wisuda. Apa semua wisudaan begitu?

    ReplyDelete