Jamur, Makanan Kaya Nutrisi yang Banyak Terdapat di Hutan

Hasil gambar untuk gambar jamur kuping hutan
e-jurnal.com

“Mama, masak jamur yang kayak waktu di embah gunung,” pinta si kakak saat saya akan ke warung sayur.
“Jamur kuping?” tanya saya.
Si kakak mengangguk. “Semoga ada ya di warung. Soalnya jamur kuping jarang ada di warung. Biasanya jamur tiram saja yang ada.”
Si kakak pun mengangguk paham.

Embah gunung adalah sebutan bagi orangtua dari ayahnya. Ayahnya anak-anak memang lahir dan besar di Desa Saptosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Setiap kali kami mudik, anak-anak suka mengeluh, susah buat beli makanan kesukaan mereka, mau jajan jauh, terus masaknya hanya bisa menu itu-itu saja. Berganti menu masakan kalau ada pasar, sedangkan pasar hanya ada pekanan, nggak setiap hari.

Otomatis anak-anak suka protes ketika emaknya hanya memasak bayam, jamur, tahu, tempe, dan kacang panjang yang hanya divariasikan dengan bahan itu-itu saja. Dan sayuran itu juga dipetiknya dari kebun embahnya sendiri atau mengambil dari hutan. Kalau ingin makan pecel lele atau pecel ayam, nasi goreng atau mi goreng harus keluar agak jauh dari rumah embahnya. Itu juga harus melewati jalanan yang gelap dengan kanan kiri pohon jati lebat.

Nah, kembali lagi ke jamur yang sering dipetik oleh embah buat dimasak. Anak-anak yang awalnya nggak suka makan jamur ini, mau nggak mau jadi makan dengan terpaksa. Hahaha ....
Namun, jadi ada hikmahnya, anak-anak mulai sering meminta jamur ketika sudah kembali lagi ke Bogor.

Tentang jamur, Indonesia memang kaya dengan tanaman satu ini. Ada banyak jenis jamur yang dihasilkan dari hutan dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Namun, harus tetap hati-hati untuk mengonsumsinya. Tidak semua jamur di hutan bisa diolah dan dimakan. Salah satu jamur yang dihasilkan dari hutan adalah jamur kuping.

Jamur Kuping

Ini salah satu jamur liar yang yang populer sekali. Memiliki nama latin Aucirularia Polytricha atau disebut juga dengan jamur hitam. Bentuknya yang menyerupai telinga manusia, membuatnya disebut jamur kuping. Jamur ini tumbuh dan menempel di batang kayu yang sudah membusuk di tempat basah dan lembab. Ada beberapa jenis jamur kuping yang tumbuh liar di hutan, yaitu jamur kuping hitam, jamur kuping merah, dan jamur kuping putih.

Nah, jamur kuping yang kami nikmati itu adalah jamur kuping merah. 
Ciri-ciri jamur kuping adalah:
a. Memiliki tubuh yang kenyal ketika masih segar dan keras ketika dalam kondisi kering
b. Berbentuk seperti telinga
c. Memiliki diameter sekitar 2-15 cm
d. Daging jamurnya tipis dan kenyal
e. Pada umumnya berwarna hitam, coklat tua atau kehitaman.

Anak-anak paling suka dengan jamur kuping yang saya masak menjadi sup. Tentu saja saya campur dengan dengan potongan bakso dan wortel. Terkadang saya memasaknya dengan soun goreng yang saya campur juga dengan bakso. Rasanya yang kenyal menimbulkan sensasi seperti daging, kata anak-anak. Selain kenyal, jamur kuping juga memiliki rasa yang unik. Inilah yang membuat anak-anak ketagihan untuk menikmati jamur kuping ini.

Hasil gambar untuk gambar sup jamur kuping
sajiansedap-grid,id


Apa sih yang membuatnya istimewa? Kandungan nutrisi pada jamur sangat penting untuk kesehatan tubuh. 
Berikut manfaat jamur kuping yang dilansir dari hellosehat.com:

1. Mencegah Alzheimer
Penyakit Alzheimer adalah kondisi penurunan fungsi otak yang biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Nutrisi dari jamur diyakini mampu menghambat enzim beta site yang bertanggung jawab untuk melepaskan beta-amyloid peptida, senyawa yang dapat berdampak buruk bagi otak.

2. Merawat Sel-sel Tubuh
Satu gelas jamur kuping mampu menyediakan 80 kalori dengan lemak kurang dari 1 gram dan 2,6 gram protein. Kandungan protein akan membantu tubuh untuk membangun sel-sel tubuh yang telah rusak.

Jamur juga mengandung natrium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Menjaga Berat Badan
Jamur merupakan makanan yang tinggi serat yang baik bagi pencernaan, yaitu membantu gerakan usus sehingga dapat mencegah sembelit. Selain itu dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat bisa membuat kenyang lebih lama sehingga cocok untuk diet.

4. Mencegah Anemia
Jamur kuping memiliki 1,7 mg zat besi yang sangat penting untuk memproduksi sel darah merah. zat ebsi juga dapat menghasilkan protein seperti hemoglobin dan mioglobin yang berperan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Jamur kuping mengandung vitamin B2 yang disebut juga dengan riboflavin yang berfungsi mengubah karbohidrat menjadi glukosa sebagai sumber energi nantinya. Vitamin B2 juga menutrisi rambut, kulit, mata, dan hati agar tetap sehat.

Menikmati makanan yang kaya akan nutrisi tidak harus makanan mewah ya. Dari sebuah jamur yang bisa dihasilkan dari hutan ternyata mampu memberikan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Konon, masyarakat di Indonesia diprediksi akan mengalami krisis pangan 10 atau 20 tahun mendatang. Padahal Indonesia merupakan negara yang kaya dengan hasil hutan dan tentu saja banyak bahan pangan yang bisa dihasilkan dari hutan untuk dijadikan bahan makanan untuk masyarakat Indonesia.

Selaras dengan visi misi yang diluncurkan oleh WALHI, Wahana Lingkungan  Hidup Indonesia, yaitu mendorong upaya penyelamatan dan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia sehingga akan mewujudkan tatanan sosial, ekonomi, dan politik yang adil dan demokratis yang menjamin hak-hak rakyat atas sumber-sumber kehidupan dan lingkungan hidup yang sehat dan berkelanjutan.

Semoga Indonesia tidak mengalami krisis pangan seperti prediksi LIPI, karena hutan di Indonesia bisa dijadikan sebagai hutan sumber pangan. Ingat, tidak hanya satu jenis makanan yang bisa dijadikan bahan makanan lezat untuk disantap, masih banyak jenis tanaman yang bisa dinikmati dan dijadikan sebagai sumber pangan yang bernutrisi.

So, tidak ada lagi alasan untuk tidak menyediakan makanan yang bernutrisi padahal bahannya tersedia melimpah dari tanah Indonesia. Salah satunya jamur kuping yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan. Pengolahan yang tepat tentu saja akan menghasilkan hidangan yang lezat dan disukai oleh anak-anak. Mari kita jaga hutan Indonesia agar tetap menjadi paru-paru dunia dan tetap menyediakan sumber makanan bagi masyarakat di sekitarnya.

Share:

15 komentar

  1. Supnya sungguh menggoda..Anak-anak di rumah juga suka kalau sup saya tambahkan jamur kuping Mbak Lisa
    Dan manfaatnya banyak ternyata ya. Memang hutan adalah sumber pangan yang mesti kita lestarikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, jamur ini doang yang kalau disayur anak-anak mau makan. Jamur lainnya kudu digoreng

      Delete
  2. Ternyata banyak sekali manfat jamur kuping ya Mbak. Bisa untuk mencegah alzeimer juga. Rasanya juga lezat.

    ReplyDelete
  3. Selalu suka dengan sup jamur kuping. Apalagi kaya manfaat dan banyak tumbuh di hutan Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Saya suka banget jamur ini, kenyal-kenyal tapi krenyes gimana gitu ya? Gurih juga. Berhubung anak-anak sudah besar, kalau saya biasanya ditumis pakai cabai hijau. Enak, pedeeeesss.

    ReplyDelete
  5. Suka banget sama jamur kuping ini. Kenyal dan krenyes gimana gitu ya, biasanya kalau ga masuk sup, aku tumis sama cabe hijau. Yummi

    ReplyDelete
  6. Suka banget sama jamur kuping ini. Rasanya manis terus krenyes-krenyes gitu, ya. Cocok banget memang dimasak bareng soun goreng atau sup bareng wortel, tahu, bakso ikan, dan brokoli. Wah, jadi kepengen masak sup jamur nih hari ini.

    Dipikir-pikir, sumber pangan kita itu banyak banget, ya. Makanya nih, harus membiasakan diri menikmati menu makanan yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  7. Kalau yuni, nemu jamur kuping itu di kuah tekwan. Sedap banget lah pokoknya. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Aku sukaaa segala jenis jamur. Dimasak apa aja enak. Ditumis, goreng krispi, pakai keju leleh-leleh, disup...Waaah...jadi ngiler.
    Beruntungnya Indonesia negara tropis kaya hutan, yang bermacam tanaman pangan tumbuh.

    ReplyDelete
  9. Jamur emang enak dan mudah dikreasikan sama bermacam bahan lain ya mba. Anakku sukanya digoreng kering pake tepung atau dioseng ama kucai. Sip markosip pokoknya hehehe

    ReplyDelete
  10. Aku suka masak jamur mba dan kadang di crispy. Aku tahu ada jamur hitam ama jamur yang warnanya putih. Hihihi gitu aku ngebedainnya. Soalnya ga tahu namanya. Hihihi. Aku jadi kepikiran juga jadiin jamur kuping buat disop. Soalnya belum pernah. Biasanya cuma di tumis doang. Makasih idenya mba 🙂

    ReplyDelete
  11. jamur yang tumbuh liar juga ternyata kaya manfaat, jadi ngiler lihat sup mya mba lisa :-)

    ReplyDelete
  12. Sop Jamur Kuping kesukaanku, tapi harus masakan Ibuk. Kalau masakanku sendiri kok kurang gimana gitu ya. Padahal udah bolak-balik diajari, hehe. Jamur kuping juga enak buat bakso dan campuran bihun.Ah pokoknya enak dan banyak manfaatnya untuk tubuh.

    ReplyDelete
  13. Wah, aku juga suka nih jamur kuping. Biasanya aku masak sayur pedas gitu atau disup dan campuran mie goreng. Nah, kebetulan sekali suamiku adalah petani jamur kuping dan tiap hari jual jamur rutin.

    ReplyDelete
  14. jamur kuping ini memberi kenangan sendiri semasa aku masih kecil, Mbak Lis. Kalo main umpet2an sama temen, biasanya kita sembunyi dibalik kayu-kayu tua. Nah, biasanya di kayu itu kita akan menemukan jamurnya. Eh, keasyikan ambil jamur kita ketahuan deh sama temen yg lagi nyari. btw, skrgmh banyaknya jamur kuping yg keringan yaa

    ReplyDelete