Bersama Hoala Koala, Menyanyikan Lagu Anak Menjadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

hoala koala

Besok nyanyi apa, ya di depan kelas? Coba ada lagu anak Indonesia kekinian,  nggak hanya lagu anak itu lagi itu lagi.

Yap, itulah kata batin saya setiap kali usai menemani anak-anak baik di kelas daring atau luring. Selain membacakan cerita, saya berusaha juga untuk menyanyikan lagu anak kepada mereka. Tentu saja alasannya klasik sekali, agar anak-anak zaman now tidak melupakan lagu anak. Inget banget dong, pada era tahun 90-an, lagu anak itu hits banget. Bahkan stasiun TV Nasional mempunyai program khusus menayangkan lagu anak sebelum lagu dewasa berputar. Dan itu surganya saya banget ketika masih anak-anak. Sayangnya, anak zaman now, kalau ditanya lagu anak, mereka hanya tahu sedikit sekali. Justru mereka lebih banyak tahu kagu-lagu dewasa yang aduhai, sungguh membuat hati saya berasa dicubit. Apalagi saya adalah guru SD, rasanya sedikit tertampar ketika istirahat mereka bukannya menyanyikan lagu anak justru yang dihapal di luar kepala adalah lagu orang dewasa. Ketika saya mnegubah hapalan rumus ke dalam lagu anak, mereka banyak yang nggak tahu lagunya. Duh, miris ya!

Kenapa saya repot-repot untuk mempelajari lagu anak? Jujur, meskipun suara saya kata anak-anak di rumah nggak layak buat menyanyi, tapi saya selalu PeDe jika sudah menyanyi di depan anak-anak didik saya di kelas. Alasan saya hanya satu, saya ingin mengajak anak-anak bernyanyi sebelum memulai pelajaran agar anak-anak menjadi senang dan gembira sebelum saya memberikan materi dan mereka mengerjakan tantangan. Ketika anak-anak sudah memasuki fase gembira, maka akan memudahkan bagi saya untuk mengajaknya konsentrasi dan focus terhadap apa yang akan saya berikan di depan kelas.

Permasalahan yang terjadi adalah, lagu anak yang kekinian mulai susah saya jumpai. Alhasil, saya seperti kaset rusak yang hanya memutar lagu anak itu-itu saja. Terkadang saya harus ngubek-ngubek channel youtube atau spotify hanya untuk mencari lagu anak kekinian. Hingga suatu hari, saya tak sengaja menemukan satu channel lagu anak yang WOWW banget di spotify. Langsung deh, saya follow channelnya begitu usai mendengarkan lagu-lagunya yang bagus banget. Ternyata nggak hanya ada di Spotify, di youtube pun saya bisa menontonnya. Jreng ... jreng ... saya menemukan channel lagu anak bernama Hoala Koala.

Wah, apa sih, Hoala Koala? Yuk, kenalan dulu dengan Hoala Koala.

Sekilas tentang Hoala Koala

hoala koala


Hoala dan Koala ini adalah sebuah channel youtube lagu dan animasi anak yang digambarkan dengan dua orang sahabat menggunakan animasi 3D. Hoala adalah nama seorang anak perempuan, sedangkan Koala adalah gambaran karakter untuk hewan koala. Bentuk karakternya yang terlihat lucu, membuat saya gemas dengan penggambaran dua karakter ini. Hoala dan Koala ini digambarkan sebagai karakter yang suka bernyanyi. Setiap ada kejadian, maka mereka berdua akan bernyanyi berkaitan dengan kejadian yang baru saja dialami.

Apakah hanya dua karakter ini yang muncul di Hoala Koala?

hoala koala


Oh, tidak! Selain tokoh Hoala dan Koala, ada juga karakter Ayah, ibu, Miss Jeruk, yang juga bisa bernyanyi.

Mengapa harus Hoala Koala?

hoala koala


1. 
Hoala Koala digambarkan dengan tokoh animasi 3D yang tentunya tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia music anak. Hal ini tentu saja tidak akan menimbulkan kekhawatiran tokoh karakter 3D akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.

 2. Ada banyak karakter dan suara dalam Hoala Koala yang diharapkan dapat menghibur anak-anak dan para orangtua yang sdang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala dan Koala.

 3.     Saat ini Hoala dan Koala sudah memiliki 5 album dan sudah lebih dari 45 lagu anak-anak yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.

4.   Penggarapan Hoala dan Koala yang mendapatkan perlakukan istimewa. Hoala dan Koala menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. Terbukti dengan banyaknya musisi internasional yang dilibatkan dalam pembuatan aransemen dari music Hoala dan Koala. Hal ini tentu saja menghasilkan kualitas vocal yang tidak perlu diragukan lagi.

5.     Banyaknya instrument dan beragam alat musik yang digunakan dalam penggarapan album-album Hoala dan Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, clarinet, cello, harpa, hingga instrument etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung juga ada.

6.     Hoala dan Koala memiliki keunikan dalam pemilihan genre musiknya. Tidak hanya satu genre pop children yang diangkat oleh Hoala dan Koala, tapi juga terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Dengan begitu banyaknya kelebihan yang ditampilkan oleh Hoala dan Koala, diharapkan kehadiran Hoala dan Koala dapat membangkitkan kembali dunia music anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak.

Terima kasih Hoala dan Koala yang sudah membantu saya sebagai guru SD saat menyanyikan lagu anak kekinian.

Share:

0 komentar