Miliki Keahlian Bersama QuBisa Sebelum Memasuki Dunia Kerja

QuBisa

Ibarat seorang pahlawan yang akan pergi bertanding ke medan perang, hendaknya sudah menyiapkan bekal agar di dalam peperangan nanti tidak langsung didor oleh musuh. Begitu pula dengan seseorang yang memutuskan untuk memasuki dunia kerja. Kalau kamu nggak nyiapain apa-apa, siap-siap aja bakal tergeser dari ketatnya pelamar kerja lainnya.

Tentunya kamu ingin menonjol di antara pelamar lainnya agar dipilih, bukan? Lalu, apa yang harus disiapkan agar dirimu mampu bersaing dengan pelamar kerja yang saat ini jumlahnya makin bertambah.

Misalnya saja begini. Seseorang yang dulu ketika memakai seragam putih abu-abu memutuskan untuk bisa kuliah di sebuah PTN yang punya nama, menganggap jika lulus nanti dia akan segera mendapatkan pekerjaan berbekal nama PTN yang tertera di dalam ijazahnya. Apakah kenyataannya akan seindah itu, Ferguso!

Tentu saja tidak! Kenyataan yang ada di negara kita saat ini, sebut saja memang masih membutuhkan ijazah dengan label universitas ternama sebagai modal utama. Namun, dunia kerja yang makin ketat, membuat itu tidak bisa dijadikan jaminan. Faktanya, lulusan dari sebuah PTN ternama tidak menjamin lulusannya langsung mendapatkan pekerjaan. Catat itu agar paham dan tidak berkhayal terlalu tinggi.

Fakta yang kedua, ilmu yang dipelajari selama kuliah sekitar empat tahun, nyatanya tidak begitu menunjang saat kamu terjun ke dunia kerja. Iya nggak? Kecuali yang memang benar-benar kuliah di jurusan yang berbanding lurus dengan dunia kerjanya. Banyak juga yang lulusan dari A bekerja di bidang B, karena hanya itu yang tersedia untuknya. Sedangkan hidup harus terus bergerak, kan?

Fakta berikutnya, jika seorang lulusan atau fresh graduate tidak memilliki keahlian apapun, maka akan kalah dengan lulusan double degree atau mereka yang memiliki keahlian di bidang tertentu.

Kesimpulannya, kamu harus mempersiapkan diri dengan keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan saat ini dan pandai-pandai membekali diri sebelum masuk ke dunia kerja. Apa saja bekal yang harus kamu bawa sebelum memasuki dunia kerja?

Dua jenis keahlian yang harus kamu miliki adalah keahlian yang bisa dipelajari atau biasa disebut hard skill dan keahlian yang bersifat subyektif serta sulit untuk diukur.

Hard skill biasanya bisa dipelajari melalui buku atau materi pelatihan atau justru bisa kamu dapatkan ketika sudah terjun ke dunia kerja.

Contohnya saja: kecakapan dalam bahasa asing, gelar atau sertifikat yang kamu dapatkan, keahlian mengoperasikan computer, pemrograman, dan masih banyak lagi hard skill yang bisa kamu pelajari.

Oh, ya. Ngomong-ngomong dengan hard skill ini, ada sebuah aplikasi yang memudahkan kamu untuk mendapatkan keahlian ini. Aplikasi belajar online QuBisa merupakan aplikasi gratis berbahasa Indonesia yang menyediakan kursus gratis dan ilmu yang dibagikan itu bukan kaleng-kaleng, loh. Ilmunya daging semua. Aplikasi ini adalah aplikasi belajar yang dapat meningkatkan kemampuan.

QuBisa adalah sebuah platform terpercaya untuk Pendidikan dan pembelajaran. Misi QuBisa adalah mempersiapkan lulusan baru dan para professional muda untuk menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam bersaing di dunia kerja saat ini. Bisa dikatakan QuBisa adalah aplikasi siap kerja yang mendukungmu untuk terus bertumbuh dan berkembang.

Ada banyak instruktur dan pengajar yang memang ahli dalam bidangnya membagikan ilmunya di aplikasi QuBisa ini. Kamu tinggal memililh webinar apa yang ingin kamu ikuti sesuai dengan pengembangan diri apa yang ingin kamu tingkatkan.

Jadi, QuBisa ini bisa dikatakan tempat yang tepat untuk meningkatkan kemampuan kamu dengan mengikuti salah satu kelas yang ada. Kelas-kelas yang turut menyukseskan keterampilan adalah:

1.     Keterampilan Sukses Milenial (KSM)

2.    Keterampilan Digital Milenial (KDM)

Di QuBisa kamu bisa mengikuti kursus online gratis. Enak kan? Enak banget! Bahkan bagaimana cara belajar efektif bisa banget kamu dapatkan di aplikasi belajar online ini. Belajarnya pun juga gak ribet, simpel banget. Kamu cukup menyediakan waktu dan kuota internet untuk dapat mengikuti kursus online gratis dari aplikasi siap kerja QuBisa ini. 

kursus online gratis


QuBisa ini bisa diunduh di mana? Bisa diunduh di play store maupun App Store. Tak hanya itu, kamu juga bisa membukanya melalui PC, laptop, atau web browser. Dengan mengunduhnya dan mengikuti kursusnya, kamu sudah upskilling dan reskilling kamu menjadi lebih baik dan tentu saja, akan meningkatkan kemampuanmu. 
Kamu juga bisa mengunduhnya di sini u

Untuk pengguna iphone, kamu bisa mengunduhnya di sini. 

Bagaimana dengan soft skill? Soft skill ini biasanya disebut dengan keterampilan interpersonal atau keterampilan yang berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain.

Soft skill meliputi keterampilan komunikasi fleksibilitas, kepemimpinan, motivasi, kesabaran, kerja tim, dan manajemen waktu. Soft skill yang kamu miliki tidak bisa dibuktikan dengan slembar sertifikat untuk membuktikannya.  Soft skill ini bisa kamu buktikan dengan menunjukkan bahwa kamu memiliki kualitas di atas dengan membagikan contoh saat kamu sedang menggunakannya.

Soft kill ini juga bisa kamu asah ilmunya dengan mengikuti kursus online gratis atau webinar dari aplikasi QuBisa. Misalnya, pengalaman saya saat mengikuti webinar bersama Raditya Dika membahas investasi untuk masa depan.

belajar gak ribet


Selain dua keahlian di atas, ada baiknya kamu juga menyiapkan bekal keahlian lainnya. Apa saja itu?

1.     Sebaiknya kamu perlu tahu peluangmu

Ini penting banget kamu lakukan sebelum melamar pekerjaan. Kamu harus tahu seberapa besar peluangmu akan diterima di pekerjaan tersebut. Hal ini akan membuatmu makin termotivasi dalam melamar pekerjaan tersebut.

2.    Mencari gaji yang tepat

Gaji pertamamu akan menjadi penentu masa depanmu. Nilai gaji yang kamu terima tergantung dengan hasil negosiasi kenaikan gaji saat kamu sudah lama bekerja di sebuah perusahaan. Jadi, carilah gaji yang sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang kamu miliki.

3.    Membekali diri dengan keteramapilan yang relevan saat ini

Teknologi yang makin berkembang, mau tak mau membuatmu harus mengimbangi dengan keterampilan sesuai dengan tuntutan teknologi agar kamu mampu bersaing dengan pelamar lainnya.

4.    Mengubah pola pikir

Pola pikir yang kamu miliki akan menentukan kamu berhasil atau tidak dalam pekerjaanmu. Saat kamu mendapatkan masalah di dunia kerja, kamu akan dilihat bagaimana pola pikirmu terhadap masalah dalam pekerjaan tersebut.  Apakah kamu akan menyelesaikan masalah tersebut atau justru menyerah.

5.    Konsisten

Konsisten menjadi kunci utama kamu bertahan di dunia kerja. Hanya sebagian orang yang memiliki konsitensi akan sukses di dunia kerja, karena dunia kerja mengarapkanmu menjadi yang terbaik dan memberikan yang terbaik.

Bagaimana, apakah bekal di atas sudah kamu persiapkan sebelum memasuki dunia kerja? Jika belum, tenang saja, segera persiapkan hard skill dan soft skill di atas dan siap berkompetisi di dunia kerja. 

Share:

0 komentar