07 September 2018

Alat Bantu Mengembangkan Narasi Cerita Anak

pixabay


Setelah kemarin kita membahas alat bantu mengembangkan narasi cerit anak nomor satu yaitu One Day One Night in a Life of, selanjutnya adalah Travelogue of Journey. 

Travelogue of Journey adalah alat bantu yang digunakan untuk bernarasi saat menulis cerita anak. Memilih alat bantu ini berarti mengajak pembaca untuk melakukan perjalanan dari suatu trmpat ke tempat lainnya. Artinya, tokoh dalam cerita akan berpindah dari satu kawasan ke tempat lainnya. Dalam perjalanannya, tokoh memiliki tujuan penting yang ingin dicapai.

Buku anak yang menggunakan alat bantu ini contohnya adalah buku yang ditulis oleh penulis anak Tethy Ezokanzo yang berjudul "Putri Terhebat Bunda Terkuat".
Buku ini mengisahkan tentang wanita-wanita sholehah dari masa ke masa. Tokohnya melakukan perjalanan menggunakan awan sebagai kendaraannya.



Atau buku anak karangan Watiek Ideo yang berjudul "Wordland". Di sini tokoh bersama teman-temannya melakukan perjalanan ke negeri Wordland dan menyelesaikan teka-teki di negeri tersebut. 


Gaya penceritaan menggunakan alat bantu kedua ini tentu saja sangat seru untuk anak. Anak akan merasa terlibat dalam perjalanan tokohnya. Apalagi jika dalam cerita ada lembar aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak yang berkaitan dengan buku yang dibacanya.

Ada kah pembaca di sini yang mengoleksi buku anak di mana penulisnya menggunakan alat bantu Travelogue of Journey untuk mengembangkan narasi? Boleh share yaa.

#Ngebloglagi
#ceritaanak
#serbaserbiceritaanak

24 komentar:

CL Al Wafa mengatakan...

Aku pengen belajar buat cerita anak ahh... masih aja susah, hhaa

lisa lestari mengatakan...

Ayooo

Dwi Arumantikawati mengatakan...

Whuaa saya baru denger istilah travelogue of journey. Nti kalo pas ke tuku buku coba cari ah buku itu.

lisa lestari mengatakan...

Hihihi..iya mbak

Wiwid Vidiannarti mengatakan...

Nggak punya buku cerita anak, soalnya anak udah gede-gede semua.

steffifauziah mengatakan...

Kayanya ponakan saya belum punya, karena masih 2 tahun belum ada cernak begini. Mba ajarin dong bikin cernak wkwk, bikin kelas yuk sekalian bikin antologinya. Saya mupeng wkwk.

liesdiana mengatakan...

Ternyata, buat cernak ada alat bantunya. Menarik juga ya.

lisa lestari mengatakan...

Menikmati masa santai tanpa rengekan anak kecil yo mbak

lisa lestari mengatakan...

Wkwkwkwk...ayuuuuuukkkk

lisa lestari mengatakan...

Iya mbak, untuk mengembangkan narasi ceritanya

Sulistyowati mengatakan...

Mak bikin cernak yuuk. Bagus buat anak-anak untuk mengembangkan pikiran kreatif mereka.

lisa lestari mengatakan...

Ayoooo diajak mastah maah

susanti lina mengatakan...

Makasih infonya ya, baru tahu saya ini.. Saya tertarik dengan tulisan cernak. Semoga Kedepanny bisa menulis juga.

Marda Wiah mengatakan...

Informasinya bagus Mbak, akhirnya saya tahu kalau penulis cernak itu memerlukan alat bantu.

Dewi Adikara mengatakan...

Ide kreatif para penulis itu luar biada, karena mereka mampu mendeskripsikan apa imajinasi mereka dengan jelas dan menggiring pembaca ke dunia Mereka. Salut untuk para penulis ya mbak💗😍

lisa lestari mengatakan...

Aamiin..sama sama mbak.

lisa lestari mengatakan...

Iya mbak, sebagai alat untuk mengembangkan narasi

lisa lestari mengatakan...

Yes, betul sekali

Eni Rahayu mengatakan...

Waaah... Jadi itu namanya alat bantu ya? Baru tahu saya. Hehehe

Dedeh Sri Ulfah mengatakan...

Saya baru tahu namanya. Dulu saya pernah nulis buku ttg alat transfortasi darat, si Tokoh melakukan perjalanan begitu. Tapi baru tahu teorinya��

lisa lestari mengatakan...

Hehehe..iya mbak

lisa lestari mengatakan...

Iya mbak

sodikin kurniawan mengatakan...

Kalau Ayah boleh membacakan ke anak, atau lebih baik bundanya ya?

Nyk Mlg mengatakan...

Menarik ya mb cerita dengan alat bantu. Jadi lebih mudah memahami jalan cerita dalam sebuah buku. Kerennn...

Posting Komentar

 
Copyright © Dunia Lisa
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Busy Buzz Blogging