4 Penyebab Sakit Gigi yang Perlu Dipahami

Penyebab Sakit Gigi
Penyebab Sakit Gigi

    Banyak sekali penyebab dari sakit yang terjadi pada gigi. Kenali lebih dalam mengenai penyebab sakit gigi pada tulisan saya di bawah ini:


Setiap harinya, tentu kita mengonsumsi baik makanan maupun minuman. Gigi digunakan untuk membantu konsumsi makanan agar mudah dicerna. Kerap kali, gigi terasa sakit dan tanpa diketahui asal mulanya. Penyebab sakit gigi sangatlah beragam, dan harus dipahami lebih dalam. Dengan begitu, akan membantu dalam penanganannya.

Banyak sekali penyebab dari sakit gigi yang terjadi. Terlebih, jika kita menggunakan pola hidup yang buruk. Hal tersebut justru menjadi salah satu pemicu dari adanya rasa sakit pada gigi. Namun, masih banyak hal lainnya yang bisa menjadi penyebab adanya sakit di area gigi. Apa saja penyebab sakit gigi? Lebih lengkapnya kami akan membahasnya. Yuk, cekidot!

Beberapa Penyebab Sakit Gigi

Penting, untuk diketahui agar kita tahu penyebab dari adanya rasa sakit pada gigi. Ini dia beberapa penyebabnya:

Gigi Retak
Seiring dengan bertambahnya usia, kesehatan dari gigi juga dapat menjadi lebih rapuh. Untuk itu, sangat penting untuk para orang dewasa agar tetap menjaga kesehatan giginya. Karena, dengan adanya gigi retak dapat mengakibatkan rasa sakit yang cukup terasa. Biasanya, keretakan ini disebabkan karena banyak hal.

Seperti terjadi setelah mengkonsumsi makanan keras, terbentur dengan benda ataupun yang lainnya. Saat terjadi keretakan, bisa saja tidak terasa. Namun, saat sedang melakukan cek di dokter maka akan terlihat dengan cukup jelas. Jadi, jika kita merasakan sakit tapi tidak terlihat, ada baiknya melakukan konsultasi ke ahlinya.

Gigi Sensitif
Rasa sakit yang muncul pada gigi bisa disebabkan karena tingkat sensitivitas menjadi lebih tinggi. Biasanya, hal ini akan muncul setelah kita mengonsumsi terhadap makanan atau minuman. Yang paling sering terjadi yaitu karena rasa sensitif terhadap panas ataupun dingin.

Jadi, gigi akan terasa sakit dan gusi bisa saja menjadi bengkak. Jika terjadi hal seperti ini, kita harus perhatikan karena cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Jadi, pastikan gigi kita tidak sensitif. Jika hal tersebut terjadi, maka segeralah kurangi penggunaanya.

Tumbuh Gigi Bungsu
Gigi bungsu merupakan tiga bagian rangkaian gigi yang berada di belakang. Adanya gigi yang tumbuh kembali dan tidak sesuai pada rahang maka dapat menyebabkan rasa sakit. Atau, untuk pertumbuhan dari gigi bungsu terhalang oleh gigi yang lainnya.

Rasa sakit yang didapatkan jelas sangatlah terasa. Untuk penanganannya maka tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sangat disarankan untuk mengunjungi dokter terlebih dahulu agar dapat diketahui penanganan terbaiknya. Terutama, agar rasa sakit tidak terasa lebih dalam.

Gusi Bengkak
Gusi yang bengkak juga bisa menjadikan gigi terasa sakit. Karena, pembengkakan terjadi di bagian dalam tanpa diketahui bagaimana penanganannya. Biasanya, gusi bengkak disebabkan karena banyak hal. Termasuk dengan adanya penggunaan konsumsi makanan yang keras dan tidak sesuai.

Ataupun, benturan yang memang dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak. Jika sudah seperti ini, maka gigi akan terasa sakit. Untuk penanganannya tidak boleh sembarangan. Alangkah baiknya, untuk dapat berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Agar, diberikan solusi penanganan yang terbaik. Dengan begitu, gusi yang bengkak akan menjadi lebih tidak terasa sakit.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit gigi yang kerap kali terjadi. Jadi, penting bagi kita untuk dapat menjaga kesehatan gigi. Tentunya, jika tidak ingin rasa sakit tersebut terus terjadi. Semoga bermanfaat!

Share:

0 komentar