Cara Ampuh Usir Semut di Rumah

Cara Mengusir Semut
Cara Mengusir Semut


Siapa yang suka kesal? Ketika baru saja meletakkan makanan di atas meja, eee, nggak lama kemudian binatang kecil-kecil ini sudah ada di sekitar makanan tersebut. Datangnya nggak sendiri lagi, rame-rame bawa temennya.

Semut adalah serangga yang hidup berkoloni. Ada berbagai jenis semut, diantaranya semut hitam, semut merah, dan semut rangrang. Semut yang sering dijumpai di rumah biasanya adalah semut hitam atau semut gula. Semut ini berwarna hitam dengan badan yang mengkilap. Mereka
secara berkoloni datang ke rumah Anda. Mereka sangat menyenangi gula atau sisa makanan yang rada manis.

Anda mungkin kebingungan ketika tiba-tiba segerombolan semut tiba-tiba mendatangi rumah Anda. Seringkali tidak diketahui tiba-tiba semut sudah mengerubungi gula atau sisa makanan yang manis. Namun, Anda tidak perlu khawatir, kini ada cara baru mengusir semut yang ampuh. Walaupun semut tidak menimbulkan kerusakan, tapi banyaknya kerumunan semut tentu akan mengganggu aktivitas Anda. Ketika Anda akan memakai gula dan ditemukan banyak semut, tentu ini adalah hal yang menjengkelkan. Karena semut mempunyai rasa pedas bila tergigit oleh Anda.

Selain menimbulkan rasa pedas di mulut ketika tergigit oleh kita, semut juga dapat menggigit sehingga akan terasa pedih. Ada beberapa semut yang sakit jika menggigit. Kadang hal ini yang membuat anak-anak Anda ketakutan dengan kehadiran semut. Semut juga berbahaya jika menggigit anak-anak yang sedang tertidur pulas. Anak akan terbangun dan menangis. Dikhawatirkan juga semut bisa masuk ke lubang telinga dan membahayakan anggota keluarga Anda terutama anak Anda yang masih kecil.

Di bawah ini ada beberapa cara ampuh untuk mengusir semut:

1. Menggunakan Obat Serangga
Hasil gambar untuk gambar obat serangga
terbaru.searchwikipediaai.co

Cara mengusir semut yang ampuh diantaranya adalah dengan menyemprotkan obat anti serangga. Namun, menyemprot obat anti serangga harus dilakukan saat anak -anak berada di luar ruangan yang akan disemprot. Hal ini karena bau dari obat serangga semprot yang kurang sedap dapat menyesakkan dada.

2. Mengepel Lantai Hingga Bersih
Selain dengan menggunakan obat serangga, mengusir semut dapat dilakukan dengan cara-cara tradisional. Anda dapat mengepel lantai sampai bersih dan jangan sampai ada makanan yang tersisa atau minyak dari makanan yang dapat tercium oleh semut.

3. Menutup Rapat Tempat Gula
Cara lainnya untuk menghindari gangguan semut adalah dengan menutup rapat gula yang ada di rumah Anda. Selain itu tutup sisa makanan yang ada di rumah. Ingat, semut datang melalui celah-celah pintu atau lubang yang ada di sekitar rumah Anda. Jika Anda mempunyai pohon buah seperti pohon jambu, mangga, rambutan, pohon-pohon tersebut merupakan salah satu rumah bagi semut. Anda harus rajin memotong dahan, terutama dahan yang masuk ke halaman rumah. Sarang semut banyak dijumpai di pohon-pohon buah yang memiliki kandungan gula yang tinggi.

4. Memutus Jalan Semut
Cara mengusir semut yang ampuh, adalah dengan cara memutus jalan semut. Biasanya semut akan mengikuti jalur yang biasa mereka lalui. Putus jalan yang biasa dilewati semut dengan menggunakan kapur. Goreskan kapur-kapur tersebut kapur di jalan-jalan yang sering dilalui semut. Goreskan kapur dengan cukup tebal, agar tidak tertiup angin. Anda juga dapat memberikan kapur di kaki -kaki meja makan. Kaki meja makan merupakan jalan bagi semut untuk memperoleh makanan di meja makan.

5. Taburkan Bubuk Kopi
Selain menggunakan kapur Anda dapat menggunakan kopi. Anda hanya perlu menaburkan kopi di sekeliling meja makan. Bau dari kopi yang pahit tidak disukai oleh semut. Taburkan juga kopi di sekitar makanan yang mengandung gula. Biasanya semut akan menjauh apabila mencium bau dari kopi.

6. Menempatkan Air di Pisin
Anda juga dapat cara mengusir semut yang ampuh dengan cara memberikan air yang ditempatkan di pisin atau piring kecil untuk menghindari gangguan semut pada kecap. Tempatkan botol kecap di atas pisin yang telah diberi sedikit air. Semut tidak menyukai air dan akan menghindar dari air. Dengan demikian, kecap Anda akan aman dan tidak tersentuh oleh gerombolan semut nakal.

Nah, beberapa cara di atas sangat ampuh untuk mengusir semut jika keberadaan semut sudah sangat mengganggu. Anda bisa memilih salah satu cara ampuh di atas agar makanan di rumah aman dari semut. Kalau saya sih, lebih suka memilih cara tradisional untuk mengusir semut, karena cara ini tentunya lebih aman dan tidak menimbulkan bahaya bagi kita dan lingkungan.

Share:

0 komentar