5 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Kucing Kesayangan

Hasil gambar untuk gambar kucing imut
pinterest.com

Siapa sih yang suka melihat tingkah laku hewan peliharaan satu ini? Yap, kucing menjadi binatang peliharaan favorit keluarga. Wajahnya yang gemesin selalu bisa membuat setiap orang jatuh cinta untuk menjadikannya hewan favorit di rumah.

Begitu juga dengan saya. Sejak kecil saya sudah dikelilingi oleh kucing-kucing peliharaan simbah dan orangtua. Kebetulan bapak dan ibu juga suka binatang satu ini. Foto masa kecil saya dipastikan ada seekor kucing yang pasti ikut berpose dengan saya atau saudara lainnya. Bahkan si mas kakak sulung juga menyukai binatang berambut ini. Pokoknya kami dulu masing-masing memiliki satu kucing kesayangan yang nggak boleh diganggu gugat. Hahaha ....

Bicara tentang hewan peliharaan satu ini, nggak mungkin dong kalau kita hanya sekadar memeliharanya tanpa pernah memperhatikan kebutuhannya? (Emang kucing kebutuhannya apa?) Hihihi ... namanya sudah dipelihara harus bertanggungjawab terhadap kebutuhannya, ya. Misalkan saja tentang kebutuhan pokoknya yaitu makanan. Bukan hanya memberikan makanan asal-asalan, asal kenyang berarti beres. Oh, tidak, Marimar! Jangan sampai seperti itu. Kita juga harus menjaga kebersihan hewan tersebut, nutrisi dalam makanannya, apakah makanan yang diberikan sudah cukup menunjang kebutuhan nutrisinya atau belum. Lalu, nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh kucing?


Berikut Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Kucing

1.    1. Vitamin
Vitamin dibutuhkan oleh kucing untuk pertumbuhannya dan metabolisme tubuhnya. Bahkan semua bagian tubuh kucing membutuhkan vitamin. Masing-masing vitamin juga memiliki fungsinya masing-masing.

2.    2. Mineral
Memberikan mineral untuk kucing berfungsi untuk membuat gigi dan tulang kucing menjadi kuat. Mineral juga berfungsi untuk menjaga metabiolisme kucing dapat berfungsi secara baik. Namun, pastikan juga kucing kesayangan tidak boleh mengonsumsi mineral terlalu berlebihan, karena itu akan membuatnya sulit mencerna.

3.    3. Asam Lemak Esensial
Kucing ternyata juga membutuhkan lemak esensial ya. Lemak esensial dibutuhkan kucing untuk menjaga eksehatan kulit, rambut, sistem reproduksi, dan metabolismenya. Asam lemak esensial juga berguna sebagai sumber energi utama dan akan membuat makanan terasa lezat dimakan oleh kucing. Lemak hewani dan minyak sayur merupakan sumber lemak dan asam lemak esensial.

4.    4. Karbohidrat dan Serat
Karbohidrat merupakan sumber energi atau sumber serat makanan yang berfungsi untuk sistem pencernaan dan pembuangan yang baik dan tepat. Biji-bijian seperti nasi, jagung, dan gandum merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik bagi kucing.

5.    5. Protein
Protein dibutuhkan kucing untuk pertumbuhan dan otot yang sehat serta perbaikan jaringan.  Di dalam tubuh kucing terdapat ribuan protein yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula.

Jika kucing kekurangan protein, maka kucing tersebut akan menghancurkan ototo-otot kucing tersebut

Share:

1 komentar

  1. pantes kucing suka ikan yaa karena mengandung banyak protein, kucing pintar banget :D

    ReplyDelete