5 Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Saat Diminta Menjalani PCR Test Jelang Persalinan

pcr test Jakarta


Menantikan buah hati lahir dengan selamat tak kurang apapun selama kurang lebih sembilan bulan, adalah harapan semua ibu. Namun, apa jadinya jika sang bayi diperkirakan akan lahir di tengah wabah pandemi sekarang ini? Apakah berbahaya bagi ibu yang akan melahirkan di tengah wabah corona? Apakah ibu hamil yang akan melahirkan perlu melakukan pcr test sebelum melahirkan?

Pemerintah saat ini tengah menggalakkan  pencegahan penularan Covid-19 termasuk salah satunya dengan melakukan rapid test atau pcr test. Bagi ibu hamil yang akan melahirkan jangan terkejut jika pihak rumah sakit atau klinik tempat bersalin meminta ibu hamil untuk melakukan sejumlah tes guna mengetahui kondisi kesehatan ibu dan janin secara menyeluruh.

Tidak hanya akan melakukan pemerikasaan darah seperti biasanya, tapi di masa pandemi ini tentu akan dilakukan pemeriksaan tambahan yang sangat penting, yaitu berupa test PCR , rapid test atau swab test hingga pemeriksaan dada. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penularan Covid -19 pada tenaga medis dan juga janin yang dikandungnya. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan negatif, maka persalinan akan ditangani langsung oleh tenaga medis lengkap dengan alat pelindung dirinya.


Lalu, apa yang harus dilakukan oleh bumil saat diminta melakukan pcr test jelang persalinan di rumah sakit saat pandemi?

1. Tetap Tenang
Ini adalah modal dasar bagi ibu yang akan melahirkan. Tidak perlu panik atau takut, tetap tenang dan ikuti prosedur medis yang diterapkan oleh rumah sakit tersebut demi kemanan dan kesehatan semua pihak. Percayalah, apa yang dilakukan oleh dokter pasti yang terbaik untuk ibu hamil.

2. Jujur dan Terbuka dengan Kondisi Kesehatan
Pihak rumah sakit nantinya akan melakukan prosedur persalinan dengan menggunakan standar tertentu. Untuk ibu yang akan melahirkan, ceritakanlah kondisi kesehatan dengan sebenar-benarnya kepada tim dokter dan medis yang merawat. Hal ini bertujuan demi kesehatan ibu, anak yang dikandungnya, dan seluruh tim medis di RS yang akan merawat ibu dengan baik.

3. Jujur Dengan Riwayat Kontak Selama Masa Kehamilan
Hal berikutnya adalah perlu mengatakan kepada tim medis riwayat kontak yang pernah dilakukan oleh ibu hamil, agar tim medis dapat melakukan tindakan dengan tepat.

4. Keluarga yang Mendampingi Sehat dan Sudah Ikut Tes Corona
Ini juga menjadi hal utama. Jangan sampai ibu yang akan melahirkan sudah melakukan tes, tapi pendampingnya belum. Pastikan ibu yang akan melahirkan dan pendampingnya sudah melakukan tes corona.

5. Tidak Langsung Menyentuh Bayi
Jika ibu dan pendamping dinyatakan sehat, maka kegiatan menyentuh bayi bisa dilakukan. Namun, jika salah satu dinyatakan positif, maka ikuti prosedur yang berlaku di rumah sakit tersebut.
 
Test PCR Melalui Aplikasi Halodoc

Apakah ibu hamil bisa melakukan PCR Test sendiri sebelum melahirkan untuk memastikan kondisi kesehatannya sebelum ke rumah sakit?
Tentu saja bisa, bahkan hal ini sangat dianjurkan agar ibu hamil lebih siap mentalnya sebelum melahirkan di rumah sakit. Bagi ibu hamil yang tinggal di Jakarta, maka dengan mudah bisa melakukan  PCR Test Jakarta melalui aplikasi Halodoc.

Halodoc telah bekerjasama dengan lebih dari 20 rumah sakit yang tersebar di Jabodetabek untuk penanganan pandemi corona dan memutus mata rantai penyebaran virus ini. Halodoc telah bekerjasama dengan lebih dari 20 rumah sakit yang tersebar di Jabodetabek untuk penanganan pandemi corona dan memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Nah, ibu hamil yang akan melahirkan, bisa memanfaatkan layanan dari Halodoc untuk melakukan Test PCR guna mendeteksi ada atau tidaknya Covid-19. PCR test bisa dilakukan ketika kehamilan menginjak usia 37 minggu.

Hal pertama yang dilakukan adalah membuat janji terlebih dahulu lewat aplikasi. Pengguna hanya perlu memilih menu ‘COVID-19 Test’ yang ada di halaman awal aplikasi Halodoc, lalu memilih fasilitas tes yang dibutuhkan.

Kemudian, pengguna dapat memilih lokasi rumah sakit, hari, dan waktu tes serta paket layanan yang diinginkan. Hasil dari test PCR yang dilakukan akan diinfokan melalui aplikasi Halodoc juga.

Dan kelebihannya lagi, hasil rapid test yang dilakukan dengan aplikasi Halodoc akan dikirimkan secara personal.

Di atas tadi 5 hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil jelang persalinan saat diminta untuk menjalani tes covid-19 agar melahirkan dengan selamat serta sehat bagi ibu, bayi, dan tim medis yang menolongnya.

Share:

0 komentar