Memiliki Masalah Ketombe? Yuk, Simak Cara Menghilangkan Ketombe Kering Menggunakan Bahan Alami Berikut

cara menghilangkan ketombe kering

Ketombe nih seolah menjadi teman sekaligus musuh bagi rambut wanita. Loh, kok bisa? Bisa dong! Menjadi teman, karena hampir setiap wanita pernah berteman akrab dengan ketombe. Diusir dengan sampo berbagai merek tetap saja nggak mau pergi. Akhirnya, pasrah deh dengan menerima nasib berteman dengan ketombe. Seperti rambut saya ini, ketombe sudah menjadi teman bagi saya. Namun, jika sedang semangat-semangatnya, rasanya ingin sekali ketombe ini pergi jauh dan nggak usah balik-balik lagi. Lalu, saya mulai rajin banget perawatan rambut meski terkadang ketombenya muncul lagi. Sebenarnya, adakah cara menghilangkan ketombe kering agar tidak muncul lagi?

Hmm … apa sih yang nggak ada buat kamu? Pasti ada lah!

Ketombe itu menjadi masalah rambut dan kulit kepala yang paling banyak dikeluhkan oleh kaum wanita. Penyebab munculnya ketombe sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor, yaitu stress, jarang membersihkan rambut, atau bahkan disebabkan oleh paparan dari polusi udara. Bahkan di kalangan kaum hawa sendiri, sering muncul pendapat-pendapat tertentu tentang ketombe ini. Wah, apa saja itu?

1. Katanya ketombe itu menular

Ketombe disebabkan karena jamur malassezia yang hidup di kulit kepala semua orang dan sangat mungkin untuk menyebabkan ketombe pada orang-orang yang sensitif terhadap jamur. Tentu saja ini tidak menular ya. Bahkan semua orang memiliki resiko yang sama untuk berketombe. 

2. Konon, ketombe bisa bikin rambut rontok

Kalau ini sih, saya mengalami. Rambut menjadi lebih mudah rontok saat disisir karena ketombe saya memang itu tadi, berteman akrab di rambut saya. Logika mudahnya begini ya. Saat kulit kepala kamu berketombe, tentu saja akan terasa gatal. Tangan kamu lantas akan sibuk untuk menggaruknya sekadar mengurangi rasa gatal akibat ketombe tersebut. Nah, Gerakan menggaruk kulit kepala ini lah yang bisa membuat rambut menjadi lebih mudah rontok. Tidak hanya itu saja, Gaes! Ketombe yang muncul di kulit kepala akan menutup folikel-folikel rambut yang menyebabkan rambut baru sulit untuk tumbuh sedangkan rambut yang sudah tua akan terus rontok.

3. Katanya lagi, ketombe itu muncul karena kulit kepala kering

Ini yang harus dibedakan, Gaes! Kulit kepala kering memang memunculkan serpihan-serpihan berwarna putih yang mirip dengan ketombe. Ini muncul karena kamu menggaruk kulit kepala yang kering. Kulilt kepala kering sendiri disebabkan karena kekurangan cairan, perubahan cuaca, penumpukan produk rambut, dan kondisi kulit tertentu seperti terjadinya eksim.

Berbeda dengan ketombe, meski sama-sama mengeluarkan serpihan putih, pada ketombe serpihan putihnya cenderung lebih besar dan berminyak. Ketombe diartikan sebagai pengelupasan sel-sel kulit mati yang terkelupas bersama kandungan lemak secara berlebih dan jumlahnya banyak.  

Jadi, kulit kepala kering bukan menjadi penyebab munculnya ketombe di kepalamu ya. Ingat di awal tadi, ketombe muncul karena jamur Malassezia.

4. Gosipnya, menggaruk ketombe sebelum keramas, bisa menghilangkan ketombe

Hahaha … saya pernah nih berpikir begini. Biar ketombe nggak muncul lagi, maka sebelum keramas saya akan menggaruknya sampai bersih agar ketombe keluar semua. Kenyataannya salah, Marimar! Justru dengan menggaruknya secara berlebihan bisa menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi dan kerontokan rambut lebih parah. Jadi, nggak perlu melakukan itu ya. Dengan menghilangkan ketombe secara benar, maka lambat laun ketombemu juga akan hilang. Intinya, nikmati prosesnya.

5. Jarang keramas bisa bikin ketombe muncul, benarkah?

Menurut kamu, pernyataan nomor lima ini benar nggak? Kalau saya sih, Yes! Kebiasaan jarang keramas memang menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Sel-sel kulit kepala yang mati akan bertumpuk dan bercampur dengan kotoran serta minyak yang diproduksi oleh rambut.

Akibatnya? Bisa kamu bayangin sendiri lah. Sel-sel kulit kepala tadi pasti akan luruh secara berlebihan dan pastinya akan menimbulkan sensasi gatal yang luar biasa. 


Nah, di atas tadi adalah seputar pendapat tentang ketombe yang sudah kalian pahami. Lalu, apakah ada cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe? 

Kamu bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar. Salah satunya adalah lemon. Kamu bisa mengkreasikan lemon dengan bahan-bahan tertentu menjadi masker rambut. 

1. Masker lemon dipadukan dengan telur

Penggemar telur pasti sudah tahu dengan manfaat protein yang ada pada telur, yaitu bisa membantumu menghilangkan ketombe. Bahkan protein yang ada pada telur juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein kulit kepalamu. 

Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan jus lemon ke dalam kocokan telur. Kemudian oleskan pada rambutmu dan tunggu hingga 30 menit. Setelah itu kamu bisa membilasnya menggunakan sampo kesukaanmu. Sstt … ini adalah resep turun temurun loh. 

2. Masker lemon dengan teh

Kulit kepala yang berketombe terkadang menimbulkan iritasi. Hal ini bisa diatasi dengan campuran dua bahan ini. Sifat antioksidan dari dua bahan dapat membantumu juga dalam menjaga keremajaan kulit kepala. Dan satu lagi nih, lemon serta teh mengandung zat antimikroba yang dapat mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala penyebab ketombe. 

Rebus teh dalam air panas, lalu campurkan dengan perasan lemon. Oleskan pada rambutmu selama 20 menit. Tapi ingat ya, jangan menggunakan masker teh ini terlalu panas suhunya. Nanti kulit kepalamu bisa melepuh. Atur menurut seleramu, sekiranya hangat-hangat kuku di kulit kepala.

3. Masker lemon dan madu

Kedua bahan ini jika dicampur merupakan kombinasi yang baik untuk menghindari kulit kepalamu dari dehidrasi sehingga tidak akan kekeringan. 

Membuatnya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu mencampurkan 3 sendok makan madu dengan perasan lemon. Kemudian oleskan ke kepala selama 20 menit. Kamu bisa membilasnya  dengan air  dan keramas menggunakan sampo. 

4. Masker lemon dan yogurt

Cara ini adalah alternatif berikutnya jika tiga bahan di atas kamu susah mendapatkannya. Kandungan enzim dan asam alami pada kedua bahan bisa membantumu mengatasi masalah ketombe yang mengganggu. Yogurt dapat membuat kulit kepala tetap bersih dan terhindar dari jamur. 

Kamu bisa membuat masker ini dengan cara mencampurkan dua sendok makan yogurt dan satu sendok makan lemon hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata serta diamkan selama 30 menit. Sesudahnya bilas dengan air dan sampo.

Bagaimana? Mudah bukan? Kamu tak perlu menguras isi dompet untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Cukup menggunakan masker alami yang bisa kamu buat sendiri. Atau kalian juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur berikut jika merasa membuat masker membutuhkan waktu agak lama dan ribet.

1. Bawang putih

Bawang putih memilliki sifat antimikroba, sangat cocok untuk menghilangkan penyebab bakteri. Kamu hanya perlu menghancurkan bawang putih kemudian menggosoknya ke kulit kepala. Jika tak ingin mencium bau yang menyengat dari bawang putih, kamu bisa mencampurnya dengan madu.

2. Cuka

Bahan berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah cuka. Walaupun bau cuka ini juga menyengat, cuka berkhasiat membantu mengurangi rasa gatal akibat ketombe. Kamu bisa mengoleskan cuka ke kapalamu untuk membantumu mencegah iritasi karena pengelupasa kulit kepala akibat ketombe.

3. Baking soda

Baking soda bisa membantumu agar pengelupasan kulit pada kepala menjadi lebih lembut. Serta baking soda juga tidak menimbulkan efek iritasi pada kulit kepala. Kamu bisa mencampurkan sedikit baking soda dengan sampo yang akan kamu gunakan untuk keramas. 

So, kamu pilih bahan yang mana nih untuk menghilangkan ketombe? Atau kamu ada rekomendasi bahan alami lainnya yang lebih manjur dan sederhana untuk menghilangkan ketombe, boleh loh dibagi di kolom komentar.




 

Share:

4 komentar