Review Drama China: Tak Hanya Kartini, Dua Drama Ini Juga Memperjuangkan Emansipasi Wanita

review drama china

Bicara emansipasi wanita, kalau di Indonesia pasti nggak jauh dari Kartini dan Dewi Sartika. Perjuangan dua tokoh wanita ini udah The Best banget. Saya juga nggak akan menceritakan dua tokoh ini di sini. Justru saya akan mengajak kalian untuk mengenal perjuangan seperti Kartini dari drama China yang sudah saya tonton. Seru kah? Menurut saya, sih, seru banget. Bahkan ada dua drama China yang dalam ceritanya memperjuangkan hak-hak wanita seperti Kartini.

Yuk, mulai dari drama pertama.

1.     “A Female Student Arrives at the Imperial College”

Drma ini ditayangkan pada tahun 2021 kemarin.

Judul: A Female Student Arrives at the Imperial College

Sutradara: Xu Pei Shan, Cai Guo Li

Pemeran: Zhao Lu Si, Xu Kai Cheng, Ren Hao

Genre: Historical, Mystery, Comedy, Romance

Episode: 30

Durasi: 45 menit

Score: 8.0

a female student arrives at the imperial college


Kalau yang sudah menonton drama ini, pasti setuju banget kalau drama ini tuh kocak banget. Entahlah, setiap drama yang diperankan oleh Zhao Lu Si kok seringnya mengundang tawa. Ada aja tingkah konyolnya yang bisa bikin saya sakit perut karena ngakak. Tapi, intinya bukan itu did alam drama ini. Balik lagi yang saya bilang di awal, kalau drama ini isinya penuh dengan perjuangan si tokoh untuk mendapatkan haknya sebagai wanuta dalam kerajaan.

Cekidot!

Drama ini berkisah tentang Sang Qi (diperankan oleh Zhao Lu Si) yang ingin melaksanakan pesan kakaknya untuk masuk ke sebuah akademi untuk belajar. Lulusan akademi ini nantinya akan bekerja di kerajaan. Sayangnya, selama ini akademi kerajaan ini hanya menerima murid laki-laki. Nah, Sang Qi berusaha keras untuk mendapatkan tiket bisa masuk ke sana dengan perjuangannya. Dia membuktikan bahwa anak perempuan juga punya kemampuan untuk berkuda, memanah, meneliti mayat, hingga mengulik kasus pembunuhan yang awalnya dilakukan oleh laki-laki.

Apakah Sang Qi berhasil? Yap, dia berhasil masuk ke dalam akademi dan kejadian demi kejadian membuatnya ingin menyelidiki kasus kematian kakaknya yang dirasa tidak wajar. Bersama Yan yun Zhi (diperankan oleh Xu Kai Cheng) mereka menyelidiki kasus kematian kakaknya yang sempat tertunda karena tidak ada temuan baru. Berbagai intrik dalam kerajaan tentang kekuasaan, konflik romantic antar tokoh dikemas apik dengan plot twiat yang sungguh nggak nyangka banget.

Bagaimana dengan endingnya? Happy lah, ending drama ini membuat saya tersenyum bahagia. Penasaran? Silakan menontonnya sendiri di WeTV sambil menghabiskan sisa liburan sekolah yang masih ada.

Baca juga review drama China "Love O2O"

2.     “The Autumn Ballad”

Judul: The Autumn Ballad

Sutradara: Ding Ying Zhou

Pemeran: Jeremy Tsui, Qiao Xin, Liu Rui Lin

Genre: Historycal, Mystery, Romance, Drama

Episode: 34

Durasi: 45 menit

Score: 8.1

the autumn ballad


Drama China berikutnya yang memperjuangkan hak Wanita terhadap pendidikan adalah The Autumn Ballad. Meskipun saya baru pertama menonton drama yang dibintangi oleh Jeremy Tsu, tapi saya langsung suka dengan aktingnya yang berpasangan dengan Qiao Xin. Kalau di drama ini, tokohnya bukan memperjuangkan haknya untuk mendapatkan kedudukan di kerajaan, tapi tokohnya ingin agar perempuan memiliki hak untuk hidup lebih baik. Bukan hanya sebagai istri yang haknya tidak didengarkan oleh keluarganya. Ibaratnya, urusan jodoh pun menjadi urusan orangtuanya bahkan rajanya. Jika calon suami atau suaminya meninggal, maka istri tersebut diwajibkan ikut dihukum mati tanpa mempertimbangkan keinginan dari istrinya tersebut.

Baca juga review drama China berikut!

Ini lah yang diperjuaangkan oleh Qiao Xin yang berperan sebagai Qiu Yan. Dia membuktikan bahwa sebagai Wanita dia mampu memperjuangkan derajat keluarganya ketika fitnah menyerang keluarganya dan mampu mengembalikan kedudukan keluarganya menjadi keluarga bangsawan kembali. Bahkan dia bersama Jeremy Tsui yang berperan sebagai Liang Yi membongkar beberapa kasus pembunuhan yang mencurigakan. Sayangnya, ending drama ini kurang greget walaupun termasuk happy ending.

Penasaran? Silakan ditonton langsung di WeTV untuk tayangan lengkapnya. Pokoknya dua drama ini patut diacungi dua jempol untuk konflik dan plot twistnya. Latar kerajaan zaman dahulu dengan kostumnya tetap menjadikan drama seperti ini favorit banget. Selamat menonton!


Share:

3 komentar

  1. Wah aku belum pernah nonton drachin jadi kepo nih banyak yang bagus dan viral, klo liat sinopsis nya mirip2 drakor juga ya

    ReplyDelete
  2. udah lama gak nonton drama China nih, ini dramanya udah selesai kan ya? bukan on going gitu? paling gemes kalau harus nonton on going, gak bisa dibuat penasaran akutuh hihihh

    ReplyDelete
  3. Kayanya seru ya baca review kedua drama di atas. Saya pengen nonton drama pertama soalnya ada unsur komedinya. Dracin ini pemainnya juga cakep dan cantik, secara visual menarik. Jadi penasaran pengen nonton juga.

    ReplyDelete