23 Maret 2017

Alasan Menulis



Setiap orang pasti memiliki alasan yang tidak sama ketika menulis. Dengan alasan menulis yang berbeda, tentunya hasil tulisannya pun pasti akan berbeda.



Sebut saja si A, menulis karena ingin mencurahkan isi hatinya. Maka mengalirlah sebuah tulisan yang isinya curhatan hati.

Ada lagi yang menulis karena hobbi. Dia menulis karena kesenangan, tak ada paksaan untuk melakukannya. Ia senang menulis dan menuangkan apapun dalam tulisan. Hal itu akan memberikan kepuasan tersendiri.

Menulis juga bisa karena ingin menjelaskan sesuatu, mengeluarkan pendapat atau gagasannya agar semua orang menjadi lebih jelas terhadap suatu permasalahan.

Atau menulis karena ingin mendapatkan jasa dari hasil tulisannya. Dan penulis jenis ini akan berupaya menghasilkan karya agar menghasilkan kepingan yang akan mengisi pundi tabungannya.

Yang pasti, ketika menulis niatkan untuk menyebarkan kebaikan melalui tulisan. Sehingga bisa memberikan manfaat kepada orang banyak.

Lalu, adakah orang yang menulis karena tak memiliki alasan? Jika ada pastilah tulisan yang dihasilkan tak memiliki rasa apa-apa atau hambar. Karena ketika merangkai kata, tidak ada alasan yang melatarbelakangi tulisannya.

Nah, kita termasuk yang mana ya? Alasan apa yang kita miliki untuk menulis?

#KabolMenulis7
#Day-28

4 komentar:

Ciani L mengatakan...

Aku? Sebagai terapi dari kejenuhan rutinitas...

lisa lestari mengatakan...

Waah.. Kereeeen alasan menulis de ci

Wiwid Nurwidayati mengatakan...

Alasanku...pengobat galau Mb lis..
Ekekekek

fajar herlambang mengatakan...

kalau aku, emang uda hoby , nulis. nulis fiksi atau ngarang. dari sd. karena blog itu semua tersalurkan

Posting Komentar