Ketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering

Kulit kepala kering? Emang bisa? Bukankah kulit kering itu hanya dialami pada kulit wajah?

Eit, jangan salah! Ternyata bagian tubuh kita yang satu ini juga bisa mengalami kulit kering. Lalu, apa yang menjadi sebab kulit kepala kering? Bagaimana cara menagtasinya?

Penyebab Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering sering menimbulkan gatal sehingga akan mengganggu aktivitas kita. Tentu saja, apabila dibiarkan akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu penampilan. Wah, bisa menyebabkan kita menjadi kurang percaya diri ya.

Biasanya kulit kepala kering selalu terasa seperti kepala yang berketombe. Namun, kulit kepala kering dengan berketombe sangat berbeda, meskipun di awal orang sering salah menyebutnya atau menganggap bahwa ketombe yang muncul di kepala itu sama dengan kulit kepala kering. Cara yang paling mudah membedakannya adalah dengan membedakan serpihan kulit kepala yang mengelupas. Serpihan kulit kepala pada rambut yang terkena ketombe akan berukuran lebih besar dan terlihat berminyak, berbeda dengan ketombe yang dijumpai pada kulit kepala kering, serpihannya berupa serpihan kecil dan tidak mengandung minyak.

Kulit kepala kering disebabkan oleh faktor-faktor di bawah ini:

1. Dehidrasi, kelembapan tubuh berkurang atau kekurangan cairan
2. Eksim
Salah satu penyebab kulit kepala kering adalah eksim, yang sering disebut dengan istilah medis dermatitis seboroik. Adanya eksim yang menyebabkan kulit kepala kering akan membuat kulit kepala akan mengelupas dan terasa gatal sekali.

3. Menurunnya Kekebalan Tubuh
Jika tubuh sudah mulai menunjukkan gejala munculnya bercak merah dan bersisik pada kulit kepala, ini adalah tanda awal dari kondisi psoriasis. Psoriasis  merupakan reaksi dari tubuh yang kekebalan imunnya terganggu. Bahkan dalam kondisi yang sudah parah, psoriosis bisa menyebar ke leher bahkan ke punggung.

4. Udara Dingin dan Kering
Seringnya berada di dalam ruangan ber-AC atau ruangan yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan kulit kepala kering. Pergantian cuaca yang terjadi tidak menentu, juga bisa menjadi faktor penyebab kulit kepala kering.

5. Reaksi Alergi Terhadap Penggunaan Produk Perawatan Rambut
Tanpa kita sadari, kita sering banget nih melakukan ini. Merasa nggak cocok dengan sampo A segera beralih ke sampo B. sampo B masih belum sesuai harapan, kita pindah ke sampo C. ternyata ini bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering karena kandungan bahan keras di dalam sampo. Apalagi jika menggunakan sampo tersebut secara berlebihan.

6. Usia Lanjut
Kalau ini, emang nggak bisa ditolak ya. Ketika usia makin bertambah, otomatis tubuh kita juga akan mengalami penurunan.

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab kulit kepala kering, kita bisa mengantisipasinya dengan baik.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering

Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat mudah kita jumpai di negara Indonesia. Lidah buaya tidak hanya memiliki segudang manfaat dalam dunia kecantikan, ternyata lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Lidah buaya atau sering disebut sebagai Aloe Vera ini mengandung banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), antioksidan, asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga.

Penggunaan lidah buaya ternyata bisa mengurangi gatal di area kulit kepala. Di bawah ini cara menggunakan lidah buaya.

Bahan yang dibutuhkan: Tanaman lidah buaya atau Gel lidah buaya

Cara melembabkan kulit kepala kering:
1. Kita bisa memotong lidah buaya dan mengambil getahnya kemudian mengoleskan getahnya ke kulit kepala dan batang rambut secara merata.
2. Jika kita merasa kesulitan dengan cara pertama, lihatlah cara kedua. Kita bisa menggunakan gel lidah buaya yang sudah ada di dalam kemasan. Sehingga kita tidak perlu repot-repot membelah tanaman lidah buaya. Lalu kita oleskan gel lidah buaya tersebut ke kulit kepala usai keramas. Ingat, saat mengoleskannya rambut dalam keadaan tidak terlalu basah ya.

Nah, mudah buka cara memngatasi kulit kepala kering menggunakan lidah buaya? 

Share:

4 komentar

  1. Memang suka bikin kesel ya kalo kepala gatel, apalagi pas pake hijab, aduh.. Kayaknya mau mulai nanam lidah buaya nih depan rumah.
    Makasih loh infonya kak, akhirnya bisa tidur nyenyak saya, haha..

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya bunda, sangat bermanfaat baget buat para pembaca

    ReplyDelete
  3. Yang dicari selama ini akhirnya ketemu juga, terima kasih ya

    ReplyDelete